Kaleidoskop 2018: 5 Transfer Terheboh di Sepak Bola Dunia

Football5star.com, Indonesia – Tahun 2018 menghadirkan banyak kejutan di sektor bursa transfer pemain. seluruh perhatian dunia tentu saja tertuju kepada Cristiano Ronaldo yang memutuskan untuk hijrah dari Real Madrid ke Juventus.

Selain Ronaldo, tentu saja ada beberapa pemain lain yang mencuri perhatian berkat kepindahannya di tahun 2018. Mereka mendapatkan perhatian karena kontroversi, harga yang harus dibayarkan dan berbagai faktor lainnya. Berikut ini, Football5Star.com menghadirkan 5 transfer terheboh yang terjadi pada 2018:

Cristiano Ronaldo (Real Madrid ke Juventus)
Kaleidoskop 2018 - Cristiano Ronaldo - 5 Transfer Terheboh - Guardian
guardian.co.uk

Nama Cristiano Ronaldo mungkin adalah sosok yang paling dibicarakan di musim panas tahun 2018. Pasalnya, ia memutuskan untuk pergi dari Real Madrid dan menerima pinangan Juventus.

Demi mendatangkan Ronaldo, Juventus harus merogoh kocek sebesar 100 juta Euro. Angka tersebut merupakan jumlah tertinggi yang harus dibayarkan oleh sebuah klub untuk mendatangkan pemain yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Kedatangan Ronaldo ke Serie A tentunya mendapatkan sambutan yang meriah dari berbagai pihak di Italia. CR7 disebut-sebut dapat membangkitkan sepak bola Italia

Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao ke Chelsea)
Kaleidoskop 2018 - Kepa Arrizabalaga - 5 Transfer Terheboh - Getty Images
Getty Images

Perginya Thibaut Courtois ke Real Madrid membuat Chelsea harus segera mencari penggantinya. Apalagi, Courtois meninggalkan Chelsea beberapa hari sebelum bursa transfer Premier League berakhir.

Oleh karena itu, Chelsea memutuskan untuk menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan kiper muda Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga. Mantan penggawa Timnas Spanyol U-19 itu didatangkan dengan mahar sebesar 80 juta Euro.

Angka tersebut membuat Arrizabalaga menjadi penjaga gawang termahal di dunia sepak bola. Ia berhasil merebut gelar tersebut dari tangan Alisson Becker yang didatangkan Liverpool dari AS Roma dengan mahar 62 juta Euro beberapa pekan sebelumnya.

Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona)
Kaleidoskop 2018 - Philippe Coutinho - 5 Transfer Terheboh - The Independent
independent.co.uk

Di bursa transfer musim dingin, Philippe Coutinho memutskan untuk menerima pinangan Barcelona dan pergi dari Liverpool. Barcelona harus menggelontorkan dana sebesar 130 juta Euro demi mendatangkan penggawa Timnas Brasil itu.

Mahar tersebut membuatnya menjadi pemain termahal ke-3 di dunia sepak bola. Ia hanya kalah dari duo PSG, Kylian Mbappe dan Neymar yang saat ini mendapat predikat sebagai dua pemain termahal di dunia.

Kepindahannya tentu saja membuat banyak suporter Liverpool merasa sedih. Pasalnya, Coutinho merupakan pemain kunci di Anfield dalam beberapa musim terakhir. Selain itu, ia juga memiliki chemistry yang sangat baik dengan Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino di lini depan The Reds.

Leonardo Bonucci (AC Milan ke Juventus) 
Kaleidoskop 2018 - Leonardo Bonucci - 5 Transfer Terheboh - juventus(dot)com
juventus.com

Di bursa transfer musim panas 2018, Leonardo Bonucci memutuskan untuk kembali ke Juventus setelah hanya semusim bermain di AC Milan. Juventus pun tak perlu mengeluarkan dana besar untuk memulangkan Bonucci.

Demi Bonucci, Bianconerri melepas bek muda Italia, Mattia Caldara ke AC Milan. Selain itu, mereka juga meminjamkan Gonzalo Higuain selama semusim dengan opsi permanen di akhir musim 2018-19 nanti.

Kembalinya Bonucci ke Turin seolah menepis adanya perselisihan antara dirinya dengan Max Allegri. Setahun sebelumnya, ia dikabarkan memiliki perselisihan dengan Allegri dan memutuskan untuk hijrah ke Milan.

Malcom (Bordeaux ke Barcelona) 
Kaleidoskop 2018 - Malcom - 5 Transfer Terheboh - Goal
goal.com

Di bursa transfer musim panas lalu, Malcom hampir dipastikan akan pergi dari Bordeaux dan bergabung ke AS Roma. Namun, Barcelona berhasil menikung Roma dan mendapatkan Malcom dengan mahar 40 juta Euro.

“Pembajakan” ini tentunya membuat gempar seluruh dunia sepak bola. Pasalnya, Roma telah mengumumkan bahwa Malcom akan segera datang ke Italia untuk menjalani tes medis.

Meskipun didatangkan dengan harga yang cukup mahal, pemain 21 tahun itu belum mampu untuk menembus tim utama Barcelona. Ernesto Valverde lebih sering menaruhnya di bangku cadangan dan memainkan Ousmane Dembele atau Rafinha di sektor sayap.

Comments
Loading...