Kaleidoskop 2018: 5 Wonderkid Terbaik Sepak Bola Dunia

Football5star.com, Indonesia – Tahun 2018 sudah berakhir. Tapi bukan berarti selama 2018 dunia sepak bola tidak mengorbitkan para wonderkid yang mengguncang sepak bola dunia.

Tentu sangat banyak pemain muda yang mencuat namanya selama 2018 . Bahkan di antaranya sukses mempersembahkan gelar bergengsi untuk klub dan negaranya.

Kali ini, Football5star.com sudah merangkum lima wonderkid terbaik selama tahun 2018.

Kylian Mbappe
Getty Images

Sudah tidak diragukan lagi pentingnya peran Mbappe bersama Paris Saint-Germain dan timnas Prancis. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, ia sukses bergelimang gelar. Bersama PSG dia menyapu bersih semua trofi domestik. Adapun untuk tim nasional, tidak ada trofi prestisius selain Piala Dunia 2018 yang berhasil ia berikan untuk negara.

Trofi bersama tim selaras dengan raihan individu yang diterimanya. Ia meraih Trophy Kopa yang diperuntukkan untuk pemain muda terbaik dunia. Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Prancis 2018. Hingga pertengahan musim 2018-2019 ini saja pemuda 20 tahun sudah mengoleksi 29 gol dan delapan assist dari 42 penampilan di semua kompetisi.

Matthijs de Ligt
@mokumfc

Satu hal yang diraih de Ligt dan tak bisa didapatkan Mbappe adalah jabatan kapten. Ya, di usianya  yang baru menginjak 19 tahun, dia sudah dipercaya mengemban tugas sebagai kapten Ajax Amsterdam pada musim ini. Keputusan pelatih Erik ten Hag ini tak lepas dari jiwa kepemimpinan dan kekuatannya dalam menjaga pertahanan.

Kendati gagal membawa Ajax meraih gelar Eredivisie musim lalu, De Ligt sukses membawa tim ibu kota Belanda ini melaju ke 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2006 lalu. Selain itu, bek tengah ini juga menjadi salah satu sosok di balik kebangkitan timnas Belanda di kancah internasional.

Frenkie de Jong
frenkie de jong pelajari permainan xavi dan iniesta dari youtube
zimbio.com

Seperti halnya de Ligt, Frankie de Jong juga menjadi simbol kebangkitan Ajax dan timnas Belanda. Kehebatan sang gelandang dalam mengatur serangan bahkan disamakan dengan legenda sekelas Johan Cruyff.

Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, lini tengah Ajax dan Belanda sudah digaransi menjadi tempatnya. Kendati De Oranje baru ditinggal Wesley Sneijder, mereka seakan tidak pernah merasa ditinggal gelandang hebat berkat kehadiran De Jong.

Trent Alexander-Arnold
Wayne Rooney - Timnas Inggris - Trent Alexander-Arnold - Football5star
@trentaa98

Hanya menjadi pelapis Nathaniel Clyne tidak membuat Alexander-Arnold berkecil hati. Ia terus bekerja keras hingga akhirnya merebut posisi inti seiring cedera yang dialami seniornya tersebut. Alhasil penggawa Liverpool ini menjadi sosok tak tergantikan di posisi bek kanan sejak musim lalu.

Musim lalu saja ia berhasil mengoleksi 34 penampilan di semua kompetisi, termasuk final Liga Champions melawan Real Madrid. Berkat penampilan memukaunya bersama Liverpool, pemain akademi The Reds ini menjadi bagian dari skuat Inggris di Piala Dunia 2018.

Jadon Sancho
Jadon Sancho - Borussia Dortmund - Bundesliga - Der Klassiker - @Sanchooo10
@Sanchooo10

Didatangkan Borussia Dortmund sejak musim lalu, Sancho gagal berkembang pada musim perdananya. Ketika itu ia hanya mencatatkan 21 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak satu gol dan tiga assist. Tapi torehan semusim itu sudah dilalui pemain asal Inggris itu hanya di paruh musim ini.

Sebanyak 24 penampilan sudah dicatatkan Sancho hingga paruh pertama musim 2018-2019. Kontribusinya untuk Dortmund pun meningkatkan tajam musim ini dengan catatan tujuh gol serta 10 assist. Berkat performa apiknya itu pula pemain 18 tahun ini menjalani debut bersama timnas Inggris saat menghadapi Kroasia Oktober lalu.

Comments
Loading...