Kaleidoskop 2019: 5 Komentar Kontroversial di Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola kerap dikaitkan dengan drama. Pasalnya, beragam momen hadir di lapangan hijau. Termasuk kontroversi, baik verbal atau nonverbal alias tindakan.

Salah satu sosok yang sering melahirkan kontroversi adalah pelatih. Sebagai corong klub, pelatih acap menjadikan media sebagai tempat untuk menebar psy-war jelang pertandingan hingga bereaksi atas sebuah kejadian.

Berikut Football5star.com merangkum 5 komentar kontroversial yang muncul di sepak bola nasional hingga internasional dalam kaleidoskop 2019.

INDRA SJAFRI SERANG THAILAND, SINGAPURA, DAN VIETNAM
Indra Sjafri - SEA Games - Timnas U-23 Indonesia
Ervan Satrio

Jelang bergulirnya SEA Games 2019, Indonesia dianggap sebagai underdog oleh beberapa negara pesaing. Bahkan, Singapura sempat secara terang-terangan meremehkan kekuatan anak asuh Indra Sjafri. Hal itu membuat Indra Sjafri bereaksi keras.

Selepas kemenangan 2-1 atas Iran pada laga uji coba, Sabtu (16/11), Indra Sjafri membalas komentar serta sikap meremehkan para rivalnya dengan pernyataan menohok. “Thailand lebih baik enggak dari Iran? Teman-teman kan tahu. Saya tak bisa beri tahu di sini. Dengan menang lawan Iran. Pelecehan Singapura, Thailand, Vietnam mudah-mudahanan mereka tobat,” ungkap Indra Sjafri.

PELATIH MYANMAR ANGGAP INDONESIA AROGAN
Velizar Popov siap membawa timnas U-23 Myanmar menyulitkan timnas U-23 Indonesia pada semifinal SEA Games 2019.

Sebelum kekalahan dari Indonesia pada babak semifinal SEA Games 2019, Sabtu (7/12/2019), pelatih Myanmar sempat mengeluarkan komentar pedas. Pasalnya, dia menjadikan Indonesia sebagai tim yang sangat ingin dikalahkan karena dianggapnya arogan.

Pernyataan ini dilemparkan Popov pada Februari 2019 lalu. Saat itu, Popov menyebut timnas Indonesia terlalu meremehkan anak asuhnya. “Di lapangan 11 melawan 11 dan semua pemain punya dua kaki, bukan tiga. Maka, tidak ada tim favorit. Jika seseorang meremehkan kami, mereka akan kena batunya. Indonesia sedikit arogan. Mereka meremehkan kami karena pernah menang 7-1 di Myanmar,” ujar Popov.

PELATIH MADURA UNITED SINDIR WASIT LAGA LAWAN PERSIJA
Achsanul Qosasi - Madura United - Rasiman - @maduraunited.fc

Pelatih Madura United, Rasiman, kesal atas keputusan wasit Thoriq Alkatiri yang memberikan tiga penalti saat timnya kalah 0-4 dari Persija Jakarta. Apalagi, ketiga penalti tersebut lahir pada satu babak.

Kenyataan itu membuatnya bereaksi keras dengan melontarkan sindiran untuk Toriq Alkatiri seusai pertandingan. “Saya ucapkan selamat kepada wasit Thoriq karena telah masuk dalam Guiness Book of Record karena banyaknya penalti dalam satu babak,” kata Rasiman.

MESUT OEZIL PANASKAN POLEMIK MUSLIM UIGHUR
Mesut Oezil sindir ketidakpedulian masyarakat muslim dunia terhadap Kaum Uyghur di Cina.

Gelandang Arsenal, mengutuk keras negara-negara Islam yang dinilai tutup mata dan tak peduli terhadap perilaku diskriminasi terhadap kaum muslim Uighur di provinsi Xinjiang, Cina. Komentar yang diunggah di akun media sosialnya itu langsung memanaskan polemik.

Pihak pemerintahan Cina bereaksi keras atas unggahan Mesut Oezil. Bahkan, aksi boikot terhadap segala hal tentang Oezil pun langsung marak. Termasuk membakar jersey Arsenal bernomor dan nama punggung Oezil, menarik penjualan jersey Oezil, menghapus nama Oezil dari mesin pencarian di Cina, hingga menghilangkan Oezil di daftar pemain Arsenal dalam gim PES edisi Cina.

JOSE MOURINHO SINDIR ARSENAL DAN MIKEL ARTETA
Jose Mourinho - Tottenham Hotspur - Getty Images

Manajer Tottenham Hotspur asal Portugal, Jose Mourinho akrab dengan komentar-komentar kontroversial. Termasuk ketika dia menyindir keputusan Arsenal yang merekrut pelatih minim pengalaman, Mikel Arteta. Meski tak secara langsung, dengan sarkas dia menertawakan keputusan klub Inggris yang mengangkat pelatih minim berpengalaman.

“Satu-satunya poin yang bisa saya temukan, dan ini juga untuk sedikit ditertawakan, adalah bahwa bertahun-tahun lalu manajer terbaik adalah orang dengan kemenangan lebih banyak. Sekarang, yang terbaik adalah orang dengan kekalahan paling sedikit,” ungkap Mourinho

Comments are closed.