Kaleidoskop 2019: 5 Momen penting Sepak Bola Indonesia

Football5Star.com – Indonesia – Sepak bola Indonesia melewati sejumlah momen penting sepanjang 2019. Bahkan dari banyaknya momen penting itu, salah satu yang disorot ialah pensiunnya Bambang Pamungkas.

Sepak bola Indonesia menjalani 2019 dengan berbagai peristiwa. Mulai dari diusulkannya penggunaan Video Assistant Referee, buruknya penampilan Persija Jakarta sebagai juara bertahan, hingga Bali United juara.

Ada beberapa momen penting lainnya yang terjadi di sepak bola Indonesia sepanjang 2019. Berikut daftarnya.

IWAN BULE TERPILIH SEBAGAI KETUA UMUM PSSI
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

PSSI secara resmi dipimpin oleh Mochamad Iriawan dalam Kongres PSSI, 2 November lalu. Dalam voting, Iwan Bule menang mutlak. Dia meraih 82 suara dari 85 suara sah. Adapun 3 suara lain memilih abstain, tidak diberikan kepada kandidat lain.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketum PSSI, Iwan Bule akan didampingi Cucu Soemantri dan Iwan Budianto. Keduanya mendulang suara terbanyak dalam pemilihan Waketum PSSI. Cucu mendapatkan 81 suara, sedangkan Iwan Budianto mendapatkan 74 suara.

TIMNAS INDONESIA LOLOS KE FINAL SEA GAMES 2019
Evan Dimas menggunakan kursi roda setelah cedera pada laga timnas U-23 Indonesia vs timnas U-23 Vietnam.

Timnas U-23 Indonesia dipastikan gagal mengakhiri penantian 28 tahun untuk memenangi medali emas. Tim besutan Indra Sjafri mengalami kekalahan 0-3 di laga final SEA Games 2019 antara Indonesia vs Vietnam.

Kali terakhir pasukan Garuda Muda menjadi menenangi final SEA Games dan menjadi kampiun terjadi pada 1991. Kala itu, Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Ya, setelah 1991, Indonesia belum pernah kembali keluar sebagai kampiun di ajang SEA Games. Berarti sudah 28 tahun tidak lagi pernah berhasil kembali memenangi medali emas.

BALI UNITED JUARA LIGA 1 2019

Bali United sukses merengkuh gelar juara Liga 1 2019 usai mengandaskan 2-0 Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, 2 Desember lalu. Mereka menyamai rekor Persipura Jayapura dengan memastikan juara pekan ke-30. Pada musim 2012-2013, Persipura jua dipastikan juara pada pekan tersebut.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco mengukir rekor tersendiri. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangi Liga Indonesia dua musim beruntun setelah musim sebelumnya bersama Persija Jakarta.

Teco juga jadi pelatih asing keenam yang sukses menjuarai Liga Indonesia sejak 1994. Sebelumnya, Henk Wullems, Sergei Dubrovin, Jacksen F Tiago, Robert Rene Alberts, dan Simon McMenemy jua berhasil membawa timnya juara liga.

 AKHIR KARIER BAMBANG PAMUNGKAS

Bambang Pamungkas akhirnya memutuskan untuk pensiun dalam karier sepak bolanya. Hal itu dia umumkan usai Persija menghadapi Persebaya SUrabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (17/12/2019).

Dalam perjalanan 20 tahun kariernya, beragam rekor sukses dipecahkan suami dari Tribuana Tungga Dewi itu. Dia jadi satu-satunya pemain Indonesia yang mampu meraih gelar top skorer, pemain terbaik, dan juara liga di dua negara berbeda. Hal itu dia torehkan saat membela Persija dan Selangor FA.

Tak cuma itu, Bambang Pamungkas juga jadi top skorer sepanjang masa Timnas Indonesia. Dalam catatan FIFA, Bepe sudah mengoleksi 37 gol sejak mencatatkan namanya di papan skor untuk saat Indonesia main imbang 2-2 melawan Lithuania, 1999 lalu.

SAGA PELATIH TIMNAS INDONESIA
Shin Tae-yong - Timnas Indonesia

Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar timnas Indonesia dalam sesi jumpa pers di Stadion Pakansari pada Sabtu (28/12). Pelatih asal Korea Selatan itu akan menangani timnas Indonesia hingga tahun 2023 mendatang.

Diperkenalkannya Shin Tae-yong sekaligus mengakhiri saga calon pelatih Indonesia. Sebelumnya muncul juga nama-nama seperti Luis Milla, hingga Ruud Gullit yang digadang-gadang jadi suksesor Simon McMenemy.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More