Kaleidoskop 2019: 5 Momen Penting Sepak Bola Internasional

Football5Star.com – Indonesia – Sepak bola dunia menjalani serangkaian peristiwa sepanjang 2019. Banyak momen-momen penting yang terjadi, salah satu yang disorot ialah keberhasilan Vietnam yang mengejutkan sepanjang tahun.

Banyak yang tercipta sepanjang 2019. Bila di Asia Vietnam mengejutkan, di Eropa Lionel Messi jadi sorotan. Dia sukses menutup 2019 dengan meraih penghargaan Ballon d’or keenamnya. Nah, selain itu ada beberapa momen penting lainnya di sepak bola internasional, berikut kami sajikan:

MANCHESTER CITY TREBLE DOMESTIK

Manchester City mengukir sejarah baru usai meraih treble domestik. Pasukan Pep Guardiola itu menjadi tim Inggris pertama yang meraih treble gelar domestik.

City berhasil meraih gelar juara Premier League, Carabao Cup, dan Piala FA. Kepastian mereka meraih treble gelar setelah mengandaskan Watford enam gol tanpa balas di final Piala FA.

Liverpool memang pernah meraih treble dua kali, yakni 1984 dan 2001. Tapi, mereka meraih treble dengan dua piala domestik dan satu Eropa.

ALL ENGLISH FINAL DI LIGA CHAMPIONS

Untuk kali kedua, final Liga Champions menampilkan all-english, yakni antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool. Terakhir kali, Inggris menyumbang dua klub di final pada 2008 lalu ntara Manchester United vs Chelsea.

All-English final edisi kali ini digelar pada 1 Juni 2019 di Wanda Metropolitano. Liverpool sukses merengkuh gelar keenamnya usai mengalahkan Tottenham dua gol tanpa balas. Saat itu Mohamed Salah dan Divock Origi berhasil mengunci gelar antarklub Eropa paling bergengsi itu.

Liverpool Pertama Kali Juara Piala Dunia Antar-klub

Liverpool berpesta. The Reds menang 1-0 atas Flamengo pada final Piala Dunia Antarklub di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu (22/12/2019) dini hari WIB. Melalui drama perpanjangan waktu, mereka mengunci gelar via gol Roberto Firmino.

The Reds menjadi tim kedua Inggris yang jadi juara Piala Dunia Antarklub setelah Manchester United pada 2008. Gelar itu jua kian mengukuhkan keperkasaan wakil Eropa. Hal itu setelah 12 dari 13 gelaran terakhir dimenangi klub Eropa.

 PORTUGAL JUARA UEFA NATIONS LEAGUE
Daily Mirror

Setelah jadi juara dunia, Portugal pada 2019 sukses menjadi yang terbaik di UEFA Nations League dan masuk jadi salah satu momen penting sepak bola Internasional. Mereka adalah pemenang pertama dari musim debut gelaran ini.

Keberhasilan Portugal menjadi jawaran di UEFA Nations League usai mengalahkan 1-0 Belanda di Estadio Do Dragao, 10 Juni 2019. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, Portugal berhasil menjuarai dua turnamen utama antarnegara Eropa. Pada 2016 silam, mereka sukses menang atas Prancis untuk mengamankan gelar Euro 2016. Pada saat itu, skor yang dicatat juga 1-0.

Catatan lain adalah Portugal berhasil menjadi tim kedua yang menjadi juara di turnamen utama ketika berlangsung di kandang sendiri. Negara terakhir yang mampu melakukannya adalah Prancis saat menjadi juara pada Piala Dunia 1998 silam.

AKHIR PENANTIAN PANJANG VIETNAM

Timnas U-22 Vietnam sukses merebut medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan timnas U-23 Indonesia tiga gol tanpa balas, Selasa (10/12/2019). Ini adalah akhir penantian Vietnam dalam 60 tahun di SEA Games 2019.

Perjuangan Vietnam untuk menyudahi penantian itu melewati jalan berliku. Sebab, mereka padahal sudah total enam kali lolos ke final, baru kali ini berhasil juara. Ini jua jadi catatan positif mereka semenjak di bawah Park Hang-seo. Pada 2018, Vietnam jua berhasil untuk kali pertama lolos ke final Piala Asia U-23 2018.

KaleidoskopKaleidoskop 2019LiverpoolManchester CityTimnas PortugalTimnas U-23 Vietnam