Kaleidoskop 2019: 5 Transfer Terheboh di Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Kehebohan bursa transfer tak melulu soal besaran nilai yang dibayarkan. Banyak pula lika-liku proses kepindahan yang lebih menjadi daya tarik.

Beberapa transfer heboh pun sempat terjadi pada bursa internasional hingga di Indonesia. Baik itu perpindahan pemain yang memicu polemik, hingga keanehan.

Berikut Football5star.com merangkum 5 transfer terheboh di kancah sepak bola nasional dan internasional.

ANDIK VERMANSAH ANTARA MADURA UNITED DAN PERSEBAYA
Andik Vermansyah - Madura United - Persebaya Surabaya - @bajolijo. id

Persebaya Surabaya dan suporternya, Bonek, berharap Andik Vermansah bergabung setelah cabut dari klub Malaysia, Kedah FA. Akan tetapi, Andik kembali memunculkan polemik saat memilih Madura United. Bonek dibuat kecewa lagi oleh Andik seperti musim sebelumnya saat memutusan gabung Kedah FA.

Andik akhirnya buka suara soal penyebab dirinya kembali gagal gabung Persebaya. Dia mengaku sempat mencoba “menawarkan diri” kepada manajemen Persebaya. Akan tetapi, pada akhirnya semua terlambat. Persebaya datang saat Andik sudah meneken kontrak dengan Madura United.

PEMBELIAN FABIANO BELTRAME YANG SIA-SIA
Fabiano Beltrame - Persib Bandung - @fabianobeltrame15

Proses yang diajalani Fabiano Beltrame untuk bisa gabung Persib Bandung cukup berliku. Pasalnya, Persib hanya ingin menggunakan jasa Fabiano dengan satu syarat: berstatus Warga negara Indonesia (WNI). Karena proses naturalisasi tak kunjung rampung, dia pun sempat dilepas kembali oleh Persib.

Sampai akhirnya, Fabiano akhirnya mendapat status WNI pada pengujung 2019. Akan tetapi, tetap saja bek berusia 37 tahun itu tetap tak bisa dimainkan sampai Liga 1 2019 berakhir. Dia harus menunggu musim depan untuk bisa bermain untuk Maung Bandung.

TONY SUCIPTO KEMBALI KE PERSIJA
Tony Sucipto - Persija Jakarta - Football5star

Keputusan Tony Sucipto balik ke Persija Jakarta pada awal musim Liga 1 2019 memicu polemik. Komentar pro dan kontra ramai berdatangan dari suporter Persib Bandung, klub yang dibelanya selama 8 tahun terakhir. Tak sedikit Bobotoh yang bersuara lantang menyambut kepergian Toncip ke klub rival.

“Ada positif ada negatif. Positifnya kita ambil, negatifnya ya tak usah didengerin,” ujar Tony. Sementara dari pihak manajemen Persib, Umuh Muchtar, menganggap wajar keputusan Toncip. Begitu pula dengan mantan dirijen Viking Persib Club, Yana Umar, yang menilai bek berusia 32 tahun itu tetap jadi bagian sejarah Persib.

JOAO FELIX TERMAHAL SEPANJANG 2019
Joao Felix pindah dari Benfica ke Atletico Madrid dengan harga 126 juta euro.

Transfer Joao Felix ke Atletico Madrid memang bukan yang termahal sepanjang sejarah. Namun, keputusan Atletico membayar mahar 126 juta Euro kepada Benfica menjadikan strIker berusia 19 tahun itu sebagai pemain termahal pada bursa transfer musim panas 2019-2020.

Harga Joao Felix bahkan melebihi sederet pemain bintang dunia seperti Cristiano Ronaldo, Paul Pogba, Antoine Griezmann, hingga Eden Hazard. Tak hanya itu, Atletico juga harus membayar jasa agen Felix, Jorge Mendes, senilai 12 juta Euro dan gaji 3,4 juta Euro.

HARRY MAGUIRE PECAHKAN REKOR BEK TERMAHAL
5 Pemain Bertahan Dengan Nilai Transfer Termahal - Harry Maguire - Sky Sports

Memang, tak ada kontroversi dalam proses kepindahan Harry Maguire dari Leicester City ke Manchester United. Hanya saja, yang memicu kehebohan adalah keberanian Man United merogoh kocek hingga 87 juta Euro untuk mendatangkan bek timnas Inggris itu. Angka yang sekaligus menjadikan Maguire sebagai pemain belakang termahal sejagat raya.

Harga itu lebih mahal dari dua bek yang juga berpindah klub pada periode sama. Matthijs De Ligt dari Ajax ke Juventus senilai 85,5 juta Euro dan Lucas Hernandez dari Atletico Madrid ke Bayern Munich seharga 80 juta Euro. Maguire juga menggantikan Virgil Van Dijk yang sebelumnya menyandang status bek termahal sedunia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More