Kaleidoskop 2020: 5 Peristiwa Penting Sepak Bola Internasional

Football5Star.com, Indonesia – Tahun 2020 sudah berakhir. Pada tahun 2020, banyak sekali terjadi momen atau peristiwa penting di sepak bola internasional. Dari mulai klub yang akhirnya bisa kembali juara sampai hal-hal yang berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Awal tahun, sepak bola dimulai dengan biasanya sampai akhirnya berhenti karena pandemi Covid-19. Sepak bola kembali dimulai pada pertengahan tahun dan banyak sekali momen-momen penting yang terjadi di musim panas sampai akhir tahun.

Berikut kaleidoskop 2020 5 peristiwa penting di sepak bola internasional versi Football5Star.com:

Peraturan Lima Pemain Pengganti

FIFA - Pergantian Pemain - premierleague. com
premierleague.com

Momen penting pertama adalah adanya peraturan baru “sementara”. FIFA mengizinkan untuk semua pertandingan resmi boleh menggunakan lima pergantian pemain dari yang biasanya tiga pergantian saja. Dengan catatan lima pergantian itu hanya bisa dilakukan tiga kali saat pertandingan berjalan.

Ini adalah imbas dari adanya pandemi Covid-19. Ya, adanya pandemi membuat hampir semua liga sepak bola di dunia diberhentikan pada bulan Maret. Akibatnya, liga-liga di eropa yang biasanya selesai sebelum musim panas, kini harus berjalan saat musim panas.

Tentu saja ini membuat para pemain mudah kelelahan dan cedera, apalagi setelah kurang lebih dua bulan tidak bermain. Karena hal itulah lahir peraturan pergantian pemain ini. Peraturan ini tetap dijalankan oleh hampir semua liga di Eropa saat musim baru pada September.

Tentu saja dengan alasan yang sama, dengan telatnya liga dimulai membuat jadwal semakin padat dan bisa membuat banyak pemain cedera. Ya, walaupun Premier League kembali memakai peraturan tiga pergantian pemain dan sampai saat ini banyak orang yang mengkritisi hal itu.

Euro “2021”

UEFA Euro 2020 ditunda 2021 - reuters
Reuters

Tahun ini sebenarnya diadakan pesta sepak bola Eropa, Euro 2020. Euro tahun ini sangat spesial karena edisi ini adalah untuk merayakan ulang tahun Euro yang ke-60. Itulah mengapa UEFA akan mengadakan kompetisi ini di berbagai negara Eropa alih-alih hanya satu negara sebagai tuan rumah.

Tapi hal itu tidak terjadi karena adanya pandemi Covid-19. UEFA memutuskan untuk menunda Euro 2020 sampai Juni 2021. Walaupun diadakan pada tahun 2021, Euro tetap akan memakai nama Euro 2020.

Euro sebenarnya bukan satu-satunya kompetisi internasional yang harus ditunda sampai tahun depan. Olimpiade Tokyo 2020 juga akan ditunda tahun depan. Sedangkan Piala Afrika yang seharusnya akan diadakan Januari ini juga akan ditunda.

Penantian Panjang Selama 30 Tahun

jordan henderson-liverpool-LFC
@LFC

Ya, tahun 2020 merupakan tahun yang spesial bagi Liverpool. The Reds berhasil menjadi juara Premier League untuk yang pertama kalinya atau juara Liga Inggris pertama kalinya sejak 30 tahun lalu.

Pasukan Juergen Klopp memang sebenarnya bisa mengunci gelar liga lebih cepat. Wajar saja, Liverpool hanya imbang satu kali dan kalah satu kali sampai awal Maret. Tapi Premier League harus berhenti pada bulan itu karena pandemi Covid-19.

Liverpool akhirnya mengunci gelar juara pada 25 Juni 2020 dengan menyisakan 7 pertandingan lagi. Itu merupakan yang tercepat di Premier League dan juga yang terlama secara tanggal.

Jordan Henderson cs akhirnya mengakhiri Premier League dengan 99 poin. Unggul 25 poin dari Manchester City, 32 kemenangan, 3 imbang dan 3 kalah.

Treble Kedua

Kemenangan Bayern Munich atas PSG pada final Liga Champions dinilai Michel Denisot berkat keberadaan Manuel Neuer.
standard.co.uk

Selain Liverpool, ada satu klub lagi yang mencetak sejarah pada tahun ini. Klub itu adalah Bayern Munich. FC Hollywood secara luar biasa berhasil meraih treble keduanya setelah pertama kali mendapatkannya pada 2013. Bayern menjadi klub kedua setelah Barcelona yang berhasil meraih treble dua kali.

Berbeda dengan Liverpool yang memang sejak awal musim hampir tidak bisa dihentikan di liga. Bayern malah tampil buruk di awal musim, puncaknya saat mereka akhirnya memecat pelatih Niko Kovac pada November tahun lalu.

Hansi Flick maju sebagai pelatih interim dan performa Bayern sangat fantastis setelah itu. Bayern berhasil terus menang sejak 14 Desember di Bundesliga dan hanya imbang satu kali. Die Bavarians menjadi juara Bundesliga dengan perolehan 82 poin dan selisih 13 poin dari Borussia Dortmund.

Di DFB-Pokal, Bayern berhasil mengalahkan Bayer Leverkusen di final dengan skor 4-2. Lalu puncaknya terjadi di final Liga Champions, dimana mereka mengalahkan Paris Saint-Germain dengan skor 1-0. Bayern berhasil menjadi juara Liga Champions dengan memenangkan seluruh laga dari babak grup sampai babak final, termasuk kemenangan 8-2 melawan Barcelona.

Lewandowski is The Best

Kaleidoskop 2020 5 Peristiwa Penting di Sepak Bola Internasional - Robert Lewandowski
fifa.com

Keputusan kontroversial datang dari France Football selaku pemilik penghargaan Ballon d’Or. Majalah sepak bola asal Prancis itu meniadakan edisi Ballon d’Or tahun 2020 dengan alasan adanya pandemi Covid-19 membuat penilaian performa pemain kurang maksimal. Tentu saja hal ini merugikan Robert Lewandowski yang hampir dipastikan akan menang jika penghargaan itu diadakan.

Beruntung, FIFA tetap mengadakan penghargaan FIFA The Best Awards. Dan benar saja, Lewandowski dengan mudah berhasil memenangkan penghargaan The Best FIFA Men’s Player dengan 52 poin. Mengalahkan Cristiano Ronaldo (38 poin) dan Lionel Messi (35 poin). Lewandowski menjadi pemain keempat yang bisa mendapatkan penghargaan itu setelah Ronaldo, Messi, dan Luka Modric.

Performa Lewandowski pada musim lalu sangat fantastis. Tentu saja selain mendapatkan treble bersama Bayern, dia berhasil mencetak 55 gol hanya dalam 47 pertandingan di semua kompetisi musim lalu. Musim ini saja sampai akhir tahun, dia sudah mencetak 20 gol dari 18 laga di semua kompetisi.

Selain memenangkan The Best FIFA Men’s Player, tahun ini Lewandowski juga berhasil memenangkan banyak penghargaan individu. Seperti UEFA Men’s Player of the Year, World Soccer Player of the Year, Globe Soccer Best Player of the Year, dan masih banyak lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More