Kamboja Menang Lagi Setelah 16 Tahun, Honda Pamit

Football5tar.com, Indonesia – Kamboja tengah dilanda dua kabar berbeda pada gelaran Piala AFF 2018 kali ini. Kabar gembiranya adalah mereka sukses kantongi kemenangan pertama sejak edisi 2002 silam. Sementara di sisi lain, pelatih mereka, Keisuke Honda, pamit.

Honda harus meneruskan karier bermainnya bersama Melbourne Victory di A-League (Australia) untuk musim kompetisi baru. Meski demikian, mantan penggawa Parma tersebut menegaskan ini bukan akhir dari sepak bola Kamboja.

“Aku bangga terhadap permainan mereka hari ini. Berkomentar soal hasil hari ini sepertinya bukan pilihan tepat karena bukan itu yang ingin aku utarakan. Intinya, ke depannya kondisi seperti ini harus dipertahankan,” katanya seperti dikutip dari situs resmi Piala AFF 2018.

Kedatangan pria Jepang tersebut terlihat jelas membawa sepak bola di sana ke arah yang lebih baik. Kemenangan atas Laos jadi sinyal positif bagi negara yang pernah carut marut perah bersaudara berkepanjangan tersebut.

Kamboja - Piala AFF 2018 - Honda - Football5star
affsuzukicup.com

Kamboja, yang sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2018 tahun ini, akan tetap memandang serius pertandingan melawan Vietnam. Le Chong Vinh dkk di sisi lain memastikan melenggang ke babak semifinal, menemani Myanmar yang mengoleksi poin sama yakni tujuh.

“Aku sudah sampaikan kepada para pemain bahwa ini adalah sebuah proses. Jadi, tinggal bagaimana kami melanjutkan penampilan seperti ini. Melawan Vietnam tentunya akan jadi laga penting karena mereka punya kualitas sebagai tim,” lanjutnya.