Kampanye Antirasialisme, Serie A Malah Tuai Kontroversi

Football5Star.com, Indonesia – Niat baik Serie A untuk memerangi rasialisme yang kian marak belakangan ini justru menuai kontroversi. Pasalnya, dalam kampanye antirasialisme yang dilakukan saat ini, mereka menggunakan gambar kera. Beberapa pihak menilai itu sangat mengganggu.

AS Roma jadi klub pertama yang mengajukan protes terhadap poster kera yang digunakan dalam kampanye antirasialisme oleh Serie A. Hal itu dinilai bukan langkah yang tepat dan selaras.

“AS Roma sangat terkejut menilat penampakan kampanye antirasis dari Seria A yang menampilkan kera-kera dicat di media sosial hari ini,” urai pernyataan resmi I Giallorossi seperti dikutip Football5Star.com dari akun resmi Twitter klub itu.

Dalam pernyataan tersebut juga diungkapkan, “Kami memahami bahwa liga ingin mengatasi rasialsime. Namun, kami menilai ini bukanlah cara yang tepat dalam melakukannya.”

Protes serupa diungkapkan lembaga antirasialime Kick It Out. Mereka juga menilai penggunaan gambar kera dalam poster kampanye antirasialisme Serie A justru kontraproduktif. Mereka meminta hal itu dikaji ulang dan diganti dengan poster yang lebih mengena.

“Sangat menyenangkan ketika melihat badan yang erwenang sadar bahwa mereka perlu tindakan lebih dalam memerangi diskriminasi. Sayangnya, penggunaan kera oleh Serie A dalam kampanyenya benar-benar tidak patut, merusak maksud baik, dan akan kontraproduktif. Kami harap pihak liga mengkaji ulang dan mengganti grafis kampanye mereka,” papar pernyataan resmi Kick It Out.

Kemarahan luar biasa diungkapkan agensi Roc Nation yang menaungi Romelu Lukaku. CEO Michael Yormark terang-terangan menuding pengelola liga justru memperparah situasi.

“Setiap kami Serie A muncul dengan apa pun terkait rasialisme dan strategi mereka memeranginya, keadaan justru kian memburuk. Visualisasi yang mereka keluarkan sunggun tak peka dan memalukan, bukan hanya untuk liga, melainkan juga klub-klub anggotanya di seluruh Italia!” kata Michael Yormark kepada The Telegraph.