Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pesepak Bola Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri

Football5Star.com – Merumput di negeri orang jelas membuat pesepak bola, khususnya dari Indonesia memiliki banyak pengalaman. Apalagi, pemain Indonesia bisa menciptakan prestasi di luar negeri.

Dalam beberapa tahun terakhir, mulai muncul bibit-bibit sepak bola tanah air yang mencoba peruntungannya di luar negeri. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman, bahkan sukses bergabung dengan klub Eropa.

Egy lebih dahulu dengan bergabung bersama klub Polandia, Lechia Gdansk. Baru pada tahun ini, Witan menyusul untuk bermain dengan tim senior asal Serbia, FK Radnik Surdulica.

Keduanya jelas harus lebih semangat untuk bisa mengikuti jejak seniornya yang berprestasi di negeri orang. Siapa saja?

Berikut 5 Pemain Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri versi Football5Star:

Rochy Putiray

Mantan pemain Arseto Solo itu, sukses merumput di sejumlah klub Hong Kong. Dia bahkan sukses memperkuat empat klub di sana, mulai Instant Dict FC, Happy Valley, South China AA, hingga Kitchee SC.

Kamu Pasti Enggak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri
catatanbujangan.wordpress

Pertama kali dia hijrah ke Hong Kong usai Indonesia main di Kualifikasi Piala Asia. Selama di sana, Rochy pernah membantu Kitchee FC mengalahkan AC Milan 2-1 dengan mencetak 2 gol dalam laga persahabatan pada 2004. Selama di Hong Kong, dia pernah menjadi runner-up liga, dan juara Piala FA 2000-2001.

Bambang Pamungkas

Bepe, sapaan karib Bambang Pamungkas, memutuskan pensiun tahun lalu dengan sederet prestasi di dalam maupun luar negeri. Selain Persija, Bepe jua pantas menyandang legenda buat Selangor FA.

Kamu Pasti Enggak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri

Bukan tanpa sebab. Dia pernah menjadi top skorer Malaysia Premier League, Piala FA Malaysia, hingga didaulat sebagai pemain asing terbaik 2005. Bersama Selangor FA, dia sukses mengantarkan treble gelar, yakni Malaysia Premier League, Piala Malaysia, dan Piala FA Malaysia.

Elie Aiboy

Bicara soal Bepe di Selangor FA, tentu muncul nama Elie Aiboy. Duetnya bersama Bepe di lini serang Selangor FA mengerikan sekali pada musim 2005 silam.

Sama, dia jua berhasil mengantarkan Selangor meraih treble. Tapi, bila Bepe diberi penghargaan pemain asing terbaik, Elie Aiboy sukses menjadi pemain paling berharga 2005.

Kurniawan Dwi Yulianto

Sosok yang kini menjadi nahkoda Sabah FA pernah mengukir karier indah semasa jadi pemain. Si Kurus, begitu sebutannya sangat melegenda pada eranya. Selain membela sejumlah klub Indonesia, Kurniawan jua berprestasi di luar negeri.

Kamu Pasti Enggak Tahu! 5 Pemain Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri

Si Kurus sempat menarik perhatian Sampdoria saat bergabung dengan tim Primavera Indonesia. Dia-pun sempat merasakan atmosfer sepak bola Swiss saat bergabung dengan FC Luzern. Saat jadi pemain Luzern, dia menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Eropa pada 1995. Kala itu Luzern menang atas FC Basel.

Andik Vermansah

Usai cabut dari Persebaya, Andik Vermansah mencoba peruntungannya di Negeri Jiran. Pada 2013, Andik memutuskan untuk bergabung dengan Selangor FA, mengikuti jejak Elie Aiboy dan Bepe.

Bersama Selangor, dia sukses mempersembahkan gelar Piala Malaysia pada 2015 silam. Total dia bermain selama 67 laga bersama Selangor FA dan mengemas 11 gol. Musim 2018, dia sempat bergabung dengan Kedah FA, sebelum kembali ke Indonesia hingga saat ini.