Kamu Pasti Gak Tahu! Inilah 5 Fakta Paling Menarik Liga 1 2020

Football5Star.com – Gong Liga 1 2020 bakal segera ditabuh pada akhir pekan depan. Laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (29/2/2020), bakal menjadi penanda dibukanya musim baru strata tertinggi sepak bola Indonesia itu. Tentu ada fakta menarik di Liga 1 2020

Kompetisi musim ini terbilang jadi rekor paling cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya. PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI sepakat menggulirkan kompetisi akhir Februari, menjadi tercepat pada era Liga 1.

Pada Liga 1 2017, liga digulirkan mulai 15 April, sedang 2018 dihelat 23 Maret, sedang 2019 mundur hingga 15 Mei. PSSI dan LIB sengaja menggulirkan kompetisi ini lebih awal agar bisa rampung maksimal 31 Oktober 2020.

Dengan demikian, Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2020 nanti tak terganggu persiapannya. Begitu jua para pemain muda yang disiapkan menuju Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Berikut 5 Fakta Menarik Liga 1 2020 versi Football5Star:

Pelatih Asing Masih Dominan

Musim ini, pelatih asing masih jadi favorit buat para tim-tim kontestan Liga 1 2020. Sebanyak 12 dari 18 klub yang bakal mengikuti kompetisi musim depan menggunakan juru taktik asing.

Kamu Harus Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Soal Liga 1 2020
Liga-Indonesia.id

Juru taktik Eropa jua mulai jadi idaman tim Liga 1, yakni sebanyak 6 pelatih. Mereka adalah Paul Munster (Inggris), Robert Alberts (Belanda), Eduardo Peres (Spanyol), Bojan Hodak (Kroasia), Dragan Djukanovic (Montenegro, dan Igor Nikolayevich (Belarusia).

Pelatih Brasil menyusul dengan empat nama, yakni Stefano Cugurra Teco, Jacksen F Tiago, Edson Tavares, hingga Sergio Farias. Tapi uniknya tiga tim promosi masih percaya dengan nahkoda lokal, yakni Joko Susilo di Persik Kediri, Widodo C Putro bersama Persita Tangerang, dan Hendri Susilo dengan Persiraja Banda Aceh.

Ujung Barat hingga Ujung Timur

Liga 1 2020 merupakan perwujudan gambaran geografis Indonesia. Sebab, kali ini wakilnya merata, dari mulai ujung barat diwakili Persiraja hingga Persipura Jayapura di ujung timur.

Kamu Harus Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Soal Liga 1 2020
Instagram Persiraja

Persiraja menjadi tim promosi yang datang ke Liga 1 berkat menjadi peringkat ketiga Liga 2 2019 usai mengalahkan Sriwijaya FC. Mereka jua jadi satu-satunya wakil Sumatera setelah Badak Lampung dan Semen Padang terdegradasi.

Persiraja dan Persipura Disubsidi Lebih Besar

Atas dasar pertimbangan geografis, LIB selaku operator menambahkan subsidi buat Persiraja dan Persipura. LIB melalui rapat bersama klub-klub peserta mengumumkan masing-masing tim akan mendapatkan subsidi Rp 5,2 miliar, sedang Persipura dan Persiraja Rp 5,7 miliar.

“Kami membicarakan secara finansial dengan kemampuan LIB saat ini jadi kita tadi memutuskan untuk subsidi klub berapa dan memang ada peningkatan. Kalau untuk tahun lalu Rp 5 miliar, kalau sekarang kita naikkan menjadi Rp 5,2 miliar,” ungkap Dirut LIB, Cucu Somantri kepada wartawan.

“Kemudian untuk klub yang secara geografis cukup jauh seperti Persipura dan Persiraja kita tambah masing-masing menjadi Rp 5,7 miliar dengan perhitungan dari LIB,” sambung dia.

Tak Ada Regulasi Pemain U-23

LIB menerapkan aturan baru terkait pemain U-23. Di regulasi PT LIB pada perhelatan Liga 1 2020 menghapus aturan mendaftarkan minimal tujuh pemain U-23. Gantinya, mereka berencana akan mengadakan kompetisi khusus untuk pemain U-23.

Kamu Harus Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Soal Liga 1 2020
Media Persija

โ€œBanyak sekali pemain U-23 menjadi cadangan. Mereka bisa bermain di EPA Liga 1 U-20. Nanti ada pula penambahan kompetisi. Namanya Liga 1 U-23,โ€ ungkap Dirut LIB, Cucu Somantri.

Sekedar informasi, Sejak era Liga 1 2017, regulasi U-23 mulai dikukuhkan. Setiap tim minimal memiliki tujuh pemain U-23. Bahkan pada tahun pertama regulasi itu dibentuk, masing-masing kontestan diharuskan menurunkan tiga pemain U-23 minimal selama 45 menit.

Cara Menyaksikan Pertandingan

Penggemar Liga 1 2020 akan dimanjakan dengan berbagai cara menyaksikan tim kebanggaannya. Pemegang hak siar musim depan, ada dua, yakni Emtek Grup dan MNC Vision Network.

Kamu Harus Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Soal Liga 1 2020

Nantinya mereka akan membangi beberapa siaran untuk Liga 1 2020. Akan ada berbagai cara menyaksikan pertandingan Liga 1. Kalau dari Emtek Grup ada tiga cara, yakni di Indosiar, O’Channel, dan Video.

Sedang, PSSI jua bekerja sama dengan MNC Vision Network. Nantinya Liga 1 2020 jua bisa disaksikan melalui MNC Vision, K-Vision, MNC Play, dan Vision+ via Channel MNC Sports 2 dan MNC Sports 1.