Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Debutan Bundesliga di Tengah Pandemi Corona

Football5star.com, Indonesia –Bundesliga sudah kembali bergulir setelah sempat terhenti akibat pandemi corona selama dua bulan. Kembalinya Liga Jerman ini pun memunculkan banyak kejutan.

Selain peraturan baru yang harus diterapkan karena dampak virus corona, Bundesliga yang dimulai lagi sejak 16 Mei lalu juga memunculkan banyak muka baru.

Beberapa klub memperkenalkan para pemain belianya. Padahal sebelum pandemi ini muncul, mereka tidak pernah diberi kesempatan bermain di tim utama.

Ada banyak faktor yang membuat pelatih memainkan para debutan ini. Kebutuhan tim dan cedera yang menimpa beberapa pemain andalan bisa menjadi faktor utamanya. Selain itu, kebijakan baru yang memperbolehkan mereka melakukan lima pergantian pemain juga menjadi alasannya.

Football5star telah merangkum lima pemain debutan Bundesliga setelah kompetisi terhenti akibat pandemi corona:

  • Florian Wirtz
Kalahkan Kai Havertz, Florian Wirtz Jadi Pemain Termuda Bayer Leverkusen
Getty Images

Nama debutan yang paling mencuri perhatian adalah Florian Wirtz. Wirtz mungkin tidak pernah menyangka mendapat kepercayaan tampil di tim utama Bayer Leverkusen. Maklum saja, usianya baru 17 tahun.

Tapi pada laga pertama Bayer Leverkusen setelah pandemi corona, ia dipanggil Peter Bosz untuk masuk skuat senior dan langsung dimainkan melawan Werder Bremen. Main pada laga di Wesserstadion membuatnya menorehkan sejarah.

Ia jadi pemain termuda Bayer Leverkusen yang melakoni debut dalam usia 17 tahun, 15 hari. Catatan ini sekaligus mengalahkan bintang muda Leverkusen, Kai Havertz. Setelah laga melawan Bremen, Florian Wirtz kembali dipercaya pada dua laga selanjutnya melawan Wolfsburg dan SC Freiburg.

  • Omar Marmoush
KingFut

Usianya mungkin tidak semuda Florian Wirtz. Tapi Omar Marmoush benar-benar mewujudkan mimpinya untuk tampil di kasta tertinggi sepak bola Eropa. Ia dimainkan saat klubya, Wolfsburg, menghadapi Bayer Leverkusen pada pekan ke-28, atau laga ketiga setelah pandemi corona.

Ia bermain selama 14 menit dan mampu menjaga konsistensi permainan Wolfsburg. Terbukti masuknya pemain 21 tahun mampu mempertahankan kemenangan 4-1 Wolfsburg atas Leverkusen.

Bagi Omar Marmoush, debutnya kala itu adalah jawaban dari penantiannya selama tiga musim. Ya, dia sudah bergabung dengan tim muda Wolfsburg sejak 2017 lalu. Klub yang bermarkas di Volkswagen Arena ini mendatangkannya dari klub Mesir, Wadi Degla dengan mahar 100 ribu euro.

  • Jessic Ngankam
Transfermarkt

Klub ibu kota, Hertha Berlin, juga memperkenalkan debutan pada Mei lalu. Mereka memberikan panggung pada pemuda berdarah Kamerun, Jessic Ngankam. Pelatih Bruno Labbadia langsung memberinya kepercayaan saat menghadapi Hoffenheim 16 Mei lalu.

Pada laga yang dimenangkan Hertha Berlin 3-0 itu, Jessic Ngankam bermain pada 10 menit terakhir laga. Performanya yang menjanjikan membuat Labbadia mempertahankannya di tim utama.

Sempat diistirahatkan ketika menjamu Union Berlin, pemain 19 tahun kembali dimainkan ketika Hertha tandang ke markas RB Leipzig. Masuknya sang bomber berdampak positif pada permainan tim. Mereka yang sebelumnya tertinggal berhasil menyamakan kedudukan delapan menit jelang laga usai lewat kaki Krzyzstof PIatek.

  • Lazar Samardzic
Srpska Info

Masuknya Bruno Labbadia sebagai nakhoda tidak hanya mengubah nasib Hertha Berlin di lapangan. Dia juga membawa perubahan besar dalam komposisi tim. Pemain muda menjadi target utama sang pelatih untuk menyelamatkan klub ibu kota dari keterpurukan.

Terbukti, Jessic Ngankam bukan satu-satunya debutan Hertha setelah pandemi corona. Terdapat pula nama Lazar Samardzic yang berposisi sebagai gelandang. Menariknya, ketika Ngankam diistirahatkan saat bertemu Union Berlin, Labbadia menjadikan Samardzic sebagai debutan keduanya.

Tidak banyak memang menit bermain yang diberikan Labbadia kepada pemain berdarah Serbia. Tapi kesempatan tersebut sudah membuat pemain 18 tahun mewujudkan mimpi untuk memperkuat klub yang telah dia bela sejak 2009 silam.

  • Ilay Elmkies
Joma Sport

Nama terakhir yang menjalani debut di Bundesliga kali ini adalah Ilay Elmkies. Dia adalah bintang muda Hoffenheim dan telah bergabung sejak berusia 15 tahun. Mulai dari tim U-17, hingga U-19 sudah dia rasakan.

Dan sejak musim ini pemain asal Israel telah promosi ke tim utama Hoffenheim. Walau begitu baru ketika Bundesliga bergulir lagi Mei lalu ia dimainkan di tim utama. Kesempatan berharga tersebut didapat ketika menghadapi Hertha Berlin 16 Mei lalu.

Akan tetapi pemain 20 tahun baru diturunkan pada masa injury time. Ia pun gagal menghindarkan Hoffenheim dari kekalahan 0-3 dari klub ibu kota.