Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Dosa Besar Josep Bartomeu di Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Josep Bartomeu akhirnya mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden Barcelona pada Rabu (28/10) dinihari WIB. Bartomeu mengundurkan diri setelah mendapat kecaman selama beberapa bulan terakhir.

Bartomeu ditunjuk menjadi presiden Barcelona pada 2014 lalu. Selama enam tahun menjadi presiden, Bartomeu kerap mendapat kecaman dan kerap kali dituding sebagai biang kerok penurunan prestasi Blaugrana.

Berikut, football5star.com sudah merangkum lima dosa besar Josep Bartomeu selama enam tahun menjabat presiden Barcelona.

1. PENGELUARAN SELANGIT TANPA HASIL
Josep Bartomeu - Barcelona
Barca Blaugranes

Di bawah komando Bartomeu, Barcelona memang menjadi salah satu klub yang gemar mendatangkan pemain dengan banderol selangit. Diantaranya adalah Philippe Coutinho (145 juta Euro), Antoine Griezmann (120 juta Euro), Ousmane Dembele (130 juta Euro), Andre Gomes (37 juta Euro), Nelson Semedo (35 juta Euro) serta Paulinho (40 juta Euro)

Selain gemar mendatangkan pemain dengan harga selangit, Blaugrana juga kerap kali mendatangkan pemain-pemain dengan reputasi yang kurang baik. Diantaranya adalah Martin Braithwaite, Jean-Clair Todibo, Kevin-Prince Boateng serta Arda Turan.

Meski didatangkan dengan banderol yang cukup mahal, pemain-pemain tersebut gagal menunjukkan penampilan terbaiknya untuk Barcelona. Bahkan, tak sedikit pemain-pemain mahal yang hanya bertahan satu atau dua musim di Camp Nou sebelum akhirnya dijual.

2. MEMBUAT LA MASIA MATI SURI
Josep Bartomeu - Barcelona - fcbarcelona. com
fcbarcelona.com

Hobi Bartomeu mendatangkan pemain-pemain dengan harga selangit membuat akademi Barcelona, La Masia, seolah mati suri. Pasalnya, semakin sedikit pemain-pemain jebolan La Masia yang suskes menembus skuat utama Barcelona.

Dalam tiga musim terakhir, hanya ada Ansu Fati, Ronald Araujo dan Riqui Puig yang berhasil menembus tim utama. Pemain-pemain berbakat lain seperti Carles Perez, Munir El Haddadi, Adama Traore dan Alex Grimaldo malah dilepas ke tim lain dengan harga murah.

3. MEMUTUS KONTRAK LUIS SUAREZ
Sergi Roberto - Luis Suarez - Atletico Madrid - Barcelona - Bleacher Report
Bleacher Report

Luis Suarez mungkin pantas menyandang status sebagai legenda Barcelona di era modern. Akan tetapi, Suarez tak mendapatkan perlakuan yang sesuai dari manajemen Blaugrana.

Pasalnya, Barcelona memutuskan untuk mendepak Suarez secara cuma-cuma pada bursa transfer musim panas lalu. Keputusan ini sempat membuat Lionel Messi berang dan melemparkan kritik pedas kepada direksi Blaugrana.

Suarez akhirnya memutuskan untuk bergabung ke tim rival, Atletico Madrid. Meski sudah tak lagi muda, Suarez tetap mampu menunjukkan penampilan yang cukup baik dengan sumbangsih 

4. MEMECAT ERNESTO VALVERDE DAN MENUNJUK QUIQUE SETIEN
uefa.com

Bartomeu resmi memberhentikan Ernesto Valverde pada Februari 2020 lalu. Valverde diberhentikan karena dianggap gagal menunjukkan performa terbaiknya pada musim 2019-20.

Pemecatan pelatih di tengah musim bukanlah sesuatu yang normal di Barcelona. Pasalnya, Blaugrana sudah hampir dua dekade tak melakukan pemecatan pelatih di tengah musim.

Sebagai pengganti Valverde, Blaugrana menunjuk mantan pelatih Real Betis, Quique Setien. Di bawah komando Setien, Barcelona tetap gagal menunjukkan penampilan terbaiknya dan bahkan sempat dipermalukan Bayern Munich dengan skor 8-2 pada perempat final Liga Champions musim lalu.

5. TIDAK MELAKUKAN REGENERASI SKUAT
Eurosport

Salah satu masalah utama Barcelona saat ini adalah sudah mulai menuanya para pemain kunci. Lionel Messi, Sergio Busquets, Jordi Alba dan Gerarg Pique sudah menginjak usia kepala tiga.

Akan tetapi, Barcelona dan Bartomeu nampaknya belum mau melakukan peremajaan skuat. Pasalnya, keempat nama senior tersebut masih kerap dipercaya dan malah membuat para pemain muda kesulitan mendapat menit bermain.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More