Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Duel Dramatis Sesama Klub Inggris di Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Meski kompetisi Liga Champions musim ini tengah ditunda akibat pandemi virus corona. Tak ada salahnya mengingat lagi duel-duel seru yang tersaji di kompetisi bergengsi di benua Eropa ini.

Salah satu laga menarik di Liga Champions tentu saja pertemuan dua klub dari satu negara. Inggris salah satu negara yang cukup sering hadirkan pertemuan antara kedua klub.

Pada musim lalu bahkan dua tim Inggris, Liverpool dan Tottenham saling bertemu di partai puncak demi meraih gelar. Sayangnya laga keduanya bisa dibilang berlangsung tak terlalu dramatis. Liverpool menang mudah 2-0 atas Totteham pada final musim lalu.

Menilik dari sejarahnya, pertemuan antar sesama tim Inggris selalu berjalan sengit. Selain diwarnai rivalitas yang kuat, karena berasal dari satu kompetisi yang sama, beberapa duel yang pernah terjadi juga menghadirkan drama-drama menegangkan.

Liverpool vs Chelsea

Liverpool dan Chelsea pernah ditakdirkan untuk saling ‘bunuh’ di babak perempat final Liga Champions pada musim 2004/05. Duel kedua tim di tangga terakhir sebelum partai final ini menjadi salah satu duel paling dramatis antar sesama tim Inggris.

Kedua tim bermain imbang tanpa gol pada pertemuan leg pertama, namun akhirnya Liverpool yang keluar sebagai pemenang dan melenggang ke final lewat sebuah gol kontroversial yang diciptakan oleh Luis Garcia. Sampai saat ini gol tersebut dikenang dengan sebutan Gol Hantu.

Liverpool vs Chelsea

Si Merah dan Si Biru alias The Reds dan The Blues ditakdirkan kembali bertemu di partai semifinal pada 2006/07. Kesempatan ini coba dimanfaatkan oleh Chelsea untuk membalaskan dendam kekalahan di musim 2004/05.

Skuat The Blues yang kala itu ditukangi oleh Jose Mourinho sukses mencuri kemenangan 1-0 pada leg pertama, tapi kalah dengan skor sama pada pertemuan kedua di Anfield. Pemenang pun ditentukan lewat adu penalti. Apesnya, Chelsea kembali takluk dari Liverpool.

Liverpool vs Chelsea

Satu tahun berselang, Si Merah dan Si Biru kembali dipertemukan di semifinal. Kali ini, Liverpool duluan menjamu Chelsea di Anfield, laga leg pertama itu berkesudahan dengan skor imbang 1-1. Leg kedua di Stamford Bridges, skor sama 1-1 bertahan hingga peluit akhir 2x 45 menit, dan duel berlanjut ke babak tambahan waktu.

Drama terjadi, Chelsea unggul 3-1 lewat gol Frank Lampard dan Didier Drogba, tapi Ryan Babel membalas, skor menjadi 3-2. Liverpool terus berjuang untuk mengejar ketertinggalan, tapi kali ini takdir menentukan Chelsea lolos ke final. Skor 3-2 bertahan hingga peluit panjang tanda laga bubar dibunyikan.

Man United vs Chelsea (Final Liga Champions 2008)

Duel antar sesama tim Inggris, Manchester United kontra Chelsea di partai pamungkas ini menjadi salah satu kisah paling dramatis dalam sejarah Liga Champions. Laga berjalan sengit sejak menit pertama, skor imbang 1-1 bertahan hingga menit ke-90, sehingga terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Drama terjadi, Didier Drogba diusir usai dapat kartu merah, Chelsea bermain dengan 10 pemain, tapi skor imbang bertahan. Adu penalti jadi penentu. Chelsea sempat dapat angin usai Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti. Sayang, dua algojo terakhir mereka, John Terry dan Nicolas Anelka gagal jalankan tugas, trofi pun menjadi milik si Setan Merah.

Liverpool vs Chelsea

Liverpool dan Chelsea sepertinya memang selalu berjodoh untuk saling bertemu di partai gugur. Setahun setelah pertemuan terakhir di 2007/08, keduanya kembali bertemu di 2008/09. Kali ini mereka bertemu lebih dini di babak perempat final, tapi ini justru menjadi duel paling dramatis dalam sejarah pertemuan kedua tim.

Chelsea menang 3-1 di leg pertama, dan menjadi lengah. Pada leg kedua Liverpool membuat kejutan dengan unggul 2-0 di babak pertama, tapi Chelsea berhasil bangkit di babak kedua dan unggul 3-2. Seolah akan berakhir, kedua tim kembali kejar-kejaran gol. Chelsea sempat unggul 4-3, sebelum Frank Lampard menutup skor menjadi 4-4, The Blues pun melenggang ke semi final.

ChelseaKamu Pasti Gak Tahu!Liga ChampionsLiverpoolManchester United