Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Eks Ajax yang Berkarier di Manchester United

Football5star.com, Indonesia – Manchester United resmi mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax sebagai rekrutan pertama mereka di musim 2020-21. Kedatangan van de Beek membuatnya jadi pemain ke-13 dari Belanda yang berkarier di Old Trafford.

Selain itu, van de Beek juga menjadi pemain kelima dari Ajax yang bermain untuk Red Devils. Namun ada dua eks United lainnya yang tercatat pernah menjadi jebolan akademi Ajax. Siapa saja eks Ajax yang pernah berkarier di United sebelum kedatangan Donny van de Beek? Berikut ulasannya:

Arnold Mühren

Pemain bernama lengkap Arnold Johannes Hyacinthus Mühren adalah pemain pertama Ajax yang direkrut oleh Manchester United. Ia datang ke Old Trafford pada 1982. Namun United bukanlah klub pertama Muhren di Liga Inggris.

5 Eks Ajax yang Berkarier di Manchester United2
zimbio

United justru tertarik datangkan Muhren saat ia bermain apik bersama Ipswich Town di periode 1978 hingga 1982. Pemain berposisi sebagai gelandang sentral seperti van de Beek ini catatkan 70 penampilan dengan 13 gol di semua kompetisi.

Di Old Trafford, Muhren hanya mampu memberikan dua gelar yakni Piala FA 1982-82 dan Community Shield 1983. Prestasi ini bisa dibilang minor jika dibandingkan raihan gelar Piala UEFA 1980-81 yang ia berikan kepada Ipswich Town.

Jesper Olsen

Pemain kedua dari Ajax yang direkrut United adalah winger asal Denmak, Jesper Olsen. United datangkan Olsen pada 1984. Sama seperti van de Beek, Olsen jadi pemain pertama yang langsung didatangkan United dari Ajax.

5 Eks Ajax yang Berkarier di Manchester United
getty images

Kubu United begitu terkesan dengan pemain kelahiran Faxe, Denmark 59 silam itu saat bermain di Ajax. Ia mampu mencatatkan 23 gol dari 85 caps bersama Ajax dari periode 1981 hingga 1984.

Olsen berkarier selama 4 musim di Old Traffrod. Ia jadi pemain asing pertama yang memiliki karier cukup lama dibanding dua pendahulunya, Arnold Muhren dan Nikola Jovanovic. Sayangnya hanya 1 gelar Piala FA yang mampu ia berikan.

Edwin van der Sar

Selanjutnya ada mantan kiper yang saat ini berperan cukup besar di kepindahan van de Beek ke United, Edwin van der Sar. Kiper kelahiran Voorhout ini bisa dbilang sebagai salah satu kiper terbaik United setelah Peter Schmeichel.

Van der Sar datang ke Old Trafford pada 2005 di usia yang sudah tak lagi muda. Bermain apik di Fulham setelah gagal di Juventus, van der Sar jadi otak dibalik kemampuan United meraih gelar Liga Champions 2007-08.

Bagi Sir Alex, van der Sar adalah kiper favortinya selama melatih setelah Schmeichel.

“Saya mencoba mengganti Schmeichel, tetapi itu sangat sulit. Kami mendapatkan Fabian Barthez tapi dia bermasalah dan untungnya kami mendapatkan Edwin” kata Ferguson beberapa tahun lalu kepada bbc.

Daley Blind

Anak dari legenda Ajax, Danny Blind, Daley Blind adalah eks pemain Ajax berikutnya yang berkarier di United. Daley Blind didatangkan United langsung dari Ajax pada 2014. Sebelumnya, Blind sempat merasakan jadi pemain pinjaman di Gronigen pada 2010.

Daley Blind, Barcelona, Real Madrid, Manchester United

Karier Blind di United tak seperit harapan banyak pihak. Bergabung pada 2014 di Old Trafford tetapi tidak menjadi pilihan utama di bawah arahan pelatih Jose Mourinho. Meski begitu Blind setidaknya masih mampu memberikan Piala FA 2016 serta Piala Liga dan Liga Europa 2018.

Jordi Cruyff

Terakhir ada nama anak dari legenda Belanda dan Ajax, Johan Cruyff, Jordi Cruyff. Jordi memang tidak pernah bermain di tim utama Ajax. Ia tercatat menjadi pemain di akademi Ajax dari rentang waktu 1981 hingga 1988. Setelah ia melanjutkan di La Masia, Barcelona.

jordi cruyff-ekuadord-Diario El Mercurio

Jordi sendiri datang ke United pada 1996 dari Barcelona. Kariernya di United terbilang tak mengkilap. Ia hanya bermain sebanyak 34 kali dan mencetak 8 gol. Selain Cruyff, satu pemain jebolan akademi Ajax yang pernah memperkuat United adalah Alexander Büttner.

Buttner tercatat menjadi pemain di akademi Ajax pada 2000 hingga 2005. Ia kemudian direkrut Vitesse pada 2008 dan pada 2012 hijrah ke Old Trafford.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More