Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Fakta di Balik Keberhasilan Sevilla Juara Liga Europa

Football5star.com, Indonesia – Sevilla berhasil menegaskan statusnya sebagai raja Liga Europa setelah mengalahkan Inter Milan di partai puncak dinihari tadi. Partai final Liga Europa di Stadion RheinEnergie, Koeln, antara Sevilla vs Inter Milan berakhir dengan skor 3-2 berkat brace Luuk de Jong.

Pertandingan tersebut berjalan dengan sangat sengit. Buktinya, ada empat gol yang tercipta di 45 menit pertama. Akan tetapi, Sevilla berhasil keluar sebagai juara setelah Diego Carlos mencetak gol kemenangan di menit ke-74.

Keberhasilan ini tentu menciptakan sejumlah fakta menarik yang sayang dilewatkan. Berikut, football5star.com sudah merangkum 5 fakta menarik di balik keberhasilan Sevilla menjuarai Liga Eruopa:

1. PERTAHANKAN REKOR 100% DI PARTAI FINAL LIGA EUROPA

Hasil pertandingan dinihari tadi membuat Sevilla berhak didapuk sebagai tim tersukses sepanjang sejarah Liga Europa. Total, mereka sudah berhasil menjadi juara dalam enam kesempatan berbeda.

Hebatnya, Sevilla hanya butuh enam kesempatan untuk bisa meraih enam gelar Liga Europa. Catatan ini membuat Los Nervionenses memiliki rekor kemenangan 100% di partai final Liga Europa.

2. PEMBUKTIAN JULEN LOPETEGUI
Bleacher Report

Liga Europa musim 2019-20 merupakan gelar bergengsi pertama yang berhasil dimenangkan Julen Lopetegui sepanjang karier kepelatihannya. Selain itu, keberhasilan ini juga memiliki makna tersendiri buat Lopetegui.

Pada 2018 lalu, Lopetegui dipecat timnas Spanyol beberapa hari jelang gelaran Piala Dunia karena menerima pinangan Real Madrid. Karier Lopetegui bersama Real Madrid pun tak bertahan lama. Ia hanya bertahan selama empat bulan di Santiago Bernabeu.

Dua kenangan pahit tersebut menjadi pelecut semangat Lopetegui bersama Sevilla musim ini. Selain berhasil membawa pulang trofi Liga Eruopa, Lopetegui juga mampu membawa Los Nervionenses finis di urutan empat klasemen Liga Spanyol musim 2019-20.

3. GELAR KETIGA EVER BANEGA DAN JESUS NAVAS

Luuk de Jong
twitter.com/europaleague

Ever Banega dan Jesus Navas sudah pantas menyandang status sebagai legenda hidup Sevilla. Pasalnya, mereka berhasil mempersembahkan tiga gelar Liga Europa bagi Los Nervionenses.

Sebelumnya, Navas berhasil menjadi juara pada musim 2005-06 dan 2006-07. Sementara, Banega mampu mempersembahkan gelar juara pada musim 2014-15 dan 2015-16.

Untuk Banega, gelar musim ini terasa lebih spesial. Pasalnya, laga dinihari tadi merupakan pertandingan terakhirnya bersama Sevilla. Musim depan, ia akan bermain di Arab Saudi bersama Al-Shabab.

4. MUNIR EL HADDADI SAMAI REKOR PEDRO RODRIGUEZ
5 Fakta di Balik Keberhasilan Sevilla Juara Liga Europa - Munir - @EuropaLeague - Luuk de Jong
twitter.com/EuropaLeague

Munir El Haddadi berhasil menjadi pemain kedua di abad ke-21 yang suskes memenangkan Liga Champions, Liga Europa dan Piala Super Eropa. Catatan ini membuatnya menyamai rekor Pedro Rodriguez.

Sama seperti Pedro, Munir berhasil menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa bersama Barcelona. Namun, Munir patut berbangga. Pasalnya, pencapaian spesial ini ia raih di usianya yang baru menginjak angka 24 tahun.

5. LUUK DE JONG KEMBALI JADI PAHLAWAN SEVILLA
Bleacher Report

Sevilla tentu takkan bisa meraih gelar Liga Europa musim ini tanpa kontribusi Luuk de Jong. Pasalnya, pemain asal Belanda itu berhasil menjadi pahlawan Los Nervionenses di babak semifinal dan final.

Di partai semifinal melawan Manchester United, De Jong mencetak gol kemenangan Sevilla pada menit ke-78. Ia berhasil melanjutkan performa gemilangnya dengan sumbangsih dua gol di partai puncak.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More