Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Fakta Menarik Pertandingan Liga Spanyol 2019-20

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Liga Spanyol musim 2019-20 telah selesai. Real Madrid keluar sebagai juara untuk kali ke-34. Kemenangan ini membuat Barcelona gagal mempertahankan gelar juara yang mereka raih di dua musim sebelumnya.

Seperti kompetisi sepak bola di seluruh dunia lainnya, Liga Spanyol 2019-20 juga sempat dihentikan akibat pandemi COVID-19. Pada 23 Maret, otoritas Liga Spanyol memutuskan untuk menghentikan pertandingan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Baru pada 11 Juni 2020, kompetisi kembali dilanjutkan dengan sejumlah protokol kesehatan. New Normal muncul di kompetisi Liga Spanyol musim ini seperti tidak adanya penonton di setiap pertandingan.

Meski begitu, pertandingan tiap pekannya berjalan cukup sengit. Real Madrid yang konsisten sejak restart pada akhirnya mampu keluar sebagai juara setelah kalahkan Villarreal 2-1 pada 17 Juli 2020. Selain keluarnya Madrid sebagai juara untuk kali ke-34, kompetisi Liga Spanyol musim ini juga torehkan sejumlah rekor baru. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

Kemenangan kandang terbesar

Pertandingan pekan ke-30 pada 21 Juli 2020 antara Celta Vigo vs Deportivo Alaves jadi laga kemenangan kandang terbesar di Liga Spanyol musim ini. Pada laga tersebut, tuan rumah Celta Vigo menang 6-0 atas Alaves.

Enam gol kemenangan Celta dicetak oleh Jeison Murillo di menit ke-14, penalti Iago Aspas pada menit ke-30, Rafinha di menit ke-40 dan 41, gol penalti Nolito di menit ke-78 dan ditutup oleh gol Santi Mina di menit ke-86.

Kemenangan tandang terbesar

Jika Celta Vigo jadi tim dengan rekor kemenangan kandang terbesar musim ini, maka untuk tim yang mencetak kemenangan tandang terbesar ditorehkan oleh anak asuh Diego Simone, Atletico Madrid.

Pada pertandingan pekan ke-29, Atletico Madrid menang 5-0 atas Osasuna di Stadion El Sadar, 17 Juni 2020. Lima gol kemenangan Atletico dicetak oleh Joao Felix di menit ke-27 dan 56, gol Marcos Llorente di menit ke-79, gol Alvaro Morata di menit ke-82 dan ditutup oleh gol Yannick Carrasco.

Gol terbanyak satu pertandingan

Pertandingan Villarreal vs Granada di pekan ke-1 Liga Spanyol musim ini tercatat menjadi pertandingan dengan jumlah gol terbanyak. Pada laga yang berlangsung di Stadion Cerámica, 17 Agustus 2019, kedua tim bermain imbang 4-4.

Kejar mengejar gol terjadi pada laga ini. Villarreal unggul terlebih dahulu lewat gol penalti Santi Cazorla di menit ke-35, kemudian disamakan oleh Fede Vico juga lewat penalti di menit ke-45. Pada menit ke-53, Moi Gomez membawa Villarreal unggul namun di menit ke-62, Ruben Pena lakukan gol bunuh diri yang membuat Granda menyamakan kedudukan.

Villarreal kemudian unggul dua gol lewat Gerrard Moreno dan Samuel Chukwueze namun Roberto Soldado memperkecil ketertinggilan menjadi 4-3. Gol dari Antonio Puertas pada menit ke-81 akhirnya menyelamatkan Granada dari kekalahan.

Penonton terbanyak

Untuk rekor penonton terbanyak di Liga Spanyol 2019-20 tercatat pada pertandingan El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid di pekan ke-10, 18 Desember 2019. Pada laga tersebut penonton yang hadir di Stadion Nou Camp sebanyak 93.462. Sayangnya pada laga tersebut, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Penonton paling sedikit

Sedangkan untuk rekor penonton paling sedikit di Liga Spanyol musim ini sebelum restart akibat pandemi corona tercatat di pertandingan Eibar vs Granada pada 20 Desember 2019. Di pertandingan yang berakhir 3-0 untuk Eibar jumlah penonton yang hadir sebanyak 5.341 orang.

BarcelonaGranadaKamu Pasti Gak Tahu!LaLigaLiga SpanyolReal MadridVillareal