Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Fakta Pemain Asia di Kompetisi UEFA

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa sudah memasuki fase gugur. Liga Champions berada di fase 16 besar sementara Liga Europa akan jalani babak 32 besar.

Sepanjang sejarahnya, kompetisi yang dihelat oleh federasi sepak bola Eropa, UEFA, mulai dari Liga Champions, Liga Europa, Piala Winners, hingga Piala Intertoto, memunculkan talenta-talenta terbaik dari seluruh dunia, tidak hanya berasal dari Eropa, Amerika Selatan, atau Afrika.

Faktanya ada rekam jejak pemain Asia di kompetisi UEFA. Kira-kira siapa pemain yang paling banyak tampil di Liga Champions atau Liga Europa. Siapa juga pemain dari Asia yang mencetak gol paling banyak di kompetisi UEFA.

Berikut 5 fakta pemain Asia di kompetisi UEFA untuk pembaca setia Football5star.com

Pemain terbanyak tampil di kompetisi UEFA

Selama ini, publik mungkin mengira bahwa pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min sebagai pemain terbaik dari Asia di kompetisi Eropa. Namun faktanya seperti dikutip Football5star.com dari laman resmi UEFA, Rabu (18/2/2021), pemain Asia paling banyak tampil di kompetisi UEFA, Liga Champions, Liga Europa termasuk di babak kualifikasi ialah pemain Uzbekistan, Maksim Shatskikh.

5 Fakta Pemain Asia di Kompetisi UEFA2

Pemain berposisi penyerang ini tampil sebanyak 69 kali bersama klub Ukraina, Dynamo Kiev. Di tempat kedua pemain Park Ji Sung. Senior Son Heung-min ini tampil 59 kali di kompetisi Eropa bersama dua klub, PSV dan Manchester United.

Di tempat ketiga baru ada Son Heung-min. Mantan anak asuh Shin Tae-yong itu bermain sebanyak 50 kali di kompetisi Eropa bersama dua klub, Bayer Leverkusen dan Tottenham Hotspur.

Pencetak gol terbanyak

Maksim Shatskikh juga menjadi pemain Asia yang paling banyak mencetak gol di kompetisi UEFA. Ia catatkan 23 gol bersama Dynamo Kiev. Sementara di tempat kedua, ada Son Heung-min. Ia mencetak 19 gol untuk dua klub, Bayer Leverkusen dan Tottenham di kompetisi Eropa.

Sedangkan di tempat ketiga ada pemain Iran, Sardar Azmoun yang mencetak 6 gol untuk dua klub Rusia, Rostov dan Zenit. Di bawahnya ada pemain Korsel lainnya, Hee-Chan Hwang yang mencetak 5 gol untuk Salzburg dan Leipzig.

Pemain Asia pertama meraih gelar

Ialah pemain asal Korsel, Bum-Kun Cha yang menjadi pemain Asia pertama yang meraih gelar di kompetisi Eropa. Bum-Kun Cha meraih gelar Piala UEFA musim 1979-80 saat membela klub Jerman, Eintracht Frankfurt.

5 Fakta Pemain Asia di Kompetisi UEFA
uefa.com

Sebelum membela Frankfurt, pemain berposisi penyerang ini sempat membela klub Korsel, ROK Air Force. Bersama Frankfurt, Bum-Kun Cha tercatat mencetak 46 gol dari 122 pertandingan. Ia pensiun di klub Jerman lainnya, Bayer Leverkusen pada 1989.

Jepang dan Korsel Bersaing

Korsel menjadi negara di Asia yang cukup bersinar dalam beberapa tahun terakhir di kompetisi Eropa. Negeri Gingseng itu yang menjadi negara di Asia dengan pemain paling banyak tampil di kompetisi Eropa.

Tercatat Park Ji Sung sebagai pemain dari Korsel yang tampil sebanyak 70 kali di kompetisi Eropa. Di bahwa Korsel, ada pemain Jepang, Shinji Kagawa dengan penampilan sebanyak 53 kali.

Ada nama Kurniawan Dwi Yulianto

Yang menarik dari data uefa, ada nama legenda timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto sebagai pemain dari Asia yang tampil di kompetisi Eropa. Kurniawan jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang pernah mentas di kompetisi UEFA.

Dari laman resmi UEFA itu, pelatih Sabah FC itu tercatat satu kali bermain saat membela Luzern. Pada ajang UEFA Intertoto Cup, Kurniawan tampil membela Luzern saat melawan Rudar Velenje.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More