Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Fakta Skuat Timnas U-19 Bosnia Lawan Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan kembali melanjutkan rangkaian uji tanding dalam pemusatan latihan di Kroasia. Setelah dua kali menghadapi timnas U-19 Qatar, lawan tim asuhan Shin Tae-yong kali ini adalah timnas U-19 Bosnia-Herzegovina. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Jumat (25/9/2020).

Untuk pertandingan tersebut, pelatih timnas U-19 Bosnia, Slaven Musa, sudah mengumumkan skuatnya pada 17 September silam. Meskipun demikian, para pemain baru dikumpulkan pada 22 September. Bahkan, dua pemain yang membela klub Kroasia baru akan bergabung sehari sebelum pertandingan.

Menyimak daftar pemain yang akan dibawa Musa untuk laga melawan timnas U-19 Indonesia, ada beberapa hal menarik. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 fakta menarik skuat timnas U-19 Bosnia & Herzegovina untuk lawan Garuda Muda.

11 Pemain Tanpa Caps

Sebanyak 11 dari 20 pemain yang dipanggil Slaven Musa untuk hadapi Indonesia belum pernah main untuk timnas U-19 Bosnia & Herzegovina.
nfsbih.ba

Dari 20 pemain yang dipanggil Slaven Musa ke timnas U-19 Bosnia untuk melawan Indonesia, lebih dari setengahnya ternyata belum pernah mengecap kesempatan bermain. Total, ada 11 pemain dengan status tersebut. Dari 9 pemain yang sudah pernah tampil pun, ada 3 orang yang baru meraih 1 caps.

Pemain yang paling berpengalaman di skuat Bosnia & Herzegovina adalah Silvio Ilinkovic. Gelandang yang memperkuat klub Kroasia, Rijeka, itu hingga kini telah mengoleksi 9 caps. Berikutnya ada Ivan Basic dengan 4 penampilan.

Tanpa Pencetak Gol

Tak ada pemain di skuat yang disusun Slaven Musa kali ini yang sudah mencetak gol untuk Bosnia & Herzegovina.
nfsbih.ba

Ketajaman timnas U-19 Bosnia saat melawan Indonesia patut dipertanyakan. Pasalnya, di skuat asuhan Slaven Musa untuk uji tanding di Kroasia tersebut tak ada satu pun yang pernah membuat gol pada pertandingan-pertandingan sebelumnya. Tak terkecuali sang pemilik caps terbanyak, Silvio Ilinkovic.

Terlepas dari hal itu, untuk laga nanti, Musa memanggil tiga penyerang. Mereka adalah Lejs Plicanic, Adi Alic, dan Nail Omerovic. Dari ketiganya, Plicanic adalah yang paling berpengalaman. Pemain Hrvatzki Dragoljac itu telah 2 kali memperkuat tim Bosnia & Herzegovina.

4 Pemain Berumur 17 Tahun

Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina berisi 20 pemain untuk menghadapi timnas U-19 Indonesia.
nfsbih.ba

Berbeda dari timnas U-19 Indonesia yang diperkuat beberapa pemain yang telah berumur 19 tahun, tim Bosnia & Herzegovina benar-benar “murni”. Dari 20 pemain yang dipanggil oleh Slaven Musa, semuanya berumur di bawah 19 tahun. Bahkan, empat di antaranya berumur 17 tahun. Mereka adalah Patrik Bosnjak, Dejan Popara, Silvio Ilinkovic, dan David Cavic.

Perbedaan kompisisi umur pemain di kedua tim bukan tanpa sebab. Timnas U-19 Indonesia berisi beberapa pemain berumur 19 tahun karena memang diproyeksi untuk Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Sementara itu, Bosnia & Herzegovina disiapkan untuk kualifikasi Piala Eropa U-19 pada November mendatang.

Dua “Pemain Asing”

Silvio Ilinkovic satu dari hanya dua pemain tim asuhan Slaven Musa yang bermain di luar negeri.
nk-rijeka.hr

Untuk uji tanding melawan timnas U-19 Indonesia, Slaven Musa menyiapkan skuat yang didominasi para pemain dari klub-klub lokal. Tercatat hanya ada dua “pemain asing”, yakni Silvio Ilinkovic dan Lejs Plicanic. Keduanya sama-sama berkiprah di Kroasia.

Ilinkovic saat ini tercatat sebagai pemain Rijeka. Gelandang tengah berumur 17 tahun itu telah bergabung dengan Rijeka pada Otober 2018. Adapun Plicanic sudah memperkuat Hrvatski Dragoljak sejak Februari 2014 pada umur 12 tahun. Saat ini, baik Ilinkovic maupun Plicanic sama-sama mempekuat tim U-19 klub masing-masing.

Dominasi Tiga Klub

Patrik Bosnjak jadi salah satu dari tiga pemain Zrinjski yang memperkuat timnas U-19 Bosnia yang akan menghadapi Indonesia.
vecernji.ba

Secara keseluruhan, 20 pemain yang dipanggil ke timnas U-19 Bosnia & Herzegovina untuk lawan Indonesia didominasi pemain dari klub-klub lokal. Sebanyak 18 pemain berasal dari 9 klub yang berkiprah di Bosnia. Adapun 2 pemain lain berasal dari 2 klub Kroasia.

Dari 9 klub itu, ada 3 yang paling dominan, yakni Svijezda 09, Zrinjski, dan Sloboda. Mereka sama-sama menyetor 3 pemain. Svijezda 09 diwakili Strahina Manojlovic, Luka Jankovic, dan Dejan Popara. Zrinjski menyetor patrik Bosnjak, Niksa Silic, dan Ivan Basic. Sementara itu, Sloboda mengirimkan Viktor Paleznica, Adi Alic, dan Nail Omerovic.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More