Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Gol Bunuh Diri Terbaik di Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Liga Inggris tidak hanya menghadirkan gol-gol terbaik yang dicetak ke gawang lawan. Tidak sedikit pula gol indah tercipta ke gawang timnya sendiri.

Sebagai kompetisi yang menampilkan permainan cepat dan spartan, Liga Inggris kerap membuat penggemarnya terpacu saat menyaksikan pertandingan. Untuk urusan gol, tendangan jarak jauh atau aksi solo-run pemain jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu.

Gol-gol juga kerap terjadi dari situasi kemelut di depan gawang. Tapi dalam situasi ini, tidak jarang gol justru tercipta ke gawang sendiri.

Football5star telah merangkum lima gol bunuh diri yang terjadi di Liga Inggris:

  • Harry Kane (Swansea City vs Tottenham Hotspur)

Jika pada umumnya gol bunuh diri dibikin pemain belakang, hal berbeda justru terjadi pada kubu Tottenham Hotspur. Striker andalan mereka, Harry Kane, malah pernah membuat gol bunuh diri. Gol ke gawang Hugo Lloris itu pun ia lesakkan dengan cukup baik.

Momen memalukan itu terjadi pada musim 2015-2016. Tottenham Hotspur yang berkunjung ke markas Swansea City dikejutkan oleh gol tuan rumah pada babak pertama. Sialnya, gol berasal dari kaki Harry Kane.

Sang bomber menendang bola hasil tendangan sudut pemain Swansea City yang mengarah padanya. Namun, niatnya untuk membuang bola justru berbuah gol bunuh diri. Hasil sepakannya justru masuk ke gawang Hugo Lloris.

  • Santiago Vergini (Southampton vs Sunderland)

Gol yang dilesakkan bek Sunderland, Santiago Vergini, bisa dibilang sebagai gol terbaik Liga Inggris musim 2014-2015. Sayang, gol tersebut dia lesakkan ke gawangnya sendiri.

Momen tersebut terjadi saat Sunderland menghadapi Southampton di St Marry. The Black Cats yang sedang dalam keadaan tertekan membuat Vergini salah mengantisipasi bola.

Ia yang mencoba membuang bola justru membuat bola masuk ke gawang timnya sendiri. Uniknya, gol bunuh diri itu diawali permainan indah tuan rumah. Tendangan keras kaki kanannya yang melengkung itu pun meluncur mulus ke sudut kiri gawang.

  • Jefferson Lerma (Bournemouth vs Arsenal)

Gol bunuh diri pemain Bournemouth, Jefferson Lerma, mungkin masih hangat dalam ingatan. Pasalnya gol tersebut tercipta pada musim lalu saat Bournemouth menjamu Arsenal di Stadion Vitality.

Arsenal yang membangun serangan dari sisi kiri membuat hampir semua pemain Bournemouth turun membantu pertahanan. Tapi upaya pemain tuan rumah justru berakhir antiklimaks.

Umpan matang Sead Kolasinac dari sisi kanan salah diantisipasi oleh Jefferson Lerma. Ia mencetak gol bunuh diri melalui tendangan first time sambil menjatuhkan diri. Bola yang melaju kencang itu pun menembus jala gawang Asmir Begovic.

  • James Collins (Manchester City vs West Ham United

Apa yang dialami Santiago Vergini juga dirasakan bek West Ham United, James Collins. Lewat situasi yang hampir serupa, sang pemain mencetak gol ke gawang timnya sendiri kala bertamu ke Manchester City musim 2014-2015.

Lewat situasi serangan balik, Manchester City benar-benar memaksimalkan kecepatan Jesus Navas di sisi sayap kanan. James Collins yang melihat pergerakan Navas langsung turun untuk menjaga daerahnya.

Tapi sayang, upaya bek jangkung tersebut justru membuat West Ham United mengalami kerugian besar. James Collins membuat gol bunuh diri yang cukup indah. Bola umpan Navas disambut Collins dengan tendangan. Namun, bola lambung justru mengarah ke gawangnya sendiri.

  • Tony Popovic (Portsmouth vs Crystal Palace)

Gol bunuh spektakuler juga pernah tercipta lebih dari satu dekade lalu. Dan yang menjadi aktor utama gol spektakuler tersebut adalah bek andalan Crystal Palace, Tony Popovic.

Tepatnya pada musim 2004-2005, Portsmouth menjamu Crystal Palace di Fratton Park. Dalam kedudukan 2-1, tuan rumah mendapat durian runtuh dari gol bunuh diri Tony Popovic.

Uniknya, itu bukan gol bunuh diri sembarangan. Dia membobol gawang sendiri lewat tendangan menggunakan tumit kakinya seperti halnya striker-striker kelas dunia.