Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Insiden Patah Kaki Pesepak Bola yang Bikin Ngilu

Football5star.com, Indonesia – Cedera menjadi konsekuensi seorang pemain sepak bola. Dari sejumlah cedera yang bakal dialami pesepak bola tentu paling mengerikan adalah cedera patah kaki.

Sejumlah pesepak bola pernah merasakan getirnya alami patah kaki akibat diterjang pemain lawan. Ada insiden yang tidak sengaja terjadi namun tak sedikit juga karena niat dari pemain lain untuk menciderai lawannya.

Ayah dari striker Borussia Dortmund, Erling Haaland, Alf Inge Haaland pernah merasakan kegetiran dan mengakhiri kariernya di sepak bola karena alami cedera di bagian kaki. Alf mengalami cedera serius di kaki kanannya setelah diterjang oleh Roy Keane secara sengaja.

“Saya sudah menunggu sejak lama (untuk balas dendam). Saya hantam dirinya dengan keras. ‘Rasakan itu, bajingan. Dan jangan coba-coba mengejek kalau diriku tak cedera’,” tulis Keane dalam buku autobiografinya.

Tidak hanya Alf yang alami insiden ngilu tersebut. Berikut 5 insiden patah kaki yang dialami pesepak bola dan bikin kita ngilu.

Francesco Totti

Dikutip dari football-italia, eks kapten AS Roma ini pernah alami patah kaki saat bertanding melawan Empoli. Kejadian mengerikan itu terjadi pada 19 Februari 2006 silam. Tim medis AS Roma mengkonfirmasi, Totti alami patah pada tulang betis kirinya sehingga memutuskan hubungan antara ligamen dan meleolus.

Football italia

Cedera itu didapat Totti akibat ditekel dari belakang oleh pemain Empoli, Richard Vanigli. Kemarahan pun ditujukan oleh skuat AS Roma akibat insiden tersebut.

“Tekel dari belakang harus dihukum lebih berat, meski pemain Empoli mengaku menyesal. Ini merupakan pukulan dan merusak sejarah yang dibuat klub ini,” kata pelatih Roma kala itu, Luciano Spaletti.

Eduardo Da Silva

Selanjutnya insiden patah kaki yang bikin ngilu dialami mantan striker Arsenal, Eduardo Da Silva. Pada 23 Februari 2008, kaki kiri Eduardo menjadi korban keganasan tekel bek Birmingham City , Martin Taylor. Hasilnya, tulang fibula (betis) Eduardo patah dan engkel kirinya mengalami dislokasi.

Insiden mengerikan terjadi terjadi di menit ketiga dan membuat partai Liga Primer Inggris yang digelar di St. Andrew’s Stadium itu tertunda selama delapan menit laga. Kapten The Gunners ketika itu, Cesc Fabregas, terlihat sebagai pemain yang paling terguncang dengan insiden itu. Eduardo pun ditandu keluar dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Selly Oak untuk menjalani operasi.

Tekel yang dilakukan Taylor ini begitu horor sampai-sampai stasiun televisi Sky Sports, yang menyiarkan secara langsung laga tersebut, memutuskan untuk tidak mempertontonkan tayangan ulang insiden ini.

Alan Smith

Pada babak kelima Piala FA 2005, pemain Man United, Alan Smith alami cedera patah kaki akibat mencoba memblock tendangan bebas yang dilepaskan bek sayap Liverpool, John Arne Riise.

Dalam insiden mengerikan ini, seperti dikutip dari dailymail.co.uk tim medis Man United dan Liverpool saling bahu membahu memberikan pertolongan kepada Smith.

“Itu bukan salah Riise dan dia langsung menjengukku usai insiden. Aku sadar tidak akan lagi menjadi pemain yang sama setelah insiden itu,” kata Smith

“Engkel geser lebih buruk dari kaki patah karena aku juga mengalami otot ligamen yang sobek. Sehingga ada komplikasi dalam cedera ini,”

Smith juga memuji fans Liverpool yang dinilai bersikap simpatik atas cedera yang menimpanya. Dia pun membantah kabar yang menuding fans Liverpool saat itu menghambat laju ambulan yang membawa Smith.

Djibril Cisse

Cisse mungkin jadi satu-satunya pemain yang mengalami cedera patah kaki sebanyak dua kali. Dan ‘uniknya’ patah kaki Cisse menimpa kaki kanan dan kaki kiri Cisse. Saat membela timnas Prancis, Cisse menderita patah kaki kiri pada Oktober 2006.

Sebelumnya dia mendapatkan patah kaki pertamanya pada 2004 saat membela Liverpool kontra Blackburn Rovers di Premier League. Kakinya patah setelah berduel dengan Jay McEvely. Masalah itu menyebabkan dirinya menepi selama enam bulan.

Sedangkan pada insiden 2006, Cisse salah menumpu setelah berduel dengan Zheng Zhi yang menyebakan kakinya bermasalah. Dia pun harus menunggu waktu pemulihan lebih lama setelah kejadian tersebut.

Federico Mattiello

Mattiello merupakan pemain muda Juventus. Awalnya ia memang tidak terlalu dikenal. Publik baru mengenalnya justru karena insiden mengerikan yang ia alami. Mattiello yang dipinjamkan Juventus ke Chievo alami cedera patah kaki akibat terjangan dari pemain berdarah Sumatera Utara, Radja Nainggolan saat AS Roma jumpa Chievo pada Maret 2015.

Football Italia

Tapi tampaknya cedera ini tak membuat Mattiello putus asa. Justru sebaliknya, ia ingin segera kembali merumput secepat mungkin. Hal ini ia katakan setelah tiga hari mendapatkan perawatan akan cedera yang dideritanya ini.

“€Terima kasih untuk semua orang yang telah memberikanku insipirasi” mengutip dari Football Italian Daily. “Sangat jarang ketika sejumlah pendukung bersatu seperti ini. Banyak dari rekanku pun terus mendukungku hingga saat ini” ucapnya.

Alan SmithDjibril CisseinternasionalKamu Pasti Gak Tahu!