Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kebiasaan Baru di Bundesliga Setelah Corona

Football5star.com, Indonesia – Bundesliga Jerman jadi kompetisi Eropa pertama yang melanjutkan kompetisi setelah dunia diserang virus corona. Banyak perubahan yang terjadi pada pekan ke-26 akhir pekan ini.

Pertandingan pertama setelah kompetisi libur hampir dua bulan dilangsungkan selama tiga hari beruntun. Hari pertama berlangsung pada Sabtu yang menggelar enam pertandingan secara serempak.

Laga terakhir pekan ini akan ditutup oleh Werder Bremen vs Bayer Leverkusen yang berlangsung di Wesserstadion pada Selasa (19/5/2020) dinihari WIB. Ada banyak perubahan drastis yang terjadi pada Bundesliga.

Hal tersebut memang harus dilakukan. Pasalnya pihak DFL dan otoritas kesehatan setempat telah memberikan protokol kesehatan yang harus dipatuhi setiap klub dan pemain.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah selebrasi Erling Haaland saat membobol gawang Schalke 04. Ia berlari ke pinggir lapangan tanpa menyentuh rekannya.

Caranya itu diikuti pemain lain yang mencoba menjaga jarak dengan sang bomber. Setelah beberapa saat, barulah mereka berpelukan dan bersalaman seperti biasa.

Football5star telah merangkum lima kebiasaan baru yang terjadi di Bundesliga setelah virus corona menyerang:

  • Stadion Kosong
signal iduna park-dortmund
@BlackYellow

Ungkapan “Without Fans Football is Nothing” sepertinya menjadi pengecualian untuk saat ini. Bagaimana tidak, penyebaran virus corona yang bisa terjadi dengan bersentuhan badan membuat otoritas liga harus membuat keputusan sulit.

Para suporter dilarang untuk menyaksikan pertandingan di stadion. Tentu ini menjadi pemandangan baru di sepak bola, terutama di Jerman. Sudah menjadi rahasia umum jika Jerman memiliki fanatisme sepak bola yang sangat tinggi.

Terbukti, hampir setiap pertandingan, stadion selalu terisi penuh. Tidak hanya itu, para fan juga tidak henti-hentinya menyemangati para pemain di lapangan. Namun, apa yang terjadi pekan ini sangat berbeda.

Tidak ada satu orang pun yang berada di tribun stadion. Dan pemandangan ini akan berlangsung sampai akhir musim 2019-2020.

  • Masker dan Sarung Tangan di Bench
@SquawkaNews

Selama pandemi corona, masker adalah barang yang wajib kita gunakan. Hal ini pula yang dilakukan setiap orang yang ada di stadion. Mulai dari pelatih, pemain cadangan, awak media, semua wajib memakai masker.

Tidak cuma masker, sarung tangan juga tak bisa lepas dari mereka. Hal ini juga terlihat pada semua pertandingan yang berlangsung pekan ini. Para pemain cadangan diwajibkan untuk memakai masker selama di bench.

Sedangkan untuk pelatih ada beberapa kelonggaran. Seperti yang dilakukan David Wagner dan Lucien Favre pada derbi lembah Ruhr kemarin. Kedua pelatih itu tidak menggunakan masker sepanjang laga.

  • Jarak Antarpemain di Bench
@SquawkaNews

Jika biasanya para pemain cadangan duduk berdampingan di bench, pemandangan tersebut tidak akan terjadi lagi sampai musim ini selesai. Ya, mereka harus menerapkan social distancing di pinggir lapangan.

Selain harus memakai masker, pemain cadangan ini juga dilarang berdekatan dengan rekannya. Tentu saja cara ini membuat pihak stadion harus memodifikasi bench pemain yang selama ini ada di pinggir lapangan.

Mereka di tempatkan di tempat yang berbeda dengan pelatih. Posisi para pemain cadangan ini tepat berada di tribun bawah. Jarak antarpemain di tribun ini pun bisa meminimalisir sentuhan yang terjadi.

  • Bola Disemprot Disinfektan
@SquawkaNews

Dalam protokol kesehatan yang diterapkan Bundesliga, setiap bola yang akan digunakan harus dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini harus dilakukan secara berkala, baik sebelum, selama, dan sesudah pertandingan.

Dan benar saja, hal tersebut dilakukan pada laga Bundesliga pekan ke-26. Sebelum pertandingan dimulai, bola-bola yang ada disemprot cairan disinfektan oleh petugas. Hal tersebut kembali dilakukan saat jeda babak pertama.

  • Sesi Wawancara
@brfootball

Kebiasaan baru tidak hanya terjadi selama pertandingan dan di lapangan saja. Setelah pertandingan, ada pula kebiasaan baru yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Jika biasanya sesi wawancara dilakukan secara tatap muka antara pewarta dan pelatih maupun pemain, kali ini mereka harus menjaga jarak beberapa meter.

Pemandangan yang terkesan sedikit aneh ini pun terlihat usai pertandingan. Salah satu yang mencuri perhatian adalah saat pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann, melakukan sesi wawancara di pinggir lapangan. Para jurnalis harus menggunakan stand mic yang panjang untuk menjangkau sang pelatih.