Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak di La Liga

Football5Star.com, Indonesia – Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, baru saja memecahkan rekor sebagai kiper tercepat yang bisa mencatatkan 100 clean sheets dengan hanya dalam 182 penampilan di La Liga. Mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Miguel Reina dengan 222 penampilan.

Tapi jika soal rekor total clean sheet, Oblak masih berada pada posisi ke-12 di La Liga. Siapa yang berada pada posisi 5 besar? Berikut daftarnya.

Luis Arconada (150 clean sheets)

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak di La Liga
AS

Luis Arconada merupakan kiper legendaris Real Sociedad. Lahir di San Sebastian (kota di mana Sociedad berasal), dia menghabiskan seluruh kariernya bersama klub asal Basque itu.

Dia mencatatkan 150 clean sheets dari 418 penampilan dengan presentase 35,9% dan membuat dia berada pada posisi kelima. Arconada berhasil meraih 2 gelar La Liga, 1 Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan 3 Zamora Trophy.

Victor Valdes (173 clean sheets)

Barcelona

Legenda Barcelona, Victor Valdes, berada pada posisi keempat dengan torehan 173 clean sheets dari 387 penampilan. Valdes juga merupakan kiper dengan presentase paling tinggi di 5 besar, 44,7%.

Valdes merupakan pemain asli didikan La Masia, Barcelona. Dia juga menjadi salah satu kunci kesuksesan Barcelona di era Ruud Gullit dan Pep Guardiola dengan memenangkan total 21 gelar termasuk 2 gelar Liga Champions bersama Barcelona. Valdes juga memenangkan Zamora Trophy 5 kali.

Iker Casillas (177 clean sheets)

Iker Casillas-Real Madrid
Metro

Kiper Legendaris Real Madrid, Iker Casillas, berada pada posisi ketiga dengan catatan 177 clean sheets dari 510 laga dengan presentase 34,7%.

Casillas bermain di Madrid selama 25 tahun sejak akademi sampai kepindahannya ke Porto pada 2015. Bersama Los Blancos dia memenangkan total 19 gelar termasuk 3 gelar Liga Champions. Dia juga memenangkan Zamora Trophy pada musim 2007-08. San Iker juga merupakan kiper utama timnas Spanyol yang membawa La Furia Roja meraih 2 gelar Euro dan 1 gelar Piala Dunia.

Paco Buyo (213 clean sheets)

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak di La Liga
Madridista Real

Berbeda dengan kiper-kiper sebelumnya yang mencatatkan rekor clean sheets di satu klub yang sama di La Liga. Francsisco ‘Paco’ Buyo bermain dua klub Spanyol, Sevilla dan Real Madrid. Sebelum pindah ke Sevilla pada musim 1980-81, dia bermain di Segunda Division bersama Mallorca dan Deportivo La Coruna.

Paco Buyo mencatatkan 213 clean sheets dari 542 penampilan dengan presentase 39,3% dan menempatkan dia pada posisi kedua. Buyo sayangnya tak pernah mendapatkan gelar bersama Sevilla, tapi bersama Madrid, dia memenangkan 12 gelar dan 3 Zamora Trophy.

Andoni Zubizarreta (235 clean sheet)

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak di La Liga
Barcelona

Pada posisi pertama diduduki oleh kiper legendaris Athletic Bilbao dan Barcelona, Andoni Zubizarreta. Dia mencatatkan 235 clean sheets dari 622 penampilan dengan presentase 37.8%.

Zubi bermain selama 17 tahun di La Liga bersama 3 klub, Bilbao, Barcelona, dan Valencia. Dan dia selalu menjadi kiper inti sejak debutnya di usia 20 tahun pada 1981 sampai musim terakhirnya sebelum pensiun di tahun 1998.

Zubi mendapatkan 2 gelar La Liga bersama Bilbao, tetapi masa keemasannya adalah pada saat bersama Johan Cruyff-nya Barcelona dengan meraih 11 gelar termasuk gelar Liga Champions dan Zamora Trophy di musim 1986-87.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More