Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Kiper yang Dikenang karena Kostum Khasnya

Football5Star.com, Indonesia – Pada pentas sepak bola, banyak kiper yang dikenang karena kehebatan, gaya main, dan penyelamatan gemilangnya. Namun, tak sedikit pula yang dikenang karena kehebatan dan kostum khasnya. Tengok saja nama-nama Lev Yashin, Jorge Campos atau Jose Luis Chilavert.

Selain tiga nama itu, ada beberapa penjaga gawang lain yang juga punya dandanan eksentrik dan ikonis. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 kiper yang dikenang karena kostum khasnya yang kamu pasti gak tahu!

1. Lev Yashin (Uni Soviet)

squawka.com

Lev Yashin adalah salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah sepak bola. Hingga saat ini, kiper timnas Uni Soviet tersebut masih tercatat sebagai satu-satunya peraih Ballon d’Or. Kiper-kiper lain macam Iker Casillas, Gianluigi Buffon, dan Manuel Neuer tak mampu menyamai hal itu.

Selain dikenal sebagai kiper tangguh, Yashin juga dikenang karena kostum khasnya. Sepanjang berkarier sebagai pesepak bola, Yashin sangat lekat dengan kostum serbahitam. Pada masanya, hampir semua kiper memang memakai kostum hitam, tapi warna itu paling lekat dengan dia hingga dijuluki “Si Laba-laba Hitam”.

Menurut Valentina Yashina, janda mendiang Yashin, kostum serbahitam memang lekat dengan mantan suaminya itu. “Selama 20 tahun, dia mungkin hanya mengganti kostumnya dua atau tuga kali. Itu ketika bagian lengan sudah rusak, berlubang-lubang. Namun, dia selalu memakai kostum baru yang terlihat sama dengan yang lama,” kata dia kepada The Blizzard sambil meluruskan bahwa sebenarnya warna kostum Yashin adalah biru tua.

2. Jorge Campos (Meksiko)

Twitter @Muldialmag

Berwarna-warni dengan motif ramai dan gombrong. Itulah kostum khas Jorge Campos, kiper timnas Meksiko. Hal itu kian menonjol karena postunya yang pendek sebagai penjaga gawang. Bukan apa-apa, tingginya hanya 170 cm.

Dalam wawancara dengan FourFourTwo pada 2018, Campos menceritakan tentang kostum khasnya itu. Menurut dia, semua kostum yang dipakainya didesain sendiri dengan bantuan seorang rekannya dari Acapulco yang pandai menggambar. Ketika digandeng sebuah brand, dia otomatis bekerja sama dengan desainer dari brand tersebut.

Bukan hanya itu keunikan Jorge Campos. Dia beberapa kali mengenakan nomor kostum 9 yang identik dengan striker. Itu karena dia juga piawai bermain sebagai ujung tombak. “Aku sering bermain sebagai striker. Sejak anak-anak, remaja, hingga jadi pemain tim utama Pumas. Itu karena selama dua tahun penuh aku bermain di posisi tersebut,” urai dia.

3. Jose Luis Chilavert (Paraguay)

futbolretro.es

Berbeda dari Lev Yashin dan Jorge Campos, jersey khas Jose Luis Chilavert tak berkaitan dengan warna. Kostum khasnya adalah sebuah gambar bulldog pada bagian depan jersey-nya. Jersey itu sangat ikonis dan cocok dengan figur Chilavert.

Penjaga gawang asal Paraguay itu baru mengenakan kostum khas bergambar bulldog pada dekade 1990-an. Itu setelah dia digandeng sang pemilik gambar bulldog tersebut, Oscar Tubio. “Ferrari itu merah, Yashin dijuluki Laba-laba Hitam … Jadi, Jose Luis Chilavert harus jadi wajah baru bulldog,” kata Tubio seperti dikisahkan kepada Infobae.

Chilavert bukanlah orang pertama yang mengenakan gambar bulldog milik Tubio. Pada dekade 1970-an, gambar itu identik dengan petinju Carlos Monzon. Menurut Tubio, efek gambar bulldog di kostum Chilavert lumayan besar. Seorang pemain mengaku ciut saat hendak menendang bola setelah melihat gambar itu.

4. Fabien Barthez (Prancis)

Getty Images

Bukan gambar ataupun warna yang menjadi ciri khas kostum kiper milik Fabien Barthez. Kostum khasnya adalah lengan pendek. Bahkan, sering kali dia menggunting jersey berlengan panjang yang biasa disediakan perusahaan apparel tim yang dibelanya.

Meskipun tak alergi dengan kostum lengan panjang, Barthez sepertinya lebih nyaman mengenakan jersey lengan pendek. Hal itu sudah diperlihatkan pada awal-awal kemunculannya bersama Olympique Marseille. Mula-mula, dia menggulung atau menarik lengan kostumnya hingga ke siku.

Di samping senang memakai kostum berlengan pendek, Barthez juga sangat fanatik dengan nomor kostum 16. Di timnas Prancis, dialah yang mula-mula mengenakan nomor tersebut. Hingga sekarang, nomor tersebut jadi jatah kiper, baik di Les Bleus maupun klub-klub Prancis.

5. Gabor Kiraly (Hungaria)

vgc.no

Gabor Kiraly memang bukan siapa-siapa jika dibandingkan dengan para kiper hebat dunia macam Iker Casillas dan Gianluigi Buffon. Namun, penjaga gawang asal Hungaria itu punya ciri khas tersendiri. Dia sangat senang tampil dengan celana training panjang.

Tak ada alasan khusus yang membuat Kiraly lebih senang mengenakan celana training panjang. Dia mengatakan hanya lebih nyaman saja. Soal kebiasannya itu, dia punya cerita menarik saat bergabung dengan Crystal Palace di Liga Inggris.

“Ketika datang untuk kali pertama ke Inggris, aku diberitahu kiper tak dapat mengenakan celana training. Ada tradisi dan memang cuaca di Inggris memungkinkan kiper bermain sepanjang tahun dengan celana pendek. Saya coba menjelaskan alasan saya. Toh, akhirnya saya setuju memakai celana pendek. Namun, setelah dua pertandingan, saya kembali mengenakan celana training panjang,” kisah dia kepada FYP Fanzin.

fabien barthezGabor KiralyJorge CamposJose Luis ChilavertKamu Pasti Gak Tahu!Lev Yashin