Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub Sepak Bola dengan Sponsor Kontroversial

Football5star.com, Indonesia – Polemik sponsor situs judi klub peserta Liga 1 2020, Tira Persikabo belum berakhir. Pihak PSSI menyebut tidak ada regulasi soal hal tersebut. Pernyataan senada juga diungkapkan pihak Tira Persikabo.

Sementara pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) lewat surat bernomor 103/LIB/II/2020 yang ditandatangani Direktur Utama LIB, Cucu Somantri tidak memberikan izin kerja sama komersil dengan perusahaan rokok dan situs judi, dan minuman beralkohol.

LIB bersandar pada Pasal 27 Aysat 2 UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan juga PP no 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif dan produk tembakau bagi kesehatan.

Terlepas dari pro kontra tersebut, di sejumlah negara lain, banyak klub sepak bola yang juga sempat menggandeng kerja sama sponsor dan kemudian menimbulkan pro kontra.

Kamu pasti gak tahu, klub-klub sepak bola di dunia yang juga menggandeng perusahaan dan menimbulkan kontroversial. Berikut ulasannya:

Lyon dan FC Pollestre

Klub dari Liga Yunani, Voukefalas pada 2012 seperti dikutip dari fourfourtwo.com sempat buat geger, pasalnya klub tersebut menjalin kerjasama dengan rumah bordil terbesar di Yunani, Soula. Sempat mendapat kritik dari dalam negeri, Presiden Voukefalas tak bergeming dan mengatakan bahwa kerjasama itu ialah murni alasan ekonomi.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub Sepak Bola dengan Sponsor Kontroversial
kiwi.com

Tidak hanya Voukefalas, klub asal Prancis, FC Pollestre juga sempat menjalin kerja sama dengan rumah bordil. Salah satu rumah bordil bernama Club Paradise yang memang sangat terkenal di negeri asal menara eiffel itu menjadi sponsor utama tim wanita FC Pollestre.

Yang juga menarik, klub raksasa Ligue 1, Lyon juga sempat disponsori oleh rumah bordil bernama Le69 pada 1991. Sontak saja hal ini membuat sejumlah pihak di Prancis menyampaikan kritik pedas.

Bedale AFC

Nama klub, Bedale AFC sangat asing di telinga pencinta liga Inggris, wajar saja memang pasalnya klub ini hanya sebuah klub amatir. Pada 2016, nama klub ini sempat jadi viral.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub Sepak Bola dengan Sponsor Kontroversial
thesun

Namun kepopuleran klub ini bukan karena prestasinya namun karena jersey baru yang mereka gunakan. Jersey baru tim ini bahkan jadi bahan cemooh banyak netizen di dunia maya.

Penyebabnya jersey baru ini seperti satu kantong plastik sosis. Mendapat sponsor dari salah satu perusahaan sosis, klub ini lantas ‘menaburkan’ banyak sosis di jersey mereka. Bertambah lucu karena warna kebanggaan klub ini ialah pink.

Asociacion Deportiva Centenario (ADC)

Klub kasta kelima Liga Argentina sempat jadi geger karena masalah sponsor. Bukan karena latar belakang si sponsor namun jumlah sponsor untuk klub tersebut. Dikutip dari reuters, klub Asociacion Deportiva Centenario (ADC) memiliki 50 sponsor di jersey mereka.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub Sepak Bola dengan Sponsor Kontroversial2
rpp.pe

Parahnya hal itu dilakukan manajemen ADC karena terlilit masalah finansial. Akibatnya banyak perusahaan yang menjadi sponsor ini meski dalam klausul kontrak sebatas barter barang bukan uang.

Petaling Jaya City

Klub yang berbasis di Malaysia, Petaling Jaya City pada 2019 merilis jersey terbaru mereka. Sayangnya hal ini malah menimbulkan kontroversi di sosial media. Hal ini dikarenakan warna jersey dan desain yang sangat mirip dengan jersey klub raksasa Liga Inggris, Manchester City.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Klub Sepak Bola dengan Sponsor Kontroversial
qigroup.com

Selan itu, klub ini menjalin kerja sama dengan perusahaan multi level marketing berbasis di Filipina, Q-Net. Di tahun yang sama, perusahaan ini di Indonesia dianggap sebagai perusahaan tipu-tipu.

Dikutip dari laporan Kompas, direktur Q-Net, Mohammad Karyadi ditangkap oleh Kepolisian Resor Lumajang dengan tuduhan penipuan.