Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Manga Sepak Bola Selain Captain Tsubasa

Football5Star.com, Indonesia – Jika anda ditanya soal manga sepak bola paling populer, hampir dipastikan jawabannya adalah Captain Tsubasa. Manga karya Yoichi Takahashi itu memang menjadi salah satu manga fenomenal yang bahkan menjadi inspirasi beberapa pemain top dunia.

Selain Tsubasa, masyarakat Indonesia juga mungkin mengenal beberapa manga sepak bola jadul seperti, Shoot!, Fantasista, Offside, Ganbare Kickers! dan Whistle! Semuan manga itu mulai dibuat pada era 90-an.

Tapi selain itu, masih banyak manga sepak bola baru yang juga sama serunya. Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya.

Days

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Manga Sepak Bola Selain Captain Tsubasa
Kodansha Comics

Manga ini dibuat oleh Yasuda Tsuyoshi sejak 2013 dan masih berlanjut sampai saat ini. Days sudah dibuat adaptasi anime pada 2016. Days juga memenangkan penghargaan Kodansha Manga Awards pada 2016.

Days bercerita tentang seorang anak SMA bernama Tsukushi Tsukamoto yang merupakan anak biasa saja, tak punya talenta apa-apa, ceroboh, dan sering dibully oleh teman-temannya. Suatu hari dia bertemu Jin Kazama, seorang pemain sepak bola hebat di SMA-nya. Setelah melihat keahlian Jin, Tsukushi berniat untuk menjadi pesepak bola hebat.

1/11: Juuichi Bun no Ichi

Manga karya Takatoshi Nakamura ini diciptakan pada 2010 dan berakhir pada 2014 dengan 37 chapters. 1/11 juga sudah diadaptasi kedalam Film Live Action pada 2014.

1/11 bercerita tentang Sora Andou, seorang mantan pemain sepak bola yang menyerah untuk bermain karena selalu kalah. Suatu hari dia bertemu dengan Shiki Wakayama, pemain timnas wanita Jepang. Hal itu yang membuat dirinya kembali ingin bermain sepak bola.

Giant Killing

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Manga Sepak Bola Selain Captain Tsubasa
Fandom

Manga karya Masaya Tsunamoto ini diciptakan pada 2007 dan masih berlanjut sampai saat ini. Giant Killing juga sudah mendapatkan adaptasi anime pada 2010.

Giant Killing menceritakan sebuah klub bernama East Tokyo United yang tengah kesulitan menjalani kompetisi. Mereka lalu merekrut pelatih bernama Takeshi Tatsumi, yang notabene mantan kapten klub tersebut. Saat menjadi pemain, Takeshi meninggalkan klubnya dan pindah ke Inggris. Hal itu membuat performa klubnya menurun.

Giant Killing ini menceritakan perjalanan Takeshi memimpin klubnya kembali ke jalur kemenangan dan mendapatkan kembali kepercayaan para fans yang masih kesal atas perlakuannya saat menjadi pemain.

Tokyo Wonder Boys

Manga karya Kento Shimoyama ini dibuat pada 2014. Manga ini cocok bagi anda yang agak malas membaca manga dengan cerita panjang. Karena Tokyo Wonder Boys hanya berisi 10 chapters saja.

Tokyo Wonder Boys bercerita tentang Kyuji Hinomoto yang merupakan pemain SMA terbaik di Jepang. Kyuji berniat untuk pergi ke Eropa untuk menjadi pemain yang lebih baik. Tapi dia bertemu dengan Nanjo Ichimaru, pemain hebat lainnya yang ternyata memiliki kesamaan soal pemain favoritnya.

Keduanya akhirnya memutuskan untuk bermain bersama dan bergabung SA Nishigaoka, tim terlemah di J-League. Tugas kedua orang itu adalah membawa tim lemah itu menjadi Juara.

Blue Lock

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Manga Sepak Bola Selain Captain Tsubasa
Fandom

Manga karya Yuusuke Nomura dibuat pada 2018 dan masih berlanjut sampai saat ini. Blue Lock memiliki latar belakang kisah nyata setelah Jepang tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Kegagalan Jepang di Piala Dunia 2018 membuat badan sepak bola Jepang membuat program untuk anak SMA berbakat yang disiapkan menjadi penyerang di Piala Dunia 2022. Pelatihnya bernama Ego Jinpachi, dia memperkenalkan sistem latihan ‘gila’ yang akan mengisolasi 300 penyerang muda di sebuah institusi seperti penjara bernama Blue Lock. Jinpachi berniat untuk menciptakan “penyerang egois terbaik di dunia,”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More