Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Asing Eropa Paling Fenomenal di Liga 1

Football5Star.com – Katanya, pemain asal Eropa akan sulit beradaptasi di Indonesia karena cuaca hingga kultur sepak bola berbeda. Tapi, nyatanya 5 pemain asing Eropa di bawah ini terbilang fenomenal sejak era Liga 1 digulirkan.

Kebiasaan klub-klub dalam mengontrak pemain asing, kini mulai memiliki banyak opsi. Dari awalnya hanya berasal dari Afrika, dan Brasil, kini mulai membidik benua Eropa.

Musim ini, total ada 17 pemain yang berasal dari negara-negara Eropa. Beberapa di antaranya bahkan sudah mencuri perhatian meski musim ini jadi debutnya di Indonesia.

Nah, para pendatang baru itu harus berkaca dengan 5 pemain asing Eropa di bawah ini. Karena, mereka terbilang fenomenal sepanjang era Liga 1.

Siapa saja? Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya”

Sylvano Comvalius

Sudah jelas, bicara pemain Eropa tersukses nama Sylvano Comvalius selalu ada. Sebab, pada musim 2017 pemain asal Belanda itu masuk buku rekor sepak bola Indonesia dengan memecahkan gol terbanyak dengan 35 gol untuk Bali United.

Sylvano Comvalius - Bali United - Arema FC - Fox Sports
Fox Sports

Sayangnya, Comvalius memilih cabut ke Thailand musim berikutnya dan kembali ke Indonesia tahun lalu. Sejak kembali lagi, penyerang asal Belanda itu seperti kehilangan sentuhan terbaiknya.

Marko Simic

Marko Simic terbilang menjadi salah satu perekrutan terbaik Persija dalam satu dekade terakhir. Bukan tanpa sebab, sejak mengenakan pertama kali seragam Persija 2018 lalu, Simic sangat haus gol.

Perang Bintang di Setiap Lini Bhayangkara FC vs Persija

Puncaknya, kala Simic menjadi top skorer musim lalu dengan 28 golnya. Tahun ini saja, Simic sudah mencetak total 8 gol untuk Macan Kemayoran terhitung sejak Piala Gubernur Jatim.

Aleksandar Rakic

Rakic langsung fenomenal saat datang untuk PS Tira (Sekarang Tira-Persikabo) 2018 silam. Pada musim perdananya, penyerang asal Serbia itu sukses menjadi top skorer dengan 21 gol.

Aleksandar Rakic isyaratkan tetap berkiprah di Indonesia.

Penampilan apiknya membuat Madura United kesengsem. Tapi sayang, Rakic gagal mereplikasi penampilannya lantaran hanya mampu mengemas total 12 gol. Dia akhirnya tak diperpanjang MU dan hijrah ke Barito Putera. Kini di Barito dia jua belum mampu menorehkan satu golpun dalam tiga pekan awal.

Paulo Sergio

Paulo Sergio menjadi satu-satunya pemain Eropa yang mampu menjuarai Liga 1 dengan dua klub berbeda. Pada 2017, pemain asal Portugal itu mampu membawa Bhayangkara FC juara, pun pada 2018 saat menjadi kampiun bersama Bali United.

Kamu Pasti Gak Tahu, 5 Pemain Asing Eropa Paling Fenomenal di Liga 1

Transfermarkt mencatat, total Paulo Sergio telah mencetak 21 gol dan 33 assist di kompetisi resmi. Rinciannya 19 gol dan 13 assist buat Bhayangkara FC, serta 2 gol plus 20 assist bersama Bali United.

Wiljan Pluim

Datang ke PSM sejak era ISC, Wiljan Pluim langsung memberikan sihirnya di Indonesia. Puncaknya, saat Pluim sukses membawa Juku Eja menjadi jawara Piala Indonesia 2019. Dia jua dua kali masuk best XI, yakni 2017 dan 2018.

Kamu Pasti Gak Tahu, 5 Pemain Asing Eropa Paling Fenomenal di Liga 1

Hanya pemain 31 tahun itu satu-satunya yang tersisa dari legiun asing yang dikontrak PSM 2016. Dicatat Transfermarkt, Pluim sudah menjalani 99 laga dengan mencetak 25 gol serta 33 assist buat PSM.