Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb

Football5Star.com, Indonesia – Dinamo Zagreb merupakan klub terbesar dan tersukses di Kroasia. Dalam 14 tahun terakhir, mereka hanya gagal menjuarai Liga Kroasia satu kali. Total mereka sudah menjuarai Liga Kroasia sebanyak 20 kali.

Tetapi di kancah Eropa mereka tidak bisa bicara banyak. Satu-satunya gelar Eropa yang mereka dapatkan adalah Inter-Cities Fairs Cup pada musim 1966-67. Tetapi itu adalah gelar Eropa satu-satunya tim Yugoslavia sebelum Red Star Belgrade juara Liga Champions di tahun 1991, satu tahun sebelum Yugoslavia pecah.

Tapi walaupun begitu, Akademi Dinamo Zagreb merupakan salah satu yang terbaik di Eropa, banyak pemain-pemain besar yang merupakan jebolan dari akademi itu. Berikut Football5star.com sajikan daftarnya.

Zvonimir Boban

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb
twitter

Zvonimir Boban bermain di akademi Dinamo pada tahun 1983-85. Dia berhasil masuk ke tim senior Dinamo pada usia 16 tahun, dan sudah menjadi kapten pada usia 19 tahun. Salah satu kejadian yang paling diingat pada saat Boban menggenakan seragam Dinamo adalah pada saat dia menendang polisi di kerusuhan laga Dinamo vs Red Star di tahun 1990.

Boban meninggalkan Dinamo pada tahun 1991 dan pergi ke AC Milan. Bersama Rossonerri dia membawa 9 gelar major termasuk gelar Liga Champions di tahun 1994. Dia juga merupakan bagian dari generasi emas Kroasia yang membawa Kroasia meraih juara ketiga pada Piala Dunia 1998.

Dario Simic

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb
worldfootball.net

Dario Simic bergabung ke akademi Dinamo pada saat usia 12 tahun di tahun 1987, dan berhasil masuk tim utama pada usia 16 di tahun 1992. Dia bermain bersama Dinamo sampai tahun 1999 sebelum bergabung ke Inter.

Bersama Dinamo dia meraih 5 gelar liga Kroasia dan 4 Kroasia cup. Puncak karirnya adalah saat bersama AC Milan ketika dia memenangkan gelar Liga Champions di tahun 2007.

Simic sempat kembali ke Dinamo pada tahun 2010. Tetapi dia hanya bermain selama tiga bulan sebelum memutuskan pensiun. Walaupun begitu dia bermain pada saat laga Supercup Kroasia melawan Hadjuk Split dan memenangkan laga itu dengan skor 1-0.

Luka Modric

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb
Bleacher Report

Luka Modric bisa dibilang merupakan pemain jebolan akademi Dinamo Zagreb yang paling sukses. Wajar saja, dia berhasil memenangkan 4 gelar Liga Champions bersama Real Madrid dan memimpin negaranya menjadi runner-up Piala Dunia 2018. Dia juga menjadi pemain Balkan pertama yang memenangkan Ballon d’or.

Modric masuk akademi Dinamo pada saat berusia 16 tahun setelah pindah dari klub kampung halamannya NK Zadar pada tahun 2000. Dia sempat dipinjam terlebih dahulu dua musim 2003-2005 sebelum masuk ke tim utama Dinamo.

Mateo Kovacic

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb
Sports Mole

Mateo Kovacic sebenarnya merupakan pemain kelahiran Linz, Austria. Tetapi orang tuanya adalah orang Bosnia-Croatia. Dia bermain di akademi LASK Linz saat masih belia sebelum pindah ke Akademi Dinamo Zagreb pada saat berusia 13 pada tahun 2007. Dia berhasil masuk tim utama pada saat usia 16 tahun. Dia juga mencetak gol pada debutnya dan menjadikan dia pencetak gol termuda dalam sejarah liga Kroasia dengan usia 16 tahun 198 hari.

Kovacic pindah ke Inter pada tahun 2012 lalu dibeli Real Madrid pada tahun 2015. Saat ini dia bermain bersama raksasa London, Chelsea. Selama karirnya, Kovacic sudah mendapat 15 gelar termasuk 3 gelar Liga Champions bersama Real Madrid dan 1 gelar Liga Europa bersama Chelsea.

Marko Simic

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Merupakan Jebolan Akademi Dinamo Zagreb
@markosimic_77

Penyerang Persija, Marko Simic, juga merupakan jebolan akademi Dinamo Zagreb. Simic bermain disana pada tahun 2003-2007. Tapi sayang karir Simic tidaklah mulus. Dia sering kali berpindah-pindah negara satu musim sekali, dia bahkan sempat memperkuat klub Serie C, Pordenone, sebelum bergabung bersama klub raksasa Vietnam, Becamex Bing Duong.

Simic baru menemukan performa terbaiknya bersama Persija Jakarta Liga 1 2018. Dia membawa Macan Kemayoran meraih gelar juara Liga Indonesia untuk pertama kalinya sejak 2001. Pada musim berikutnya, dia berhasil menjadi top skor Liga 1 dengan torehan 28 gol.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More