Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Bintang Dunia Ini Pernah Main di J-League Era 1990-an

Football5Star.com, Indonesia – Liga Jepang atau J-League saat ini sedang mengalami peningkatan bukan hanya dari segi prestasi tetapi juga dari segi popularitas. Klub asal Jepang berhasil masuk ke final Liga Champions Asia selama tiga musim beruntun dengan dua diantarnya menjadi juara. Mereka juga mendatangkan pemain-pemain top seperti Andres Iniesta, Fernando Torres, dll.

Tapi jauh sebelum itu, mereka sudah mendatangkan banyak sekali pemain-pemain asing pada tahun 90-an. Hal ini adalah bagian dari upaya Jepang memperkenalkan sepak bola ke masyarakatnya, sekaligus melahirkan liga sepak bola profesional bernama J-League.

Nah ini adalah daftar beberapa pemain yang klub-klub J-League datangkan pada saat itu.

Gary Lineker

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Bermain di J-League Era 90-an
flicker

Gary Lineker bisa dibilang merupakan pemain superstar Eropa pertama yang didatangkan ke Jepang. Setelah berhasil memenangkan Copa del Rey dan Piala Winners bersama Barcelona, dan FA Cup bersama Tottenham. Lineker pergi ke Nagoya Grampus pada musim pertama J-League ditahun 1993.

Bersama Nagoya, pemain timnas Inggris itu mencetak 8 gol dari 24 pertandingan selama dua musim.

Zico

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Bermain di J-League Era 90-an
Goal

Sebelum Lineker datang, Zico lebih dahulu datang ke Jepang pada tahun 1991. Pemain yang dijuluki Pele Putih itu bermain bersama Sumitomo Metal pada musim 1991-92 sebelum klub itu berganti nama menjadi Kashima Antlers pada saat J-League dilahirkan pada 1993.

Zico mencetak 45 gol dari 65 pertandingan selama 4 musim bersama Kashima. Bukan hanya berhenti disitu, Zico bahkan melatih Kashima pada tahun 1999 dan timnas Jepang pada 2002-2006.

Carlos Dunga

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Bermain di J-League Era 90-an
pinterest

Selain Zico, pemain top Brasil yang meneruskan karirnya di Jepang adalah kapten timnas Brasil, Carlos Dunga. Satu tahun setelah dia memenangkan piala dunia bersama negaranya di tahun 1994, dia datang ke J-League untuk bermain bersama Jubilo Iwata.

Dunga sangat sukses bersama Iwata. Dia bermain selama 4 musim dan memberikan gelar juara bagi timnya pada tahun ketiganya, tepatnya 1997. Dia juga bahkan menjadi pemain terbaik J-League pada musim itu.

Michael Laudrup

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Bermain di J-League Era 90-an 2
pinterest

Jauh sebelum Vissel Kobe membeli pemain Barcelona seperti, Iniesta, Thomas Vermaelen, dan Sergi Samper. Kobe sudah pernah mendatangkan mantan pemain Barcelona, yaitu Michael Laudrup. Peraih 5 gelar La Liga berturut-turut itu bermain di Kobe pada tahun 1996-1997.

Tetapi pada musim pertamanya, Laudrup bermain di divisi kedua bersama timnya. Lalu dia langsung berhasil membawa Kobe promosi ke J-League pada saat itu. Total dia mencatatkan 24 pertandingan dan mencetak 8 gol bersama Vissel Kobe.

Hristo Stoichkov

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Bermain di J-League Era 90-an
Soccer Laduma

Satu lagi mantan pemain Barcelona yang bermain di J-League adalah Hristo Stoichkov. Peraih Ballon d’or 1994 itu bermain bersama Kashiwa Reysol pada tahun 1998-1999.

Setelah meraih 13 gelar bersama Blaugrana termasuk European Cup. Dia pindah ke klub Saudi Arabia, Al Nassr hanya untuk bermain selama dua pertandingan sebelum pergi ke Jepang. Bersama Kashiwa, dia mencetak 13 gol dari 29 pertandingan selama dua musim.