Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan

Football5Star.com, Indonesia – Abdelhak Nouri, pemain Ajax yang kolaps pada pertandingan persahabatan 2017 lalu kini diberitakan sudah terbangun dari komanya. Selain Nouri, banyak sekali pemain-pemain yang pernah mengalami kolaps atau pingsan dilapangan. Entah karena serangan jantung atau cedera kepala.

Beberapa pemain sangat beruntung masih bisa bermain lagi, beberapa lainnya tidak beruntung karena tidak bisa bermain, atau yang lebih fatalnya bisa menyebabkan kematian. Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya.

John Terry

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan
Daily Mail

Pada Final Piala Liga tahun 2007 yang mempertemukan antara Arsenal vs Chelsea. Kapten Chelsea John Terry harus ditarik keluar pada menit ke-63. Pada saat mencoba menyundul bola, kepala Terry tertendang oleh Abou Diaby sebelum kepalanya kembali terbentur ke tanah. Terry langsung tidak sadarkan diri. Pemain yang sekarang menjadi asisten Aston Villa itu mengungkapkan dia tidak mengingat apa-apa soal kejadian itu.

“Saya tidak ingat apa-apa, yang terakhir saya ingat hanya masuk ke lapangan pada babak kedua dan bangun-bangun sudah di ambulan.” Ucap Terry.

Tetapi Terry langsung berbahagia setelah kejadian itu karena timnya berhasil memenangkan laga dan menjuarai Piala Liga berkat dua gol dari Didier Drogba.

Didier Drogba

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan
emirates247

Selain Terry, pemain Chelsea lainnya yang pernah kolaps di lapangan adalah Didier Drogba. Kejadian ini terjadi pada laga kandang Premier League Chelsea vs Norwich. Kiper Norwich, John Ruddy, tak sengaja meninju kepala Drogba pada saat duel udara. Pemain asal Pantai Gading itu bahkan sudang pingsan di udara sebelum jatuh ke tanah. Drogba sendiri berkata bahwa itu adalah pengalaman yang menakutkan.

“Saya sangat takut, saya tidak ingat apa-apa setelah Norwich menyamakan kedudukan sampai dilarikan ke rumah sakit. Saya pernah cedera sebelumnya, tetap ini yang paling buruh.” Ucap Drogba.

Pertandingan itu berakhir 3-1 untuk kemenangan Chelsea.

Fernando Torres

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan
RantSport

Mantan pemain Liverpool, Fernando Torres, kolaps pada saat bermain di Atletico Madrid melawan Deportivo di pertandingan La Liga pada tahun 2017. El Nino berduel udara dengan pemain Super Depor, Alex Bergantinos sebelum kepalanya membentur keras ke tanah. Bek Atletico, Jose Gimenez, bahkan sempat panik dan menangis setelah melihat rekan timnya dirawat di tengah lapangan.

Beruntung hanya beberapa hari, Torres menulis di media sosialnya bahwa dia tidak apa-apa. “Terima kasih telah menghawatirkan saya dan mendukung saya, saya akan kembali secepatnya.” Kicau Torres di Twitter-nya.

Pertandingan itu berakhir sama kuat 1-1.

Oleh Husyev

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan
Business Insider

Kapten Dynamo Kyiv, Oleh Husyev, harus berterima kasih kepada pemain Dnipro, Jaba Kankava, karena telah menyelamatkan nyawanya. Legenda Dynamo Kyiv dan timnas Ukraina itu mengalami benturan dengan kiper Dnipro, Denys Boyko, pada laga big match Liga Ukraina Dnipro vs Dynamo Kyiv tahun 2014.

Setelah mengalami benturan, Husyev tidak sadarkan diri, tetapi Jaba Kankava bereaksi cepat untuk membuka mulut Husyev supaya tidak mengalami toung swallowing atau lidah tertelan. Dan hanya dalam beberapa menit Husyev sadar dan bahkan sempat berdiri sebelum ditandu keluar. Pihak petugas medis dari Kyiv pun mengapresiasi sikap dari Kankava.

Pertandingan itu berakhir 2-0 untuk kemenangan Dnipro.

Fabrice Muamba

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Pernah Kolaps di Lapangan
CNN

Pengalaman dari pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, mungkin salah satu keajaiban dalam dunia sepak bola. Pemain hasil didikan akademi Arsenal itu mengalami serangan jantung pada menit ke-43 perempat final Piala FA Tottenham vs Bolton 2012 lalu. Menurut dokter klub Bolton, jantung Muamba bahkan sempat berhenti selama 78 menit.

Muamba tidak sadarkan diri selama dua hari, lalu jantung dia kembali berdetak normal tanpa bantuan apapun. Dalam dua minggu dia sudah bisa sadar kembali dan hanya butuh satu bulan untuk Muamba keluar dari rumah sakit.

Pertandingan itu berakhir 1-1 karena diberhentikan oleh wasit Howard Webb setelah Muamba dilarikan ke rumah sakit. Pertandingan ulang diadakan 10 hari setelahnya dengan Tottenham menang 3-1 atas Bolton.