Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Ini Tolak Hadiah Penalti

Football5star.com, Indonesia – Rasa-rasanya hampir tidak ada pemain yang menolak ketika wasit memberi hadiah penalti. Tapi anggapan ini tidak berlaku untuk beberapa pemain lain.

Sebuah hal yang lumrah jika semua pemain akan melakukan segala cara agar menarik perhatian wasit. Mulai menjatuhkan diri di lapangan, memprovokasi wasit, semua dilakukan agar mereka mendapat penalti.

Ya, sikap Fair Play yang selalu digaungkan ditiap pertandingan memang mahal harganya. Butuh kesadaran diri dan jiwa kesatria untuk melakukan hal tersebut. Dan sikap itu ternyata dimiliki oleh kelima pemain ini:

  • Aaron Hunt

Kapten Werder Bremen, Aaron Hunt, layak dicap sebagai kapten paling berwibawa di dunia. Bagaimana tidak, ia menolak hadiah penalti yang diberikan wasit pada timnya.

Momen tersebut terjadi Maret 2014 lalu. Pada lanjutan Bundesliga yang mempertemukan Werder Bremen melawan Nuernberg di Stadion Grundig. Saat tim tamu sudah unggul 2-0, wasit memberi hadiah penalti setelah melihat Hunt terjatuh.

Keputusan tersebut lantas membuat para pemain Nuernberg melakukan protes. Adapun Hunt yang sadar akan diving yang dilakukan langsung meminta pada wasit untuk membatalkan penalti itu. Aksi sang kapten lalu mendapat sambutan hangat dari pemain Nuernberg.

  • Robbie Fowler
Football Fancast

Ada satu momen penting yang membuat Robbie Fowler meraih gelar UEFA Fair Play tahun 1997 silam. Dalam sebuah pertandingan bergengsi melawan Arsenal, legenda Liverpool menolak keputusan penalti dari wasit.

Fowler merasa tidak layak mendapatkan penalti itu karena merasa dirinya melakukan diving. Namun, wasit tetap pada pendiriannya. Sang bomber pun tak punya pilihan lain selain melaksanakan tugasnya.

Akan tetapi, ia dengan sengaja tidak menceploskan bola ke gawang. Bola tendangannya melebar jauh dari gawang David Seaman. Ia pun tanpa penyesalan melakukan hal tersebut.

  • Costin Lazar
costin lazar-dailymotion
dailymotion

Nama Costin Lazar mungkin masih asing di telinga kita. Tapi ada satu momen yang harus kita ketahui tentang pemain asal Rumania itu. Ia menolak hadiah penalti karena merasa tidak dilanggar oleh lawan.

Bintang Steaua Bucharest itu memang terjatuh saat timnya menghadapi CFR Cluj. Namun, ia jatuh bukan karena tekel lawan, melainkan kehilangan keseimbangan.

Sadar dengan keputusan keliru wasit, Costin Lazar langsung menghampiri sang pengadil. Butuh waktu lima menit untuknya meyakinkan wasit agar membatalkan penalti tersebut.

  • Lionel Messi
lionel messi vs rayo vallecano
Unilad

Kehebatan Lionel Messi tidak hanya terlihat dari jumlah gol dan trofi pribadinya saja. Tapi juga dari sikapnya di lapangan. Kemenangan 3-1 Barcelona atas Rayo Vallecano dalam lanjutan LaLiga Maret 2019 lalu menyisakan cerita menarik.

Ketika laga memasuki pertengahan babak kedua, pemain berjuluk La Pulga dijatuhkan lawan. Momen ini pun mendapat reaksi keras dari pemain Barcelona yang lain. Mereka berharap wasit memberi hadiah penalti.

Tapi sebelum wasit membuat keputusan, Messi langsung menghampirinya dan menenangkan rekan-rekannya. Secara gagah ia mengakui bahwa kejadian itu tak layak mendapat penalti. Aksinya ini kemudian mendapat sambutan luar biasa dari publik Camp Nou, termasuk pemain-pemain Rayo Vallecano.

  • Willian
willlian-higuain
Daily Mail

Berbeda dari empat cerita di atas, bintang Chelsea, Willian, punya cara sendiri saat diberikan tanggung jawab sebagai eksekutor penalti. Sebagai informasi, ia adalah eksekutor utama penalti The Blues musim lalu.

Pada laga melawan Sheffield Wednesday di Piala FA musim lalu, Chelsea mendapat hadiah penalti. Willian yang tinggal menendang bola justru memberi bola itu pada rekannya, Gonzalo Higuain. Ia ingin sang bomber mencetak gol perdananya untuk The Blues.

Willian dan Higuain pun sempat terlibat percakapan seirus. Namun, akhirnya bomber Argentina menolak tawaran gelandang Brasil. Dan akhirnya Willian sendiri yang maju sebagai eksekutor dan mampu memastikan kemenangan 3-0 Chelsea.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More