Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Jepang yang Berkiprah di Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Liga 1 Indonesia, mempunyai satu kuota pemain asing khusus dari AFC atau Asia. Pemain Jepang, biasanya menjadi salah satu pilihan klub untuk mengisi slot tersebut.

Dari pemain Jepang yang ada, beberapa diantaranya sudah bermain cukup lama di Indonesia. Tapi ada juga yang hanya bermain sebentar. Berikut daftarnya.

Shohei Matsunaga

Goal

Sudah pasti Shohei Matsunaga mungkin pemain Jepang yang paling terkenal di Indonesia. Wajar saja karena dia sudah bermain di Indonesia sejak 2011. Dia merupakan didikan dari klub Jerman Schalke 04.

Dia akhirnya bergabung ke Persib pada tahun 2011. Setelah itu dia sempat bolak balik dan melalang buana ke klub Indonesia lainnya. Seperti Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela, PSMS, dan saat ini PSIS.

Kei Hirose

Goal

Berbeda dengan Matsunaga yang mempunyai karir yang lama di Indonesia. Kei Hirose hanya bermain semusim di Liga 1. Tepatnya musim lalu bersama Persela.

Sebelum ke Persela, dia bermain di Liga Premier Malta bersama dua klub yang berbeda, Lija Athletic dan Mosta. Saat ini dia memperkuat tim Malaysia Johor Darul Ta’zim II.

Kenji Adachihara

@adachi__kenji

Kenji Adachihara sempat menjadi andalan lini depan Bontang FC selama dua tahun (2009-2011). Sebelumnya dia memperkuat tim Albirex Niigata Singapore di Liga Primer Singapura.

Setelah memperkuat Bontang, dia berpindah-pindah klub dari Persiba Balikpapan, Persib dan Persita.

Kunihiro Yamashita

Goal

Fakta unik dari Kunihiro Yamashita adalah selama berkarier di Indonesia, dia sama sekali tidak pernah memperkuat klub asal Pulau Jawa. Yamashita masuk ke Indonesia pada 2017 dan bermain bersama Borneo FC, setelah itu dia pindah ke Perseru Serui yang nantinya berganti nama menjadi Badak Lampung.

Sebelum bermain di Indonesia bermain di Liga Primer Singapura selama 5 tahun dan memperkuat tiga klub, Albirex Niigata (S), Tampines Rovers, dan Hougang United.

Tomoyuki Sakai

Antara

Tomoyuki Sakai mungkin nama paling elit dalam daftar ini. Mengapa? karena dia pernah memperkuat timnas Jepang senior. Bukan hanya itu, dia juga bermain mewakili Jepang U-23 di Olimpiade 2000 bersama Hidetoshi Nakata dan Shunsuke Nakamura. Dia juga memenangkan gelar J1 League bersama Urawa Reds di tahun 2006.

Sakai menjadikan Indonesia sebagai penutup kariernya. Dia bermain bersama Pelita Jaya di tahun 2010-11. Di musim selanjutnya dia bermain di Persiwa dan Persiram, sebelum akhirnya pensiun di Deltras Sidoarjo.

jepangKamu Pasti Gak Tahu!Kei HiroseKenji AdachiharaKunihiro YamashitaLiga 1Shohei MatsunagaTomoyuki Sakai