Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Berkarier di Inggris

Football5star.com, Indonesia – Program Garuda Select sering dianggap sebagai gerbang untuk pemain-pemain Indonesia apabila ingin meniti karier profesional di Inggris. Namun, ada juga sejumlah pemain keturunan Indonesia yang sudah berkarier di Inggris sebelum adanya Program Garuda Select.

PSSI pun kini mulai mencari pemain-pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Inggris untuk memperkuat Timnas Indonesia. Salah satu nama yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat adalah bek muda Ipswich Town, Elkan Baggott.

Selain Elkan Baggott, ada beberapa pemain keturunan Indonesia lain yang sempat berkarier di Inggris. Berikut football5star.com sudah merangkum 5 nama pemain keturunan Indonesia yang sempat berkarier di Inggris.

1. GIOVANNI VAN BRONCKHORST
Garuda Select - Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Berkarier di Inggris - Giovanni van Bronckhorst - Flickr
Flickr

Giovanni van Bronckhorst merupakan salah satu legenda hidup timnas Belanda. Van Bronckhorst memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang bernama Fransien Sapulette. Sapulette sendiri merupakan salah satu warga keturunan Maluku yang menetap di Belanda.

Meskipun menghabiskan hidupnya di Eropa, Van Brockhorst ternyata tetap tak melupakan darah Indonesia dari sang ibu. Pria berusia 45 tahun itu bahkan bisa mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Indonesia.

Dalam kariernya, Van Bronckhorst sempat membela raksasa Inggris, Arsenal pada tahun 2001 hingga 2003. Selama memperkuat The Gunners, Van Bronckhorst suskes mengoleksi 64 penampilan di semua kompetisi.

2. ROBIN VAN PERSIE
Garuda Select - Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Berkarier di Inggris - Robin van Persie
Planet Football

Sama seperti Van Bronckhorst, Robin Van Persie merupakan salah satu legenda timnas Belanda. Total, Van Persie mampu mengoleksi 50 gol dari 102 penampilan untuk De Oranje.

Darah Indonesia Van Persie ia dapatkan sang ibu yang bernama Jose Rose. Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, Jose Rose merupakan anak dari seorang imigran asal Surabaya yang menetap di Belanda.

Di Inggris, Van Persie sukses mendapatkan status sebagai legenda Arsenal dan Manchester United. Bersama kedua klub tersebut, Van Persie sukses mencetak 190 gol dari total 383 penampilan di semua kompetisi.