Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Korea Selatan Terbaik di Liga Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Pemain Korea Selatan menjadi salah satu pilihan favorit klub Indonesia untuk mengisi kuota pemain asing Asia. Musim lalu saja ada 4 pemain asal negeri ginseng tersebut yang berlaga di Liga 1.

Bahkan beberapa pemain Korea Selatan yang klub Indonesia datangkan sudah pernah bermain untuk timnas senior Korea Selatan dan pastinya juga beberapa pernah memperkuat tim raksasa K-League.

Berikut daftar pemain Korea Selatan terbaik yang pernah bermain di Indonesia versi Football5Star.com.

Yoo Jae-hoon

Okezone

Sudah pasti mantan kiper Persipura, Yoo Jae-hoon menjadi pilihan pertama. Dia sudah bermain di Liga Indonesia sejak 2010 sampai musim lalu bersama Barito Putera. Yoo Jae-hoon mungkin bukan hanya menjadi salah satu pemain terbaik Korea yang pernah bermain di Indonesia, dia juga bisa dibilang kiper asing terbaik dalam kancah sepak bola Indonesia.

Yoo Jae-hoon memenangkan dua gelar ISL dan satu gelar Inter Island Cup. Dia juga menjadi kiper terbaik ISL musim 2013. Selain Persipura, dia juga pernah memperkuat Mitra Kukar, Bali United, dan Barito Putera.

Yoo Hyun-koo

Yoo Hyun-koo - Kalteng Putra - PSM Makassar - Piala Presiden
PSSI

Yoo Hyun-koo merupakan salah satu gelandang bertahan asing terbaik Liga Indonesia, sama seperti Yoo Jae-hoon, dia datang ke Indonesia pada tahun 2010. Bedanya adalah Yoo Hyun-koo pernah bermain di klub elit K-League, Pohang Steelers dan Jeju United. Dia saat ini bermain untuk klub lamanya Semen Padang di Liga 2.

Dia datang ke Semen Padang disaat sepak bola Indonesia sedang diwarnai kisruh dualisme. Dia merupakan bagian dari skuat Kabau Sirah yang menjuarai Liga Primer Indonesia 2012. Yoo Hyun Koo pindah ke Sriwijaya pada 2015 dan Kalteng Putra 2019 sebelum akhirnya kembali ke Semen Padang musim ini.

Hook Soon-hak

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Korea Selatan Terbaik di Liga Indonesia
Goal

Berbeda dengan karier kedua pemain sebelumnya, Hook Soon-hak hanya bermain di Indonesia selama dua tahun (2016-17). Tapi karier dia sebelum di Indonesia bisa dibilang salah satu yang terbaik dari karier pemain Korsel yang pernah bermain di Indonesia lainnya. Dia mendapatkan 5 caps dan 1 gol bersama timnas Korea Selatan.

Dia juga menjadi bagian penting Suwon Bluewings saat menjadi juara K-League dan Piala Liga Korea di tahun 2008, dan FA Cup Korean di 2009. Dia bergabung bersama Persija pada saat Indonesia sedang disangsi FIFA dan mendapatkan 27 penampilan di Indonesia Soccer Championship A pada 2016. Pada saat Liga 1 mulai bergulir tahun depannya, dia bermain 20 kali untuk PS TNI dan mencetak 3 gol.

Park Jung-hwan

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Korea Selatan Terbaik di Liga Indonesia
Antara

Penyerang kelahiran Seoul ini pertama kali menapakan kaki di Indonesia pada 2009 di Persiba Balikpapan. Dia membawa Persiba secara luar biasa finis di peringkat ketiga ISL 2009-10. Dia kemudian dipinjamkan 6 bulan ke PSM Makasar pada musim berikutnya sebelum pindah ke Sriwijaya.

Dia menjadi starter ketika Sriwijaya menjadi juara Community Shield Indonesia pada September 2010 dengan mengalahkan Arema dengan skor 3-1.

Lim Jun-sik

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Korea Selatan Terbaik di Liga Indonesia
plg-ekspres

Gelandang bertahan, Lim Jun-sik datang ke Indonesia pada tahun 2010 dan bermain di Indonesia sampai 2016. Dia berhasil menjadi juara ISL dua musim beruntun dengan dua klub yang berbeda. Sriwijaya pada musim 2011-12 dan Persipura pada musim 2013.

Dia memutuskan pensiun pada 2017. Barito Putera menjadi klub terakhir yang dia bela pada 2016.