Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Naturalisasi Indonesia yang “Menghilang”

Football5Star.com – Indonesia belakangan gencar melaksanakan program naturalisasi. Tapi nyatanya tak sedikit dari pemain hasil program itu bisa dikatakan gagal total.

Naturalisasi di Indonesia memang awalnya dilakukan demi mengejar prestasi tim nasional. Tetapi, belakangan naturalisai dijadikan cara mengakali pemain agar tetap bisa berkarier di Indonesia dengan status pemain lokal.

Bahkan saat ini beberapa pemain naturalisasi seperti menghilang dari peredaran. Siapa saja? Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya:

Tonnie Cusell

Cussel merupakan salah satu program naturalisasi Indonesia pada 2011 lalu. Dia membela Indonesia pada Piala AFF 2012 silam. Cussel sempat main di Barito Putera sampai 2014 tapi setelah itu tak tahu lagi nasibnya.

Tonnie Cusell

Tercatat, terakhir kali Cussel bermain untuk beberapa tim amatir di Belanda. Mulai dari Nieuw Utrecht, hingga Ajax Zaterdag yang main di divisi lima Belanda.

Jhonny van Beukering

Begitu pula dengan Jhonny van Beukering. Nasibnya lebih nahas. Dia hanya bermain dua kali bersama Pelita Jaya, setelah itu pulang ke Belanda dengan membela Dordrecht, Presikhaaf, dan MASV. Tapi dari tiga klub Belanda itu, dia cuma main tak sampai 10 kali.

Kesan Eks Pelatih PSM Saat Latih Jhon van Beukering

Dia akhirnya memilih untuk pensiun sebagai pemain. Kini, Jhonnu disebut-sebut jadi pelatih tim amatir Belanda, SC Veluwezoom U-13.

Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran jua jadi salah satu pemain yang dinaturalisasi pada 2011 silam. Diharapkan jadi tumpuan di Timnas U-23 jelang SEA Games 2011, dia nyatanya gagal menembus seleksi.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Naturalisasi Indonesia yang "Menghilang"
Antara

Dalam kariernya, dia pernah memperkuat Pelita Jaya dan Barito Putera. Tapi sayangnya, kedua pemain naturalisasi itu gagal total. Belakangan disebut-sebut dia sempat main divisi terbawah Liga Jerman, SV Honnepel-Niedermormter.

Mohammadou Al Hadji

Al Hadji menyelesaikan proses naturalisasinya pada Januari 2018 silam. Hal itu sempat menjadi kabar gembira klub-klub ynag bisamenggunakan jasa pemain asal Kamerun itu untuk slot lokal.

Al Hadji (football5star.com)

Tapi sayangnya, semenjak naturalisasi, karier Al Hadji perlahan menurun drastis. Dia sempat membela Sriwijaya FC tapi cuma main tujuh kali. Musim lalu, Al Hadji bergabung dengan PSMS Medan dan sama, cuma tujuh kali mentas. Kini, dia masih menganggur.

Charles Oben Njok Orock

Charles Oben Njok Orock, mungkin nama itu asing di telinga. Tapi, nyatanya dia merupakan pemain hasil naturalisasi Indonesia.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pemain Naturalisasi Indonesia yang "Menghilang"

Orock sempat mengikuti seleksi di berbagai klub, mulai dari Madura FC, Persela Lamogan, hingga PSMS Medan tapi semuanya ditolak. Dia sempat membela Persiba Balikpapan, tapi saat ini belum jelas klub barunya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More