Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho

Football5Star.com, Indonesia – Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik dunia pada eranya, Dia telah memenangkan lebih dari 20 gelar selama karirnya. Banyak pemain hebat yang sangat ingin dilatih oleh dirinya.

The Special One juga sering mendatangkan atau menemukan pemain-pemain hebat selama karirnya. Sebut saja Didier Drogba di Chelsea, Diego Milito di Inter, Raphael Varane di Real Madrid, dan masih banyak lagi.

Tetapi Mourinho juga sering membeli pemain-pemain yang dicap gagal. Apalagi pemain itu didatangkan dengan harga mahal dan ekspektasi yang cukup tinggi. Berikut Football5Star.com sajikan daftarnya.

Radamel Falcao

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho
Metro

Setelah gagal di Manchester United, Mourinho meyakinkan Falcao untuk bergabung ke Chelsea pada musim panas 2015 dalam opsi pinjam. Dia bahkan rela memotong gajinya untuk bisa membuktikan dirinya di Chelsea.

“Saya akan membantu Falcao mencapai level terbaiknya lagi. Ini menyakitkan orang-orang di Inggris berpikir bahwa Falcao yang sebenarnya adalah yang mereka lihat di United,” ucap Jose.

Kenyataannya? Falcao sering kali cedera dan hanya bermain selama 12 laga dan mencetak satu gol saja di semua kompetisi untuk Chelsea.

Nuri Sahin

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho
Bleacher Report

Musim 2010-11 merupakan musim yang luar biasa bagi Borussia Dortmund. Pasukan Jurgen Klopp tersebut yang pada saat itu memiliki mayoritas skuad yang kurang dikenal bisa mengalahkan Bayern Munich dalam perebutan titel Bundesliga. Nuri Sahin merupakan orkestrator atau nyawa lini tengah Dortmund pada saat itu.

Mourinho mendatangkannya dengan harga sekitar 15 juta euro. Sahin dinilai mampun memimpin lini tengah Real Madrid pada saat itu. Tapi kenyataannya, dia gagal masuk ke skuad utama. Pemain asal Turki itu hanya bermain 10 laga dan cuma mencetak 1 gol dan 1 assist selama satu musim sebelum dia dipinjamkan ke Liverpool.

Fred

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho
Bleacher Report

Fred bermain luar biasa di 5 musimnya bersama Shakhtar Donetsk. Dia bermain lebih dari 101 pertandingan dan mempersembahkan 9 trofi major untuk Shakhtar. Karena performanya, Fred dipanggil untuk memperkuat timnas Brasil di Piala Dunia 2018. Sayang dia dicoret sebelum kompetisi dimulai karena cedera.

Fred didatangkan oleh Mourinho dengan harga fantastis 65 juta euro. Dan dia hanya bersama The Special One sampai bulan Desember karna Mou sudah dipecat duluan oleh United.

Tetapi pada saat dipegang Olegunar Solskjaer pun, Fred sama sekali tidak menampilkan performa yang positif. Fred hanya bermain selama 17 laga dan cuma mencetak satu gol saja di musim pertamanya di Premier League

Ricardo Quaresma

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho
Twitter

Quaresma adalah salah satu talenta terhebat Portugal selain Ronaldo dan Nani pada saat dia memperkuat Porto. Karena itulah Mourinho mendatangkannya ke Inter dengan harga 25 juta euro pada tahun 2008.

Di Inter, performa Quaresma kacau balau. Lambat, kurang percaya diri, ceroboh dan kurang disipilin. Dia hanya bermain selama 32 laga dan hanya mencetak satu gol saja dalam dua musimnya di Inter.

Andriy Shevchenko

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pembelian Terburuk Jose Mourinho
The Sun

Mungkin ini adalah pembelian paling buruk dari seorang Jose Mourinho. Dibeli dengan harga fantastis 43 juta euro pada 2006. Pada saat itu Sheva merupakan pemain termahal Liga Inggris. Ekspektasi tinggi bermunculan di Stamford Bridge, mengingat Sheva juga merupakan peraih Ballon d’or 2004.

Pada pertandingan debutnya, Sheva mencetak gol cantik ke gawang Liverpool. Rasa optimistispun bermunculan di Stamford Bridge. Jersey Sheva dengan nomor 7 pun laku di toko. Tetapi performanya jauh menurun setelah itu. Total dia hanya mencetak 22 gol dari 77 laga bersama Chelsea. Dan gagal membawa Chelsea menjuarai Premier League untuk ketiga kalinya secara beruntun.