Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Pesepak Bola yang Alih Profesi

Football5star.com, Indonesia – Salah satu olahraga paling menjanjikan di dunia adalah sepak bola. Untuk para pemainnya, mereka bisa hidup bergelimang uang dan ketenaran. Dan dari sepak bola pula mereka mampu mengepakkan sayap ke ranah lain yang tak ada sangkut pautnya dengan Si Kulit Bundar.

Kendati demikian, uang dan ketenaran sepertinya tidak membuat para pemain merasa puas sepenuhnya. Mereka kerap merasa kekurangan dengan apa yang sudah dicapai selama ini. Dan faktor ini pula yang sepertinya membuat banyak dari mereka mencoba peruntungan di dunia lain.

Koneksi yang luas dan nama besar yang sudah didapat tentu membuat “hijrah” para pemain ini terasa gampang. Baik bagi mereka yang banting stir ketika masih bermain atau pun mereka yang sudah lebih dulu memutuskan gantung sepatu.

Football5star telah merangkum lima pesepak bola yang beralih profesi:

  • Fabian Barthez
ESPN

Fabian Barthez adalah kiper ikonik yang dimiliki Prancis. Kepala botak dan aksi menawan di bawah mistar gawang membuat dirinya mudah ditandai orang-orang. Kendati performanya mengecewakan saat berkostum Manchester United, Barthez selalu mendapat tempat di hati publik Prancis.

Hampir 20 tahun mengabdi di lapangan hijau, Fabian Barthez memutuskan pensiun 2007 lalu saat berkostum Nantes. Setahun berselang ia langsung beralih profesi ke dunia balap mobil. Ia pun menjadi pebalap profesional di turnamen GT Motosport Prancis.

Luar biasa di lapangan hijau, pria yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 juga tampil memukau di arena balap.  Barthez yang tergabung dalam tim Sofrev ASP sukses menjadi juara turnamen tersebut 2013 lalu setelah unggul 21 poin dari para pesaingnya.

  • Tim Wiese
La Sueur

Fabian Barthez bukan satu-satunya kiper yang beralih profesi. Di Jerman, ada mantan penjaga gawang Werder Bremen, Tim Wiese, yang juga banting stir dari karier sebelumnya. Bedanya, Wiese mengabdikan diri sebagai pegulat saat dirinya belum benar-benar pensiun dari sepak bola.

Sebagai informasi, Wiese baru menyatakan pensiun 2017 lalu. Tapi dia sudah mulai naik ring World Wrestling Entertainment (WWE) setahun sebelumnya. Untuk menjadi seorang petarung, sang kiper memang punya modal bagus.

Ia memiliki tubuh besar nan kekar. Berat badannya pun mencapai 130 kg. adapun ketertarikannya pada dunia tarung bebas itu karena dia mendapat tawaran menggiurkan dari legenda WWE, Triple H. Hingga saat ini ia masih menggeluti dunia barunya dan telah menetap di Orlando, Amerika Serikat.

  • Royston Drenthe
daily mail

Lama tidak terdengar kabarnya, nama eks pemain Real Madrid, Royston Drenthe, membawa kabar mengejutkan. Setelah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, ia kini banting stir menjadi rapper.

Drenthe sudah pensiun sejak 2016 lalu di usia yang masih tergolong muda, 29 tahun. Sadar dengan performanya yang makin jauh dari level atas, sepupu Giorginio Wijnaldum ini akhirnya ganti profesi menjadi penyanyi rap. Seperti kebanyakan musisi rap lainnya, ia pun memiliki nama panggung, yaitu Roya2Faces.

Keseriusan jebolan akademi Feyenoord di dunia tarik suara dibuktikan lewat album yang dia bikin 2017 lalu. Ia pun memiliki lagu-lagu andalan seperti Paranoia, Champions, Deadzone, dan Tak Taki.

  • Pablo Osvaldo
Daily Mail

Banyak yang menyayangkan perjalanan karier Pablo Osvaldo. Saat awal kemunculannya, ia dianggap sebagai bintang masa depan Argentina. Bahkan dirinya menjadi rebutan Tim Tango dan timnas Italia.

Pablo Osvaldo akhirnya memilih Italia sebagai negara yang dibela. Dia juga sempat memperkuat klub-klub raksasa seperti Boca Juniors, AS Roma, Juventus, dan juga Inter Milan. Namun, sang bomber mencapai titik jenuh dalam karier sepak bolanya.

Dunia musik menjadi pelipur lara pria yang sepintas mirip aktor Hollywood, Johnny Depp itu. Ia akhirnya membentuk sebuah band Rock and Roll bersama teman-temannya di Argentina bernama Barrio Viejo.

Bersama Barrio Viejo, Osvaldo telah mengeluarkan beberapa lagu. Tapi kini, sang bomber sepertinya sudah jenuh juga dengan karier di dunia entertainment. Ia kembali menekuni dunia sepak bola setelah hampir empat tahun alih profesi. Saat ini pemain 34 tahun memperkuat klub Argentina, Banfield.

  • Vinnie Jones
telegraph

Pesepak bola pertama yang dikenal punya karier mentereng di luar lapangan hijau adalah Vinnie Jones. Tidak memiliki karier mentereng di sepak bola, Jones mencapai kesuksesan luar biasa di dunia seni peran.

Sejak pensiun 1999 silam, ia langsung menjadi aktor. Aktingnya pun dinilai cukup bagus oleh sineas film hollywood. Dan hingga saat ini ia setidaknya sudah membintangi 50 judul film. Sudah banyak pula aktor dan aktris papan atas hollywood yang berduet dengannya.

Kepiawaiannya berakting bahkan membuat banyak orang tak sadar bahwa ia sebelumnya adalah pesepak bola.  Padahal selama bermain ia telah membela tujuh klub berbeda. Satu-satunya klub besar yang ia bela adalah Clesea pada 1991 silam.

Fabian BarthezKamu Pasti Gak Tahu!Pablo OsvaldoRoyston Drenthe