Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Rekor di Balik Gelar ke-20 Bayern Munich di DFB Pokal

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich menjuarai DFB Pokal musim ini setelah menang 4-2 atas Bayer Leverkusen, Minggu (5/7/2020) dini hari WIB. Itu jadi gelar ke-20 yang direbut Die Roten pada ajang ini. Mereka unggul kian jauh dari Werder Bremen yang baru mengoleksi 6 trofi juara.

Kesuksesan Bayern Munich merebut gelar ke-20 pada ajang DFB Pokal juga diwarnai sejumlah rekor. Thomas Mueller, Robert Lewandowski, hingga Hansi Flick menorehkan catatan emas. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan 5 rekor yang mewarnai gelar ke-20 Bayern Munich di DFB Pokal tersebut.

Kemenangan Terbanyak di DFB Pokal

fcbayern.com

Kesuksesan Bayern Munich menekuk Bayer Leverkusen 4-2 pada final musim ini membawa Thomas Mueller mencatatkan rekor apik. Dia kini tercatat sebagai peraih kemenangan terbanyak pada ajang ini di luar adu penalti. Total, dia telah mengemas 48 kemenangan dari 56 laga.

Mueller melewati catatan dua legenda Bayern, Gerd Mueller dan Sepp Maier. Keduanya sama-sama mengoleksi 47 kemenangan pada ajang ini. Seperti Mueller, mereka meraih semua kemenangan itu bersama Bayern.

Selain membukukan kemenangan terbanyak, Mueller juga punya satu catatan lain. Tampil 87 menit saat melawan Leverkusen, dia menyamai Franck Ribery sebagai pemain yang paling sering melakoni final DFB Pokal. Keduanya sama-sama telah tampil dalam 8 final.

Orang Jerman Peraih Double Winners Istimewa

fcbayern.com

Kemenangan atas Bayer Leverkusen pada final DFB Pokal membawa Bayern Munich meraih double winners. Sebelumnya, mereka telah memastikan diri sebagai juara Bundesliga 1. Ini double winners ke-13 bagi Die Roten.

Kesuksesan ini punya makna istimewa bagi Hansi Flick. Dia tercatat sebagai orang Jerman pertama yang meraih gelar ganda sebagai pemain dan pelatih. Sebelumnya, sebagai pemain, dia merasakan kesuksesan yang sama bersama Die Roten pada musim 1985-86.

Meskipun demikian, dia bukanlah orang pertama yang merebut gelar ganda sebagai pemain dan pelatih. Musim lalu, Niko Kovac jadi orang pertama yang melakukan hal itu. Sebelumnya, Kovac adalah bagian skuat Die Roten saat meraih double winners pada 2002-03.

Pencetak Gol Terbanyak di Final DFB Pokal

fcbayern.com

Robert Lewandowski punya andil besar pada kesuksesan Bayern Munich menjuarai DFB Pokal musim ini. Dia membukukan 6 gol sepanjang perjalanan ke podium juara. Dua gol di antaranya dicetak pada final melawan Bayer Leverkusen.

Tambahan dua gol itu membuat Lewandowski kian kokoh di daftar pencetak gol terbanyak final DFB Pokal dengan 8 gol. Dia unggul jauh dari Gerd Mueller dan Uwe Seeler yang hanya mengemas 4 gol masing-masing.

Sepanjang kariernya, Lewandowksi telah melakoni 6 final DFB Pokal dan selalu juara. Dia pun hanya gagal mencetak gol pada dua final, yakni pada 2013-14 dan 2015-16. Pada final pertamanya musim 2011-12, dia mencetak hat-trick. Lalu, pada final 2017-18, 2018-19, dan 2019-20, dia total mengemas 5 gol.

Rangkaian Kemenangan Terpanjang

fcbayern.com

Kesuksesan menekuk Bayer Leverkusen 4-2 pada final DFB Pokal membuat Bayern Munich membukukan 17 kemenangan secara beruntun pada semua ajang. Kali terakhir mereka gagal menang adalah saat imbang 0-0 dengan RB Leipzig pada pentas Bundesliga 1, 9 Februari silam.

Satu hal yang menarik, pemegang rekor sebelumnya adalah Leverkusen, tim yang dikalahkan Bayern di final DFB Pokal. Die Werkself membukukan 16 kemenangan beruntun dari 28 April hingga 1 Oktober 1978. Saat itu, mereka berkiprah di Bundesliga 2 Nord.

Double Winners di Tiga Liga Besar Eropa

Twitter @Thiago6

Ada catatan menarik yang dibukukan Philippe Coutinho berkat kesuksesan Bayern Munich pada final DFB Pokal musim ini. Dia menjadi pemain pertama yang meraih double winners di Italia, Spanyol, dan Jerman. Sebelumnya, dia meraih prestasi itu bersama Inter Milan dan Barcelona.

Coutinho meraih double winners pertama bersama Inter pada 2010-11 dengan menjuarai Serie A dan Coppa Italia. Bahkan, pada musim itu, dia merebut treble winners karena I Nerazzurri juga menjuarai Liga Champions. Adapun double winners kedua diraih pada 2017-18. Musim itu, Coutinho bersama barcelona menjuarai LaLiga dan Copa del Rey.

Bayern MunichBundesliga 1dfb pokalhansi flickLiga JermanPhilippe CoutinhoRobert LewandowskiThomas Mueller