Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Serba-serbi Liga Italia 2019-20

Football5star.com, Indonesia – Gelaran Liga Italia musim 2019-20 resmi berakhir pada Senin (3/8) dinihari WIB. Juventus kembali menjadi tim juara setelah mengakhiri musim di posisi pertama dengan perolehan 83 poin.

Juventus akan mewakili Italia di Liga Champions bersama dengan Inter Milan, Atalanta, dan Lazio. Sementara, tiga tim yang lolos ke Liga Europa musim depan adalah AS Roma, AC Milan, dan Napoli.

Sepanjang gelaran Liga Italia 2019-20, ada beberapa fakta unik yang mungkin luput dari pengamatan para sobat bola. Berikut, football5star.com sudah merangkum daftarnya.

1. KEMENANGAN TERBESAR

Musim ini, Atalanta berhasil memecahkan rekor kemenangan terbesar di Liga Italia. Pencapaian ini mereka dapatkan ketika meraih kemenangan dengan skor 7-0 di markas Torino.

Tak hanya itu, mereka juga berhasil mencetak tujuh gol di dua pertandingan lainnya. Yakni, ketika menand dari Udinese dengan skor 7-1 serta 7-2 dari Lecce.

2. REKOR UNBEATEN TERPANJANG
twitter.com/officialsslazio

Lazio sempat menjadi tim pesaing terberat Juventus di papan atas klasemen. Capaian ini mereka dapatkan berkat rekor unbeaten dalam 21 pertandingan secara beruntun dengan catatan 17 kemenangan dan empat imbang.

Atalanta menjadi tim yang berhasil mengentikan laju Lazio. La Dea sukses mengalahkan Lazio dengan skor 3-2. Kekalahan ini pun menghentikan momentum Lazio dan mereka harus puas finis di posisi empat.

3. CLEAN SHEET TERBANYAK
instagram.com/juanmusso

Kiper Udinese, Juan Musso, berhasil mencetak sejarah dengan catatan clean sheet terbanyak musim ini. Pemain asal Argentina itu sukses mencatat 14 clean sheet. Melebihi Samir Handanovic yang memiliki catatan 13 clean sheet.

Prestasi membanggakan ini sayangnya tak memiliki dampak berarti bagi Udinese. Pasalnya, mereka tak mampu keluar dari papan bawah klasemen Liga Italia dan harus rela finis di peringkat 13.

4. TERBANYAK MENCETAK DAN KEBOBOLAN GOL
twitter.com/atalanta_bc

Atalanta menjadi tim yang paling sering mencetak gol di Liga Italia musim ini. Papu Gomez cs berhasil mencetak 98 gol dari 38 pertandingan dengan catatan 2,57 gol per pertandingan.

Sementara itu, Lecce menjadi tim yang paling sering kebobolan sepanjang musim 2019-20. Mereka kebobolan 85 gol (2,23 gol per pertandingan) dan mengakhiri musim di peringkat 18.

5. PENONTON TERBANYAK
Goal

Partai Inter vs Juventus pada Oktober 2019 menjadi laga dengan catatan penonton terbanyak. Laga tersebut disaksikan oleh 75.923 pasang mata yang hadir di Stadio Giuseppe Meazza.

Sementara, laga paling sepi penonton adalah Atalanta vs Torino pada September 2019. Laga ini hanya disaksikan oleh 8182 penonton di stadion Ennio Tardini.

Kamu Pasti Gak Tahu!Liga Italiaserie a