Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Wabah Penyakit yang Ganggu Dunia Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Dunia dibuat geger karena wabah virus corona. Pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan, Cina, virus corona menyebar hampir di seluruh dunia. Data terakhir menyebutkan ada 3.162 orang meninggal dunia.

Dikutip dari peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by John Hopkins CSSE, hingga Rabu (4/3/2020) pagi, jumlah pasien yang sembuh tercatat sebanyak 48.252 pasien.

Meski begitu kekhawatiran terhadap penyebaran virus ini masih tetap tinggi. Bahkan di arena sepak bola, sejumlah negara seperti Italia misalnya menunda beberapa pertandingan penting di akhir pekan lalu.

Pertandingan Juventus vs Inter Milan dan Juventus vs AC Milan dipastikan tertunda. Sejumlah petinggi federasi sepak bola bahkan tengah berupaya mengambil keputusan untuk menunda pertandingan di musim ini.

Faktanya tidak hanya virus corona yang mengganggu pertandingan sepak bola di musim ini. Kamu pasti gak tahu ada juga wabah penyakit yang sempat mengganggu perhelatan sepak bola. Berikui ulasannya:

Virus Corona

Mewabahnya virus corona di seluruh dunia memunculkan kekhawatiran semua pihak. Kompetisi sepak bola di sejumlah negara seperti Inggris, Italia dan Spanyol terancam keberlangsungannya.

Di Italia misalnya, federasi sepak bola Italia memutuskan untuk menunda sejumlah pertandingan di Serie A Italia. Selain itu, pemain klub Serie C di Liga Italia menjadi pesepak bola pertama yang terkena virus corona.

liga italia-virus corona
Asia Times

Bahkan laporan terbaru menyebutkan bahwa tiga pemain muda Juventus diduga suspect penyakit ini setelah bertanding melawan Pianese.

Di Inggris, rumor untuk menghentikan kompetisi Liga Inggris mencuat. Sejumlah pihak khawatir dengan masifnya penyebaran virus corona di negara ini.

Flu Babi

Pada 2009, kompetisi sepak bola di Meksiko harus terganggu hal ini lantaran merebaknya wabah flu babi di negara tersebut. Akibat mewabahnya virus ini, federasi sepak bola Meksiko mengambil keputusan untuk menggelar pertandingan tanpa penonton.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Wabah Penyakit yang Ganggu Dunia   Sepak Bola
the sun

Dua klub kenamaan Meksiko, Guadalajara dan America, masing-masing akan berhadapan dengan Pumas dan Tecos dalam kompetisi liga Meskiko di tahun itu berlangsung tanpa penonton.

“Keputusan ini diambil karena kepedulian klub-klub terhadap peringatan oleh pejabat kesehatan,” tulis pernyataan federasi sepak bola Meksiko saat itu.

Pemerintah Meksiko sendiri di April 2009 menyebutkan merebaknya flu babi mengakibatkan lebih dari 70 orang meninggal dunia.

Flu burung

Menurut catatan WHO, flu burung pertama kali ditemukan di Italia pada 1878. Namun WHO mencatat infeksi flu burung pada manusia pertama kali ditemukan di Hong Kong pada 1997. Virus H5N1 ini pun menyebar hampir ke seluruh dunia.

Mewabahnya flu burung di periode 2006 hingga 2008 juga mengakibatkan terganggunya dunia sepak bola. Klub Rumania misalnya membatalkan kunjungan ke Turki karena virus ini.

Perhelatan Piala Dunia 2006 juga sempat dirumorkan terganggu karena penyebaran virus ini, meski kemudian FIFA menyebut flu burung tidak akan menganggu perhelatan Piala Dunia 2006.

Bahkan pada Maret 2019, gelandang Napoli, Fabian Ruiz divonis terkena flu burung. Menurut laporan Il Matino, Ruiz mengidap flu burung sehingga tidak bisa ambil bagian di timnas Spanyol.

“Mengecewakan karena saya justru sakit di saat mendapatkan pemanggilan pertama dari timnas Spanyol, tetapi saya tetap optimistis. Terima kasih kepada Luis Enrique dan timnas Spanyol untuk kepercayaannya kepada saya,” kata Ruiz saat itu.

Virus Ebola

Virus Ebola yang menjangkit benua Afrika juga sempat menganggu kompetisi sepak bola di sana. Pada Juli 2014, federasi sepak bola Liberia terpaksa menghentikan kompetisi karena mewabahnya virus Ebola.

Bahkan perhelatan Piala Afrika 2014 juga sempat terganggu. Berdasarkan laporan AP, Federasi Sepak Bola Togo (FTF) meminta Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) untuk membatalkan laga kontra Guinea pada September 2014.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Wabah Penyakit yang Ganggu Dunia2
getty images

Permintaan ini lantaran para pemain dan staf Togo khawatir dengan penyebaran virus Ebola. Kami khawatir dengan situasi yang ada di sana,’ berikut pernyataan FTF.

Tak hanya Togo, bulan lalu Seychelles juga menolak kedatangan skuat timnas Sierra Leone. Seychelles takut para pemain Sierra Leone membawa virus Ebola yang tengah melanda ke negara mereka.

Flu Spanyol

Dikutip dari historia, salah satu wabah penyakit yang sempat mengguncang dunia adalah flu spanyol. Penyakit ini telah membunuh sekitar dua sampai 20 persen penderita yang terinfeksi.

Asal muasal virus ini masih menimbulkan perdebatan. wabah flu spanyol yang berlangsung 1918 bermula di Camp Funston dan Haskell County (Kansas) Amerika Serikat. Flu ini lalu menyebar hampir ke seluruh negara di seluruh dunia.

Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Wabah Penyakit yang Ganggu Dunia  Sepak Bola
thecup.us

Seperti disebutkan dalam laporan thecup.us, penyakit ini sempat mengganggu jalannya kompetisi sepak bola di Amerika Serikat. Dalam laporan berjudul ‘1918/1919 National Challenge Cup Round 1: World War I, Spanish Flu cause chaos for tournament’ virus ini membuat sejumlah tim peserta kompetisi National Challenge Cup memilih untuk mengundurkan diri.

“Setelah Perang Dunia I, turnamen ini juga terganggu karena wabah flu spanyol. Banyak tim yang kekurangan pemain saat pendaftarkan turnamen sudah dibuka,” tulis laporan tersebut.

“Di musuim 1919, tim yang bermain hanya 48 klub setelah tahun sebelumnya diikuti oleh 54 klub. Tim asal Pennsylvania, Betlehem Steel keluar sebagai juara di kompetisi ini.