Kamu Pasti Gak Tahu! Ini 5 Kejadian Tak Terduga di Derbi Manchester

Football5star.com, Indonesia – Derbi Manchester edisi ke-182 di semua kompetisi dihelat, Minggu (8/3/2020) di Stadion Old Trafford. Laga Manchester United vs Manchester City diprediksi akan berjalan alot, pasalnya kedua tim sama-sama tunjukkan perfomance bagus di laga terakhir.

Seperti kebanyakan laga derbi di seluruh dunia, pertemuan kedua tim sudah pasti menghadirkan banyak kejadian dan hal yang tak terduga.

Tentunya selain perang taktik antar kedua pelatih atau adu skill antar kedua pemain. Laga Derbi selalu hadirkan cerita menarik dari tahun ke tahun penyelenggaraannya. Kamu pasti gak tahu, ini 5 kejadian tak terduga derbi Manchester dari tahun ke tahun:

Derbi dengan penerangan pertama

Kedua tim merupakan salah satu tim tua di Liga Inggris. United di awal terbentuk bernama Newton Heath sedangkan City mengusung nama Ardwick. Ardwick jadi tim pertama yang menggunakan nama Manchester.

Pada masa masih bernama lama, kedua tim sudah beberapa kali bertemu. Namun derbi pertama dengan menggunakan penerangan pertama baru bisa terjadi pada Februari 1889 di Belle Vue Athletic Ground.

fourfourtwo

Dikutip dari laporan bbc, Sabtu (7/3) saat itu lampu listrik ditempatkan di pinggir lapangan dan laga disaksikan oleh 10 ribu orang. Pada laga derbi dengan penerangan pertama, Newton Heath meraih kemenangan 3-2 atas Ardwick.

Namun laga ini hanya laga persahabatan yang ditujukan untuk korban tragedi tambang batu baru Hyde. Sedangkan derbi pertama dengan penerangan pertama terjadi di Community Shield 1956.

Skandal keuangan Manchester City

Federasi sepak bola Eropa, UEFA menjatuhkan sanksi kepada Manchester City terkait pelanggaran pajak. Sanksi ini bukan pertama kali diterima oleh City. Pada 1906, klub ini juga mendapat sanksi karena pelanggaran serupa.

Federasi sepak bola Inggris, jatuhkan sanksi karena skandal keuangan manajemen City. Mereka dinyatakan bersalah karena melakukan pembayaran di luar neraca keuangan.

Menariknya empat pemain City pada musim berikutnya malah menyebrang ke United. Mereka adalah Jimmy Bannister, Herbert Burgess, Billy Meredith dan Sandy Turnbull.

Keempatnya membantu United meraih gelar juara Liga Inggris pada 1908. Sandy Turnbull jadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di laga derbi Manchester saat ia berstatus sebagai pemain United.

Tekel horor George Best

Derbi Manchester di era 70-an berlangsung cukup sengit. Saat itu United dibela oleh salah satu legenda mereka, Geogre Best. Pada laga derbi Desember 1970, Best melakukan tekel horor kepada pemain City, Glyn Pardoe.

Dikutip dari laporan bbc, akibat tekel horor dari Best, kaki Pardoe hampir akan diamputasi. Jika melihat dari tayangan ulang, kedua pemain saat itu tengah berusaha berebut bola dari lini tengah.

Kaki Best masuk dengan telak ke kaki Pardoe. Yang menarik, wasit tak melihat insiden tersebut dan tetap melanjutkan permainan di saat Pardoe mengerang kesakitan. Best kemudian hanya dihukum kartu kuning karena insiden mengerikan tersebut.

Lemparan koin suporter City

Setelah City tak kedengaran gaungnya di era 80 dan 90-an. Pertemuan kedua tim kemudian kembali alot memasuki 2000-an. Masuknya investor baru membuat City menjadi klub dengan banyak pemain bintang.

Kondisi ini yang membuat suporter City semakin percaya diri. Pada derbi Manchester pada 2012/13 sempat terjadi insiden yang melibatkan suporter City.

Saat itu, bek United, Rio Ferdinand mengalami pendarahan di pelipis akibat lemparan koin suporter City. Tidak berhenti di situ, pada laga yang dimenangkan oleh United dengan skor 3-2, seorang fan City sempat mengajak Ferdinand untuk baku pukul.

Why Always Me

Momen yang akan selalu diingat oleh suporter dan skuat United di laga derbi Manchester tentu saja selebrasi yang dilakukan oleh Mario Balotelli pada musim 2011/12.

Bermain di Stadion Old Trafford, City sukses menghancurkan United dengan skor sangat telak 6-1. Balotelli yang mencetak gol pada menit ke-60, striker kontroversial itu berlari ke sudut lapangan dan membuka jerseynya untuk menunjukkan tulisan “Why Always Me” di dada.

Pengelola jersey Manchester City, Les Chapman sempat mengatakan bahwa Balotelli sudah memiliki insting untuk mencetak gol di Old Trafford.

“Balotelli langsung memiliki ide mengenai satu atau dua kalimat yang sayangnya masih kontroversial. Dia lalu berpikir sekitar satu menit dan bertanya tentang Why Always Me,” kata Chapman.

Derbi ManchesterKamu Pasti Gak Tahu!Liga InggrisManchester CityManchester UnitedManchester United vs Manchester CityPremier League