Kamu Pasti Gak Tahu! Kisah Bintang Timnas Prancis yang Jadi Kaki Tangan Nazi

Football5star.com, Indonesia – Alexandre Villaplane mungkin bukanlah nama yang familiar di telinga para pecinta sepak bola. Maklum, pemain asal Prancis itu menjalani karier sepak bolanya di awal abad ke-20 silam.

Villaplane merupakan kapten timnas Prancis di Piala Dunia 1930. Ketika ditunjuk sebagai kapten, Villaplane mengatakan kalau momen itu merupakan hari terbaik dalam hidupnya.

Namun, Villaplane harus meregang nyawa pada tahun 1944. Villaplane harus meregang nyawa di hadapan regu tembak setelah dianggap sebagai pengkhianat Prancis karena sempat menjadi kaki tangan Nazi selama masa Perang Dunia 2.

Alexandre Villaplane - Timnas Prancis - Piala Dunia - Nazi - A Halftime Report
A Half Time Report
AWAL KARIER

Alexandre Villaplane lahir di Aljazair pada tahun 1905. Ia lahir dari keluarga miskin. Latar belakang ekonomi dari keluarga Villaplane pun membuatnya memiliki ambisi yang besar untuk meraih kekayaan secara material.

Bakat besar Villaplane dalam bidang sepak bola sudah terlihat ketika ia masih berusia muda. Villaplane pun memutuskan untuk hijrah ke Prancis dan tinggal bersama pamannya ketika menginjak usia 16 tahun. Ia hijrah ke Prancis untuk mengejar mimpinya di dunia sepak bola.

Villaplane mulai mencuri perhatian publik sepak bola Prancis ketika ia mendapatkan kesempatan tampil bersama FC Sete pada tahun 1921. Beberapa tahun berselang, ia memutuskan untuk hengkang ke Nimes Olympique yang menawarkan kontrak dengan nilai besar.