Kamu Pasti Gak Tahu! Serbapertama dari Pemain Afrika di Kompetisi Eropa

Football5star.com, Indonesia – Pada edisi sebelumnya, Football5star.com bagikan fakta menarik soal sepak terjang pemain Asia di kompetisi Eropa. Pada edisi kali ini, giliran pemain Afrika yang akan kami bahas.

Sepak terjang pemain dari benua Afrika di kompetisi Eropa, Liga Champions, Liga Europa, hingga dulu ada Piala Winners dan Piala Intertoto boleh dibilang cukup sensasional. Saat ini, publik tentu masih dibuat kagum dengan talenta dari Mesir, Mohamad Salah bersama Liverpool.

Juergen Klopp Tak Akan Halangi Jika Salah Ingin Hengkang

Sebelumnya, Didier Drogba di Chelsea serta Samuel Eto’o bersama Inter Milan dan Barcelona juga membuat publik sepak bola Eropa dibuat terkagum-kagum dengan kehebatan pemain dari Benua Hitam tersebut.

Namun siapa kira-kira pemain Afrika pertama yang mentas di kompetisi Eropa? Siapa juga pemain dari Afrika yang pertama mengangkat piala? Berikut ulasannya:

Pemain pertama yang tampil

Striker asal Maroko, Abdelkrim Merry menjadi pemain Afrika pertama yang tampil di kompetisi Eropa. Merry tercatat bermain untuk klub Prancis, Bastia saat melawan PSV di Piala UEFA 1978. Sayangnya debut Merry sebagai pemain Afrika pertama berakhir dengan kekecewaan. Bastian dikalahkan PSV dengan skor tiga gol tanpa balas.

Pemain pertama yang juara

Mohamed Salah, Didier Drogba, hingga Samuel Eto’o sukses membawa klubnya meraih gelar juara di kompetisi Eropa. Namun pemain Afrika pertama yang meraih gelar juara tercatat atas nama Derek Smethurst. Pemain asal Afrika Selatan itu pada Piala Winners 1971 berhasil mengantarkan Chelsea menjadi juara setelah mengalahkan Real Madrid.

Pemain pertama yang cetak gol di laga final

Siapa kira-kira pemain Afrika pertama yang cetak gol di final kompetisi Eropa? Ternyata bukan Abdelkrim Merry meski ia tercatat sebagai pemain pertama yang tampil. Butuh waktu beberapa tahun setelah Merry tampil bagi pemain Afrika cetak gol.

Ialah Rabah Madjer dari Aljazair yang menjadi pemain Afrika pertama cetak gol. Madjer cetak gol ke gawang Bayern Munich pada Liga Champions 1986-87.

Pemain pertama yang juara Liga Champions

Meski Rabah Madjer menjadi pemain Afrika pertama yang cetak gol di laga final. Namun bukan ia pemain Afrika pertama yang meraih gelar juara Liga Champions. Pemain Afrika pertama yang meraih gelar Liga Champions ialah kiper Liverpool dari Afrika Selatan, Bruce Grobbelaar pada 1983-84.

Pemain pertama yang juara Liga Europa

Saat Liga Europa masih bernama Piala UEFA, pemain Afrika pertama yang meraih gelar juara tercatat atas nama bek asal Nigeria, Taribo West. Gelar ini diberikan West pada 1998 untuk Inter setelah di final mengalahkan tim Italia lainnya, Lazio.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More