Kandaskan Selandia Baru, Peru Akhiri Penantian Tiga Dekade

Football5star.com, Indonesia – Peru berhasil memastikan diri tampil di Piala Dunia 2018. Bertanding di Estadio Nacional de Lima, mereka sukses menekuk Selandia Baru dengan dua gol tanpa balas. Artinya, mereka berhak lolos dengan agregat 2-0 setelah pada pertemuan pertama, laga beerakhir imbang tanpa gol.

Kesuksesan ini juga menjadi yang pertama setelah 36 tahun vakum dari gelaran sepak bola terbesar sejagat. Terakhir kali La Blanquirroja ikut ambil bagian adalah saat berlansung di Spanyol pada 1982.

Selandia Baru
AP

Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-28 melalui Jefferson Farfan. Mantan pemain PSV Eindhoven ini melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Christian Cueva. Setelah berhasil memimpin, Peru terus menekan pertahanan Selandia Baru meski belum berhasil mencetak gol tambahan di sisa waktu babak pertama.

Peru baru menambah keunggulan di menit ke-65. Christian Guillermo Ramos membawa negaranya menjauh usai memanfaatkan kemelut sepak pojok yang dikirimkan Cueva. Semakin tertinggal, tim tamu secara sporadis mencoba mencuri kesempatan mencetak gol. Namun, lini depan mereka yang berisi Kosta Barbarouses, Clayton Lewis, dan Ryan Thomas gagal merobek jala tuan rumah. Tidak ada gol tambahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Peru menjadi negara Amerika Selatan kelima yang pastikan lolos ke fase grup tahun depan. Mereka menyusul jejak Brasil, Uruguay, Kolombia, dan Argentina yang lebih dulu mengamankan tempat.

Susunan Pemain: 

Peru (4-1-4-1): Pedro Gallese, Luis Advincula, Christian Guillermo Ramos, Alberto Rodriguez, Renato Tapia, Andy Polo (Andre Carrillo 74), Christian Cueva (Adrian Zela 86), Edison Flores, Raul Ruidiaz (Yosimar Yotun 65)
Pelatih: Ricardo Alberto Gareca

Selandia Baru (5-4-1): Stefan Marinovic, Kip Colvey, Michael Boxall, Winston Reid, Andrew Durante (Jeremy Brockie 80), Deklan Wynne, Clayton Lewis (Marco Rojas 58), Michael McGlinchey, Ryan Thomas, Bill Poni Tuiloma (Chris Wood 46), Kosta Barbarouses
Pelatih: Anthony Hudson

K. Kuning: Flores 21, Ramos 75, Gallese 80 – Thomas 19
K. Merah:

Comments
Loading...