Kanselir Jerman Hormati Putusan Oezil

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Putusan Mesut Oezil mundur dari timnas Jerman mendapat sorotan dari pemerintah Jerman. Kanselir Jerman Angela Merkel menghormati putusan itu. Dia bahkan memberikan pujian kepada pemain berdarah Turki tersebut.

Hal itu disampaikan juru bicara Merkel, Elrike Demmer. “Kanselir Jerman sangat mengapresiasi Mesut Oezil. Dia adalah pesepak bola besar yang telah berbuat banyak untuk timnas Jerman. Saat ini, Oezil telah membuat putusan yang harus dihormati,” urai Demmer atas nama Merkel.

Mesut Oezil bersama Kanselir Angela Merkel saat mendapat anugerah dari pemerintah Jerman.
spiegel.de

Pujian Merkel sangat masuk akal. Oezil adalah bagian skuat timnas Jerman saat juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Dalam 92 pertadingan yang dilakoni bersama Die Mannschaft, dia membuat 23 gol dan 40 assist. Di samping itu, sudah bukan rahasia, Oezil adalah pemain dengan skill terbaik yang dimiliki Jerman dalam beberapa dekade terakhir.

Mengenai isu diskriminasi yang diungkapkan pemain Arsenal tersebut terkait perlakuan publik menyusul pertemuan dirinya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, juru bicara Merkel berujar, “Jerman adalah negara kosmopolitan dan integrasi orang-orang dengan latar belakang imigran adalah tugas utama pemerintah.”

Berbeda dengan sang kanselir, Menteri Dalam Negeri Horst Seehofer justru tak mau berkomentar. Juru bicara sang menteri yang juga mengurusi olahraga itu mengatakan, “Menteri sudah berkali-kali mengatakan, terkait masalah Oezil, dia tak akan ikut campur.”

Oezil memutuskan pensiun dari timnas Jerman setelah menuai hujatan membabi buta usai berfoto bersama Erdogan. Dia lantas jadi sasaran tembak saat timnas Jerman tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018.

Dalam pernyataannya, pemain berumur 29 tahun itu merasa telah dijadikan kambing hitam ketidakbecusan DFB dan kegagalan Die Mannschaft. Dia juga merasa tak dilindungi dari perlakuan diskriminatif dan rasialisme terkait insiden foto dengan Erdogan.


Tahukah Anda?

Pemain berdarah asli Turki pertama yang membela timnas Jerman adalah Mustafa Dogan. Adapun Mehmet Scholl tidak murni Turki karena ibunya berasal dari Jerman.

Comments
Loading...