Kanselir Jerman Minta Fans Tak Cemooh Guendogan dan Oezil

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Kanselir Jerman Angela Merkel menaruh perhatian besar pada masalah yang dialami Ilkay Guendogan dan Mesut Oezil di timnas Jerman. Gara-gara berfoto dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Maret lalu, keduanya selalu dicemooh para fans Die Mannschaft.

Reaksi negatif itu ditunjukkan para fans saat timnas Jerman menjalani uji tanding melawan Austria dan Arab Saudi. Setiap kali kedua pemain itu menguasai bola, siulan akan bergema dari tribun stadion. Guendogan mengaku tertekan karena siulan itu datang dari para fans timnya, bukan fans tim lawan.

Ilkay Guendogan terpukul oleh cemoohan fans timnas Jerman.
tagesspiegel.de

Merkel menilai hal tersebut sudah keterlaluan. Apalagi kedua pemain itu sudah memberikan penjelasan. “Saya pikir kedua pemain itu tak menduga akibat dari foto dengan Presiden Erdogan itu,” ungkap Merkel, Minggu (10/6/2018), kepada ARD seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Secara khusus, Kanselir Jerman sangat tersentuh oleh pernyataan Guendogan yang masih ingin membela timnas Jerman. “Saya akan sangat senang bila para fans juga memberikan tepuk tangan,” tambah Merkel.

Tepuk tangan itu pula yang diberikan pelatih Joachim Loew saat membalas siulan para fans yang bergemuruh ketika Guendogan ditarik dari laga lawan Arab Saudi. Itu merupakan bentuk protes sang bundestrainer kepada para fans yang seperti tak memberikan maaf kepada sang pemain.

Mantan penggawa timnas Jerman, Christian Ziege, juga mengkritik sikap para fans tersebut. Ziege mengingatkan, cemoohan dari fans bukan hanya berpengaruh kepada Guendogan dan Oezil, melainkan timnas Jerman secara keseluruhan.

“Bila situasinya terus seperti saat ini, akan ada masalah karena kemungkinan kedua pemain itu tak bisa dimainkan. Artinya, Anda datang ke Piala Dunia dengan jumlah pemain berkurang dua,” jelas Ziege.

Comments
Loading...