Karena Virus Corona, AFC Pindahkan Arena Kualifikasi Olimpiade

Football5star.com, Indonesia – Virus Corona yang sedang mewabah di Cina membuat Induk Sepak Bola Asia (AFC) memindahkan pertandingan untuk kualifikasi Olimpiade cabang sepak bola. Laga yang sebelumnya akan berlangsung di Negeri Tirai Bambu kini dipindahkan ke Sidney, Australia.

Pertandingan kualifikasi sepak bola wanita Olimpiade di Grup B sejatinya akan berlangsung di Nanjing, Cina. Tapi dengan keadaan negara tersebut yang makin tak kondusif akibat virus Corona, AFC akhirnya mengambil tindakan.

Laga yang akan mempertemukan Australia, Thailand, Taiwan, dan Cina akan dipindahkan ke Sidney. AFC menegaskan hal ini sesuai dengan permintaan federasi sepak bola negara Tirai Bambu.

AS

“AFC sudah diinformasikan oleh Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) bahwa mereka mengundurkan diri sebagai tuan rumah sepak bola Olimpiade Tokya 2020 di babak kualifikasi Asia Gru B di Nanjing,” demikian pernyataan resmi AFC seperti dilansir AS, Senin (27/1/2020).

“CFA mengatakan bahwa mereka mengambil keputusan untuk mundur karena situasi virus corona di Cina,” sambung pernyataan tersebut.

Seperti yang diketahui, Cina sedang dihantui virus corona yang mematikan. Hingga Minggu kemarin, setidaknya 1.975 orang terjangkit virus tersebut dan 56 di antaranya meninggal dunia.

Kota yang paling besar terdampak virus baru ini adalah Wuhan, yang juga menjadi tuan rumah kualifikasi cabang olahraga lain untuk kualifikasi Olimpiade Februari mendatang.

Sementara itu, AFC belum mengumumkan kapan laga kualifikasi Grup B sepak bola wanita dilangsungkan. Tapi kemungkinan besar akan berlangsung awal Februari mendatang.