Karim Benzema Absen Lawan Atalanta, Haruskah Real Madrid Risau?

Football5Star.com, Indonesia – Karim Benzema dipastikan absen saat Real Madrid menghadapi Atalanta pada leg I babak 16 besar Liga Champions, Kamis (25/2/2021) dini hari WIB. Striker asal Prancis itu tak berada dalam daftar 19 pemain yang dibawa Zinedine Zidane ke Bergamo.

Benzema diputuskan tetap tinggal di Madrid dan tak menjalani lawatan ke markas Atalanta karena kondisinya belum fit. Dia masih mengalami masalah pada pergelangan kakinya. Sesuai pernyataan Zidane, sang striker tak akan dipaksakan bermain bila belum pulih.

Ketiadaan Benzema tentu sebuah kerugian bagi Madrid. Sepanjang musim ini, dia adalah pemain tertajam di skuat Los Blancos dengan torehan 17 gol. Pada pentas Liga Champions pun, dia penyumbang gol terbanyak. Dalam 6 laga fase grup, eks pemain Olympique Lyon itu membuat 4 gol. Itu adalah 36,36% dari total gol Madrid selama fase grup.

Lalu, haruskah Madrid risau saat menghadapi Atalanta nanti? Menilik catatan sejak 2009, sepertinya Los Blancos tak perlu terlalu risau. Di Liga Champions, mereka tetap lebih sering menang meskipun sang striker tak bermain karena cedera atau hanya disimpan di bangku cadangan.

Sejak bergabung dengan Madrid, Benzema telah 23 kali absen dari total 129 pertandingan Liga Champions. Hasilnya, hanya 3 kali Los Blancos kalah. Sisanya, 16 kali menang dan 4 kali imbang. Artinya, persentase kekalahan tanpa Benzema hanya 13,04%. Adapun bersama sang striker, persentase kekalahan Los Blancos mencapai 17,92%.

Kalahkan Inter Tanpa Benzema

Tanpa Benzema, Madrid mengalami kekalahan pertama pada leg I semifinal musim 2010-11. Kala itu, mereka takluk 0-2 di kandang sendiri dari Barcelona. Berikutnya, kekalahan dituai pada leg I semifinal musim 2014-15. Di kandang Juventus, Los Blancos kalah 1-2.

Adapun kekalahan terakhir tanpa Benzema dialami Madrid pada musim 2017-18. Lagi-lagi saat bersua Juventus. Namun, kali ini pada leg I babak perempat final di kandang sendiri, Stadion Santiago Bernabeu. Los Blancos takluk 1-3.

Menariknya, setelah itu, Benzema hampir tak pernah lagi absen membela Real Madrid pada pentas Liga Champions. Dia baru absen pada fase grup musim 2020-21 saat Los Blancos melawat ke markas Inter Milan, 25 November 2020.

Hasilnya, tim asuhan Zidane menang 2-0. Eden Hazard membuka skor lewat eksekusi penalti pada menit ke-7. Lalu, datang gol bunuh diri Achraf Hakimi, pemain yang dilepas Madrid ke Inter, pada menit ke-59. Tanpa Karim Benzema, posisi ujung tombak diserahkan kepada Mariano Diaz.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More