Kas Hartadi, Ayah Franz Beckenbauer yang Jadi Pelatih Dewa United

Football5star.com, Indonesia – Klub Dewa United FC yang resmi mengakuisisi klub Liga 2, Martapura FC menunjuk pria asal Solo, Kas Hartadi sebagai pelatih. Sosok Kas Hartadi bukan orang baru di sepak bola nasional.

Ia salah satu pelatih berpengalaman yang dimiliki sepak bola Indonesia. Sebelum menjadi pelatih, Kas Hartadi sempat membawa gelar juara sebagai pemain di dua klub berbeda yakni Kramayudha Tiga Berlian dan Arseto Solo.

Dewa United FC
Instagram.com/dewaunitedfc

“Kami memang membutuhkan pelatih yang bermental juara, kami juga ingin punya pelatih yang tahu kerasnya Liga 2, ingin punya pelatih yang berkualitas di babak delapan besar dan lain-lain sampai akhirnya lolos ke partai final,” ucap COO Dewa United, Rendra Soedjono.

Saat Indonesia meraih medai emas SEA Games 1991, ia menjadi bagian dari penggawa Merah Putih. Pada 2004, ia memutuskan untuk pensiun sebagai pemain. Tapi sepak bola tak begitu saja ia tinggalkan.

Yang menarik dari Kas Hartadi saat ia pensiun adalah dirinya mulai kariernya di pinggir lapangan di Sekayu Youth Soccer Academy, sebuah tim untuk bakat-bakat muda di Sumatera Selatan, Kas kemudian ditunjuk untuk menukangi Timnas U-13. 

Pada 2011, ia ditunjuk menjadi pengganti Ivan Kolev sebagai pelatih Sriwijaya FC. Dua tahun sebelumnya, Kas menjadi asisten Kolev di tim Laskar Wong Kito tersebut.

Sempat tersadung masalah Mafia Bola

Pada 2018, nama Kas Hartadi sempat muncul di ramai-ramainya masalah mafia bola. Kas disebut sempat mendapat perlakuan tak mengenakkan dari seorang mafia bola.

Hal ini pertama kali diungkap oleh Bambang Suryo (BS). Menurut BS, insiden tersebut terjadi dalam pertandingan Liga 2 2018 antara Kalteng Putra versus PSS Sleman.

Namun kemudian, Kas membantahnya. “Saya dipanggil untuk klarifikasi mengenai kabar saya dicekik mafia bola. Namun, saya bingung kapan saya dicekik mafia,” ujarnya usai dimintai keterangan oleh Komdis PSSI.

“Saya jelaskan ke Komdis PSSI kalau tidak ada insiden saya dicekik oleh mafia. Jadi tadi saya hanya ditanya terkait kebenarannya saja,” katanya menambahkan.

Miliki Anak dengan Nama Legenda Sepak Bola

Satu hal yang menarik lagi dari Kas ialah nama yang ia berikan untuk anak-anaknya. Pada 23 November 2017, Kas dianugrahi putra ketiga. Anak ketiganya pun ia beri nama seperti dengan legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer.

Sebelumnya, Kas menamai putra pertama dengan Eric Cantona dan untuk anak kedua, ia beri nama Luis Figo Madeira.

‘Memang sejak dulu memiliki keinginan memberikan nama legenda sepak bola dunia untuk sanak saya. Alhamdulillah kembali mendapat rejeki untuk keluarga,” ungkapnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More