Kasus Inter Milan vs Inter Miami Soal Nama Diputuskan Awal Mei

Football5Star.com, Indonesia – Perseteruan Inter Milan dan Inter Miami terkait kasus pemakaian nama Inter akan diputuskan pada awal Mei. Seperti dilaporkan The Miami Herald pada Selasa (2/4/2019), putusan terkait kasus itu akan diambil oleh Kantor Merek Dagang dan Paten AS pada 4 Mei 2019.

Perseteruan kedua klub berbeda negara itu terkait hak penggunaan nama Inter untuk komersial. Kubu Inter Milan menilai Inter Miami tak dapat menggunakan nama itu. Pasalnya, mereka telah mendaftarkan nama itu sebagai brand eksklusif di Kantor Merek Dagang dan Paten AS 2014.

Lima tahun silam, Inter Milan yang bernama resmi FC internazionale Milano S.p.A, mendaftarkan nama singkat Inter sebagai brand eksklusif. Atas dasar itu, pihak-pihak lain tak berhak menggunakan brand itu secara komersial. Termasuk oleh Inter Miami yang bernama resmi Club Internacional de Futbol Miami.

miamiherald.com

Mengenai hal tersebut, pihak MLS selaku pemegang franchise klub yang dimiliki David Beckham itu telah mengajukan pembelaan. Mereka menilai Inter adalah nama umum yang tak dapat diklaim secara eksklusif oleh pihak tertentu.

“Karena penggunaan secara luas istilah Inter di sepak bola, konsumen-konsumen terkait tidak mengasosiasikan istilah itu dengan satu tim sepak bola tertentu. Inter sendiri bukan sumber indikator dalam kaitan dengan barang dan jasa di sepak bola,” tulis pihak MLS seperti dikutip Football5Star.com dari The Miami Herald.

Lebih jauh disebutkan, “Tak ada tim sepak bola yang dapat mengklaim hak eksklusif terhadap istilah Inter. Untuk itu, (Inter) Milan tak punya hal eksklusif untuk istilah Inter. Simpulannya, Milan tak berhak mendaftarkan sebutan Inter untuk barang dan jasa yang diajukan dalam proposal Inter.

Kubu Inter Miami Santai

Pembelaan pihak MLS terhadap Inter Miami antara lain didasarkan pada penggunaan nama Inter oleh klub-klub lain. Di antaranya adalah Internacional de Porto Alegre (Brasil), Inter Nashville FC (AS), Inter Atlanta FC (AS), FC Inter Turku (Finlandia), NK Inter Zapresic (Kroasia), Inter Leipzig (Jerman), dan Inter de Grand-Goave (Haiti).

local10.com

Dari pihak Inter Miami, co-owner Jorge Mas malah senang perselisihan dengan Inter Milan mencuat. Dia menilai hal tersebut justru positif bagi Inter Miami.

“Kemunculan kasus ini adalah pengakuan kepada kota dan tim kami bahwa kami telah dikenal sebagai brand global bahkan sebelum melakukan kick off,” ujar Jorge Mas.

Inter Miami didirikan Jorge Mas, david Beckham, Simon Fuller, Marcelo Claure, Jose Mas, dan Masayoshi Son pada 28 Januari 2018. Klub ini menurut rencana akan memulai kiprahnya pada Maret 2020 sesuai rencana MLS menambah jumlah peserta menjadi 24 klub.

David BeckhamInter MiamiInter MilanJorge MasMajor League Soccer